Bagaimana Cara Blogger Mendapatkan Uang?

Bagaimana Cara Blogger Mendapatkan Uang? 1

Gimana sih blogger dapat uang? Banyak temanku yang masih bingung tentang gimana aku yang sekarang hampir fulltime jadi blogger ini dapat uang, bahkan orang-orang yang pernah tinggal se-atap denganku pun nggak ngeh bagaimana blogger mendapatkan uang.

Pada kesempatan ini, aku mau cerita blak-blakan tentang bagaimana seorang blogger mendapatkan uang menurut pengalaman yang aku alami selama sepuluh tahun ngeblog, meskipun aku baru dapat uang dari blog pertama kalinya sekitar tujuh tahun yang lalu.

Tulisan kali ini akan cukup panjang, jadi nggak ada salahnya untuk pencet tombol share dulu ke akun sosial mediamu biar nggak lupa nerusin baca kalau tetiba kepotong karena urusan yang lebih penting. Selain itu, siapa tau temenmu juga banyak yang penasaran tentang gimana blogger dapet duit.

Oh iya, dengan share tulisan ini ke akun sosial mediamu, kamu sudah turut membantu keberlangsungan hidup para blogger yang mendedikasikan waktunya untuk menulis hal-hal yang bermanfaat untuk pembacanya. kok jadi panjang gini ya intermezonya? Kembali ke topik Bagaimana blogger mendapatkan uang.

Sekali lagi, ada baiknya kamu mempersiapkan segelas teh maupun kopi supaya bisa baca tulisan ini dengan tenang layaknya membaca sebuah reportase berita. Semoga setelah membaca ini kamu bisa tau bagaimana seorang blogger mendapatkan uang dan tidak menjudgenya sedang memelihara tuyul maupun babi ngepet serta bisa lebih menghargai dengan apa yang dilakukan oleh blogger.

Cara Blogger Mendapatkan Uang

Nggak bisa dipungkiri, iklan merupakan sumber pendapatan utama dari blogger. Ada banyak jenis iklan yang bisa dipasang pada blog, salah satu platform iklan yang cukup banyak digunakan oleh blogger adalah Google Adsense.

Selain platform yang menampilkan iklan biasa, platform affiliate juga merupakan salah satu mode iklan yang cukup menggiurkan untuk dicoba dengan hasil yang nggak main-main juga. Karena blogger akan mendapatk komisi dari setiap pembelian.

Pada bagian ini aku mau mencoba membahas beberapa jenis iklan yang selama ini aku gunakan untuk mendapatkan uang.

Platform Iklan (Google Ads, Word Ads, dll)

Bagaimana perhitungan pendapatan blogger dari platform iklan semacam google adsense ini? Nggak banyak! Bahkan untuk blog panduaji.com yang masih tergolong baru ini, pendapatan dari google adsense bulan lalu kurang dari $1. Sedangkan dari panduaji.net yang udah cukup lama, sebulan cuma dapat $12 kurang dikit. Berikut penampakan penghasilan dari panduaji.net selama satu bulan terakhir

Bagaimana Cara Blogger Mendapatkan Uang? 2

Kok dikit banget ya ternyata? Cuma bisa buat beli pulsa sebulan. Ya memang begitu faktanya, ada banyak hal yang mempengaruhi dan akan aku bahas pada tulisan kali ini. Kuingatkan sekali lagi sebelum lanjut baca tulisan ini, siapkan kopi atau teh plus camilan biar makin ganyeng bacanya.

Oleh karena itu, sebenernya dapat uang dari platform iklan kurang begitu menjanjikan untuk blogger di Indonesia, tapi nggak papa dipasang buat bayar domain dan hosting tahunan kan?

Jadi, pada platform semacam google adsense ini ada beberapa istilah pembayaran iklan, yaitu CPM (cost per mille), CPC (cost per click), CPA (cost per action). Akan aku coba bahas secara sederhana satu persatu.

CPM (Cost Per Mille)

CPM dihitung berdasarkan 1000 tayangan iklan pada sebuah halaman web. Misal tarif untuk CPM pengunjung web dari Indonesia adalah $1. Kok sedikit? Emang tarif dari pengunjung Indonesia sedikit kok. Apabila pengunjung website panduaji.com ini dalam satu hari ada 1000 orang dan setiap orang yang mengunjungi situs ini hanya membuka 1 halaman terus keluar maka pendapatan dari iklan CPM ini adalah $1. Kalau nggak sampai 1 orang, ya tinggal itung sendiri saja.

Lho kok cuma sedikit? Ya memang begitu sistem kerja iklan CPM. Memang nggak banyak kok. Karena ada banyak hal yang mempengaruhi banyak kecilnya pendapatan CPM, salah satunya adalah negara asal pengunjung situs.

