Pilih DJI Osmo Action Cam atau Go Pro Hero 9?

Mending beli Osmo Action Cam atau langsung Go Pro Hero 9 ya? Awalnya memang cukup sulit untuk menentukan, namun pada akhirnya aku harus membeli action cam baru untuk menggantikan Go Pro Hero 4 SE yang sudah menemaniku selama 4 tahun belakangan.

Pada tulisan kali ini aku mau berbagi cerita tentang alasan kenapa akhirnya memutuskan untuk membeli DJI Osmo dibandingkan GoPro hero 9 yang baru saja rilis. Nanti kalau udah sempat, aku mau tambahkan video unboxing yang sudah sempat aku rekam.

Alasan Pilih DJI Osmo Action Cam

Selama beberapa bulan terakhir aku dipinjami DJI Osmo Action Cam oleh salah satu kawan yang mau menikah. Sehingga ia tidak diperbolehkan pergi kemana-mana. Daripada kameranya cuma nganggur di rumah, akhirnya aku dipinjemin sampai menikah.

Beberapa hari lalu ia sudah menikah, sudah waktunya balikin kamera dan aku harus memutuskan untuk membeli salah satu kamera yang praktis untuk menunjang project di akhir tahun ini. Sempat terbesit untuk membeli Go Pro hero 9 Black yang baru rilis beberapa waktu lalu, namun pada akhirnya aku buat tabel perbandingan terlebih dahulu sebelum memutuskan

Berikut beberapa alasan yang membuatku membeli DJI Osmo Action Cam

Harga

Harga merupakan salah satu faktor utama yang harus aku pikirkan. Biar nggak boncos di masa pandemi dengan penghasilan yang tidak menentu.

DJI Osmo Action Cam (Promo Gratis Baterai 2 + Charging Kit)Rp. 3.999.000
Go Pro Hero 9 BlackRp. 7.999.000

Dari harga sudah terlihat bukan perbedaan yang sangat mencolok. Harga 2 DJI Osmo Action Cam sama dengan 1 Go Pro Hero 9 Black. Standard pembelian kamera buatku adalah extra baterai. Dimana aku minimal punya 2 cadangan baterai yang bisa aku gunakan waktu jalan.

Kemarin ada promo DJI Osmo Action Cam di Doss, beli dengan harga 3.999.000 sudah gratis 2 baterai cadangan lengkap dengan charging kit original dari DJI yang harganya kalau sekitar 1 jutaan. Tentu ini sebuah penawaran yang nggak bisa aku tolak

Sedangkan kalau beli Go Pro Hero 9 Black, cuma dapat kamera dan 1 baterai aja. Butuh bujet lebih untuk mendapatkan tambahan baterai.

Kebutuhan Fitur

Meski perbedaan harga yang sudah sangat mencolok, aku masih butuh alasan lain supaya tidak menyesal membeli Osmo Action cam. Yaitu kebutuhan fitur. Karena nantinya untuk project vlog dengan jumlah kru minimalis alias sendirian. Aku butuh layar depan untuk mempermudah framing pengambilan gambar.

Selain itu aku cuma butuh fitur stabilizer video. Udah itu aja, nggak ndakik-ndakik kebutuhanku akan action cam. Karena kalau memakai go pro hero 4 SE yang aku punya, buat jalan goyang gaes. Karena waktu dulu beli belom ada fitur stabilizer yang super duper keren seperti saat ini.

Karena kebutuhan dasar dari action cam yang aku butuhkan sudah terpenuhi di DJI Osmo Action Cam, aku gak butuh alasan lain lagi dengan fitur yang berjibun. Toh aku cuma bakalan rekam pakai resolusi Full HD dan 30 fps. Space HDD sudah cukup menipis sehingga harus efisien juga dalam memilih produk

Masa Pakai

Masa pakai action cam ini cukup panjang kok. Bahkan hero 4 silver edition yang aku beli beberapa tahun lalu sebenernya masih bisa dipakai. Karena upgrade kamera ini yang aku butuhkan adalah stabilizer. Setidaknya untuk 5 tahun kedepan kamera ini masih layak untuk digunakan. Toh mau ambil gambar model gimana lagi coba?

Punya Pertimbangan Lain?

Mungkin kamu punya pertimbangan lain sebelum menentukan membeli Osmo Action Cam atau Go Pro Hero 9? Bisa tulis di kolom komentar yak! Apa sih yang bikin kamu lebih suka untuk membeli Go Pro hero 9 selain memiliki duit yang cukup buat beli maupun sudah terlanjur punya osmo action cam :))

Nelateni nganggur dengan menulis blog. Ikuti aku di Facebook, Instagram, Twitter maupun Linkedin

Artikel Terkait

Leave a Comment