Jadi CPM untuk pengunjung website dari Indonesia memang sedikit, kurang dari $1. Sedangkan CPM dari negara-negara maju itu cukup tinggi. Salah satunya Amerika, bisa lebih dari $5. Jadi kalau pengen dapet CPM tinggi, ya nulislah blog berbahasa Inggris. Karena nggak mungkin orang yang domisili di Amerika itu banyak yang baca tulisan berbahasa Indonesia. Nggak mudeng!

Kok bisa gitu? Karena iklan di negara-negara maju itu jumlahnya banyak. Permintaan dan ketersediaan berpengaruh pada tarif yang diterima oleh blogger maupun yang dibayarkan oleh pengiklan.

Sudah paham atau belum? Kalau belum paham, coba baca di wikipedia.

CPC (Cost Per Click)

CPC merupakan metode pembayaran berdasarkan jumlah iklan yang di klik. CPC merupakan sistem yang paling banyak menghasilkan di platform semacam google adsense. Jadi blogger dibayar dari setiap iklan yang di klik pada halaman blognya.

Untuk tarif cpc ini cukup beragam, namun jangan terlalu berharap banyak karena ya nggak banyak-banyak amat. Rata-rata untuk blog berbahasa Indonesia kisaran 0,01 – 0,5 untuk setiap kliknya. Jadi jika di rupiahkan sekitar seratus sampai delapan ratus rupiah per klik. Kebanuyakan sih di kisaran seratus sampai dua ratus rupiah per kliknya.

Apa yang mempengaruhi tarif CPC ini? Kata kunci dan kategori blog merupakan hal yang mempengaruhi CPC. Jika ingin mendapatkan CPC yang tinggi, silakan buat blog dengan kategori yang memiliki iklan dan mau membayar tinggi. Salah satunya adalah blog dengan kategori Travel.

Siapa pengiklan utama di kategori travel? Ada banyak cuy, namun saat ini di dominasi sama OTA (Online Travel Agent) macam traveloka, pegi-pegi, agoda, booking.com dan masih banyak yang lain. Selain itu jual beli tiket transportasi biasanya juga akan iklan di blog kategori travel. Paket wisata juga akan beriklan di web / blog kategori travel.

Selain kategori travel, fashion merupakan salah satu topik yang banyak pengiklannya. Karena banyak penjual produk fashion yang iklan melalui platform ini. Sebenarnya masih ada banyak topik yang bisa telusuri lebih lanjut, namun pada postingan ini aku hanya memberikan gambaran bagaimana blogger mendapatkan uang.

Para pengiklan berbondong-bondong ingin tampil paling depan, oleh karena itu mereka mau membayar cukup tinggi untuk setiap iklan yang tayang dan di klik. Ini yang membuat harga iklan di kategori tertentu itu relatif lebih mahal dibanding yang ada umumnya. Salah satunya iklan yang . bayarannya cukup banyak adalah tentang hotel.

CPA (Cost Per Action)

CPA dihitung berdasarkan aksi yang dikehendaki oleh pengiklan, biasanya per pendaftaran akun, per belanja atau per download. Namun CPA ini jarang banget ada di platform semacam google adsense. Sama seperti yang sebelum-sebelumnya, tarif CPA biasanya dipengaruhi asal negara dan tingkat kerumitan action yang diminta oleh pengiklan.

CPA ini biasanya digunakan pada metode iklan affiliate yang nanti akan aku coba bahas di bawah yak.

Iklan Mandiri

Selain mendapatkan uang dari platform iklan yang sudah dibahas di atas, Blogger juga bisa mendapatkan uang dari iklan mandiri. Iklan mandiri sebenarnya mirip dengan platform iklan seperti google ads namun blogger langsung berhubungan dengan pengiklan. Ada banyak jenis iklan mandirin yang bisa dipilih oleh blogger, berikut beberapa contoh iklan mandiri yang sering diterima oleh blogger

Banner Iklan

Banner iklan ini merupakan salah satu bentuk iklan mandiri yang digunakna oleh blogger. Konsepnya sama dengan platform semacam google adsense, blogger memasan banner berupa gambar maupun video di blog.

Yang membedakan antara platform iklan dengan iklan mandiri adalah tarifnya. Mungkin ada beberapa blogger yang menggunakan perhitungan CPM dan CPC untuk iklan di blognya, namun kalau aku jujur pilih flatrate dengan biaya langganan iklan bulanan. Biar nggak ribet cuy.

Jadi blogger akan dibayar dengan harga yang sudah disepakati bersama pengiklan. Misal untuk pemasangan banner di bawah judul artikel di semua halaman blog, nilai kontraknya sejuta sebulan. Nggak peduli ada berapa banyak orang yang ngeklik iklannya, harga yang dibayarkan akan tetap.

Apa yang mempengaruhi tarif iklan ini? Ada banyak faktor yang mempengaruhi tarif iklan, biasanya seputar berapa banyak pengunjung bulanan dan kategori blognya tentang apa.

Content Placement

Content placement ini merupakan salah satu bentuk iklan advertorial dimana pengiklan numpang posting materi promosi di blog kita. Jadi blogger nggak perlu menulis materi iklan, tapi mungkin perlu melakukan penyuntingan pada artikel supaya tetap sama dengan gaya tulisan blog yang lainnya.

Biasanya content placement ini digunakan untuk mendapatkan backlink dari blogger ke website utama pengiklan. Apa itu backlink? Mungkin lain kali akan aku tulis sendiri, kalau nggak sabar langsung search aja apa itu backlink :D.

Berapa biaya untuk content placement? Tergantung blognya, biasanya dinilai dari page authority dan domain authority. Semakin besar angkanya, tarifnya juga akan semakin mahal.

Sponsored Post

Sponsored post sebenarnya mirip dengan content placement. Bedanya, blogger akan diminta untuk menulis sendiri materi sesuai dengan arahan dari pengiklan. Sehingga gaya tulisan iklan sponsored post ini akan lebih kamu banget deh pokoknya.

Sama dengan content placement, sponsored post ini digunakan oleh para pengiklan untuk mendapatkan backlink dari blogger. Tarifnya juga tergantung page authority dan domain authority yang dimiliki oleh blog. Selain itu, follower akun sosial media juga mempengaruhi nilai tawar. Jadi, ada baiknya kamu ikuti instagramku yak :D.

Yang jelas, harga untuk sebuah sponsored post ini lebih besar dibanding content placement, karena kamu sebagai blogger diminta untuk menuliskan artikel sesuai arahan dari pengiklan. Jadi, jangan mau kalau di samain :D.

Platform Affiliate

Platform affiliate ini sebenarnya sudah biasa ditemui di kehidupan sehari-hari, terutama untuk mereka yang pekerjaannya dekat dengan makelar yang biasa juga disebut blantik. Blogger akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan valid dari blognya.

Contoh sederhananya, ketika kamu membeli produk secara online menggunakan link affiliasi yang aku berikan maka aku akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. Lho, kok penjualnya tahu kalau linknya dari aku? Karena link afiliasi itu unik untuk setiap user affiliatenya dan ada kode trackingnya sehingga diketahui link ini berasal dari user yang mana.

Tapi kalau cuma klik tanpa melakukan pembelian, blogger ya nggak dapat komisi. Ini merupakan salah satu bentuk iklan CPA yang udah aku bahas ringkas di atas. Untuk platform iklan macam google memang jarang banget ada iklan CPA. Ada beberapa platform affiliate yang menggiurkan untuk dicoba, seperti

Selain platform di atas, kalau punya blog dengan kategori travel bisa juga dapat uang dari penjualan tiket / paket wisata. Selain itu juga bisa dapat uang dari bookingan hotel seperti Agoda dan Booking.com.

Jualan Produk / Jasa

Ketika seorang blogger memiliki kemampuan pada suatu bidang atau memiliki produk yang dijual lebih baik mendapatkan uang dari jualan produk maupun menyediakan jasa, karena hasilnya jauh lebih besar dibanding bergabung dan memasang iklan.

Jadi kalau kamu suka ngeblog dan punya jasa maupun produk, nggak ada salahnya memanfaatkan blog untuk jualan juga.

Kendala Blogger dalam Mencari Uang dari Blog

Urip kuwi wang sinawang, meskipun terlihat sepele dan gampang nyatanya ada banyak kendala yang dialami oleh blogger untuk memonetisasi blognya. Berikut beberapa kendala yang dialami oleh blogger untuk mendapatkan penghasilan dari blognya.

AdBlock & UC Browser

Adblock merupakan salah satu salah satu penyebab blogger susah mendapatkan uang, karena adblock menyembunyikan iklan yang seharusnya tampi di halaman blog. Memang di luar sana banyak blogger yang ugal-ugalan dalam memasang iklan bertumpuk-tumpuk, tapi percayalah kalau blog ini nggak begitu. Jadi ada baiknya matikan adblock ketika mengunjungi situs ini.

Biasanya iklan bertumpuk itu ada di situs streaming maupun download film ilegal seperti yang banyak dilakukan oleh masyarakat kita. Menyebalkan bukan? Tapi mereka membutuhkan iklan itu untuk membayar server, membayar waktu pengelolaan konten dan sejenisnya.

Kenapa ucbrowser? karena di dalam ucbrowser itu sudah ada fitur ad blocker. Padahal uc browser juga banyak iklannya. Kurang ajar memang browser yang satu ini 😀

Sampai sekarang aku nggak menggunakan adblock dan ucbrowser untuk berselancar di dunia maya karena ini merupakan salah satu cara untuk menghargai sesama blogger yang mendapatkan receh dari platform iklan seperti google adsense.

Kalau kamu pengguna adblock dan sejenisnya, pertimbangkan lagi. Akfitkan saja adblock di situs-situs yang keterlaluan dalam memasang iklan. Dengan mematikan adblock untuk blog yang memasang iklan, kamu sudah berkontribusi terhadap keberlangsungan blog itu. Mudah kan?

Bayangin, kalau misal kamu mengunjungi travel blog dimana blogger harus mengeluarkan uang jutaan untuk datang mengambil foto dan kemudian masih harus menuliskanya di blog sehingga bisa membantumu. Eh, iklannya malah kamu block.

Tidak Mendapat Dukungan dari Teman

Mau tau caranya aja harus buka blogmu dulu, nanti kamu dapat uang aku nggak. Juancok! Satu kata yang akan mulai berlaku kepada setiap orang yang ngomong gitu. Aku sudah malas untuk mentolerir hal semacam ini, kalau perlu nggak aku balas atau malah blok sekalian orangnya. Lha dipikir aku buka kursusan? Di tempat kursus aja bayar kok :D.

Salah satu alasan menulis blog itu supaya nggak harus menjelaskan satu persatu ke orang yang bertanya tentang hal yang aku ketahui. Kalau satu dua orang sih nggak papa, lha kalau banyak orang? Kalau udah baca dan nggak ngerti langsung tulis aja di kolom komentar, dimana nggak ngertinya nanti bakalan aku bales kok.

Bisa dimasukin dalam kategori toxic nggak sih pertemanan seperti ini? Mending dihindari saja.

Padahal sudah susah nulis panjang disertai foto yang diusahakan bagus, kalau dalam sebulan pengunjung situsnya cuma 500an ya seperti ini penghasilan di panduaji.com.

Pengunjung Blog Sedikit

Penghasilan iklan itu berbanding lurus dengan pengunjung, oleh karen itu jangan berharap banyak dapat uang dari iklan kalau pengunjung blog kurang dari 1000 uv perharinya. Ada banyak cara untuk menunjang pengunjung situs, mulailah belajar SEO (Search Engine Optimization) supaya tulisanmu bisa nongol di halaman pertama google dan mendapatkan pengunjung.

Jangan minta belajar SEO kepadaku, karena aku nggak terlalu ahli untuk urusan SEO. Mungkin nanti di blog ini akan aku tulis sedikit tentang SEO dasar yang aku ketahui.

penghasilan panduaji.com bulan Juli
penghasilan panduaji.com bulan Juli

Berat ya dapat uang dari blog? Ya memang begitulah adanya, mau gimana lagi coba? Pengen dapat banyak mending sponsored post atau conten placement. Hasilnya lebih banyak dibanding platform iklan semacam ini.

Konten yang Nanggung

Konten yang nanggung merupakan salah satu hal yang membuat blogger agak kesulitan untuk mendapatkan uang. Lebih baik jarang update tapi sekalinya update blog benar-benar baik. Jadi fokus pada kualitas dibanding kuantitas.

Dengan tulisan yang berkualitas, orang-orang akan dengan sukarela membagikan tulisan di blog kita ke masing-masing jejaring sosialnya. Percayalah, kalau nantinya pendapatan dari blog akan naik seiring dengan bertambahnya pengunjung di blog.

Jika pengen cepat mendapatkan uang dari blog? Mending cari pekerjaan lain, karena ngeblog bukanlah tempat yang tepat untuk bisa mendapatkani uang dengan cepat.

Darimana Aku Mendapatkan Uang?

Sebagai pertanyaan penutup, bagaimana aku mendapatkan uang dari blog?

Pendapatan utama saat ini bukan dari blog yang aku kelola, namun dari beberapa produk yang aku jual secara online seperti jual sambel pecel dan jual cincin perak. Selain itu freelance di beberapa tempat untuk pengelolaan website, penulisan konten dan SEO.

Menulis di Majalah Garuda Indonesia
Menulis di Majalah Inflight Garuda Indonesia

Apakah blogger merupakan pekerjaan yang menjanjikan? Kalau menurutku sih iya, setiap orang memiliki keahlian yang berbeda-beda untuk itu setiap orang juga punya cara yang berbeda-beda untuk mendapatkan uang dari blog.

Mungkin itu saja tulisanku tentang bagaimana seorang blogger mendapatkan uang dari blog, jika ada pertanyaan seputar topik ini jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar 🙂

Bagikan tulisan ini di

2 thoughts on “Bagaimana Cara Blogger Mendapatkan Uang?”

  1. Muantap Ndu!

    Tak share ke grup whatsapp komunitas penulis yo, beberapa dari anggotanya juga ngeblog jadi tulisanmu bisa memberi wawasan baru 🙂

    Reply

Leave a Comment