Panduan Membuat Website Desa

“Mas, bisa bikinin website untuk desa xxx?” Pertanyaan dari salah satu kepala desa yang dengan mantap langsung aku jawab “bisa Pak!”.

Aku dulu pernah baca-baca tentang cara mendaftarkan domain desa.id yang bisa dilakukan di berbagai domain registrar Indonesia. Namun di awal tahun 2020, ternyata ada banyak persyaratan yang berubah sehingga membuatku harus mempelajari prosedur pendaftaran domain desa.id terbaru di Kominfo.

Buat kamu yang sedang bingung tentang caranya, jangan khawatir. Pada kesempatan ini aku mau membuat panduan membuat website desa yang cukup komplit. Terutama tentang prosedur mendaftarkan domain desa.id

Fungsi Website

Secara garis besar, website desa itu digunakan untuk memberikan informasi seputar desa. Sehingga siapapun yang mencari informasi tentang desa bisa mengakses website desa. Misalnya struktur organisasi desa, anggaran tahunan desa hingga berbagai event yang diadakan di desa.

Selain sebagai sarana informasi publik, website desa juga bisa digunakan sebagai media promosi memperkenalkan potensi desa yang mungkin belum banyak diketahui orang. Hal ini bisa memberi dampak ekonomi terhadap desa. Terutama apabila desa memiliki destinasi wisata yang dapat mendatangkan banyak wisatawan ke desa tersebut.

Isi topik pada tulisan ini adalah panduan step by step membuat website desa. Kalau kesulitan untuk membuat website desa coba hubungi Berdikari Studio yang sudah terbiasa mengerjakan website desa.

Mempersiapkan Operator Web

Mempersiapkan seorang operator website sangat penting, tanpa adanya operator website siapa yang mau ngisi konten di website? Kalau nggak ada konten di website ngapain buat website? Lebih baik anggaran desa digunakan untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

Operator website desa ini nggak bisa sembarangan, karena dia yang bertanggung jawab terhadap seluruh isi website desa. Biasanya merupakan perangkat desa baik sekretaris desa maupun kepala urusan yang sudah diangkat oleh Kepala Desa. Hal ini dibuktikan dengan adanya SK Kepala Desa tentang pengangkatan perangkat desa.

Nah, SK Kepala Desa tentang pengangkatan perangkat desa ini merupakan salah satu syarat pendaftaran domain selain surat kuasa yang menunjuk perangkat desa tersebut menjadi operator website desa.

Mendaftarkan Domain desa.id

Untuk mendaftarkan domain desa.id syarat yang harus dipenuhi adalah memiliki email go.id. Nggak perlu jadi pegawai negeri untuk memiliki mail.go.id. Kalau kamu seorang perangkat desa, kamu bisa mendapatkan email.go.id untuk mengelola website desa.id

Membuat mail.go.id

Pendaftaran Mail Go Id

Ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan untuk membuat mail.go.id. Secara garis besar sih mendaftar di layanan.kominfo.go.id setelah itu melakukan verifikasi.

  1. Daftar di layanan.kominfo.go.id
  2. Tambah permohonan > mail.go.id > Pendaftaran akun mail.go.id

Pilih perangkat desa pada bagian Jenis Layanan. Selanjutkan masukkan upload dokumen yang dibutuhkan seperti

  • SK Perangkat Desa: nomor SK kepala desa
  • Dok. SK Perangkat Desa: Upload dokumen pengangkatan perangkat desa
  • Provinsi: pilih provinsi dimana desa berada
  • Kabupaten: pilih kabupaten dimana desa berada
  • Kecamatan: pilih kecamatan dimana desa berada
  • Desa: pilih desa
  • No Hp: isi dengan nomor handphone perangkat desa

Setelah diisis semua, langkah selanjutnya adalah menunggu proses verifikasi oleh kominfo. Lama proses verifikasi sekitar 2 hari. Tapi waktu itu aku submit tanggal 20 baru selesai verifikasi pada tanggal 23. Telat sehari dari jadwal yang seharusnya

Setelah berhasil mendaftarkannya, akan mendapat emailkamu@desa.mail.go.id

Daftar desa.id

Pendaftaran desa.id

Setelah mendapatkan akun mail.go.id, langkah selanjutnya adalah mengajukan domain desa.id. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini

  • Buka menu Tambah Permohonan
  • Pilih submenu Domain > Permohonan Pendaftaran Domain

Masukkan nama domain.desa.id. Contohnya isi nama domain dengan namadesa. zona domain biarkan desa.id. Tekan cek domain untuk melihat, apakah domain tersebut sudah tersedia. Apabila belum tersedia kamu bisa melanjutkan pengajuan nama domain.

Adapun dokumen yang harus dipersiapkan untuk melakukan pengajuan domain.desa.id

  • Scan KTP Identitas Operator Web Desa
  • Surat kuasa dari kepala desak kepada operator web desa (download formatnya di sini)
  • Surat Permohonan domain desa (download formatnya di sini)
  • SK Pengangkatan Kepala Desa oleh Bupati
  • SK Pengangkatan Perangkat Desa

Pendaftaran domain desa.id harus menggunakan email dengan ekstensi @desa.mail.go.id yang sudah berhasil di daftarkan sebelumnya. Setelah berhasil mendaftarkan, tunggu proses pendaftaran domain desa.id sekitar 1 hari kerja.

Membeli Hosting

Panduan Membuat Website Desa 1

Kamu bisa membeli hosting untuk menyimpan data website desa yang akan dibuat. Karena pada dasarnya domain cuma alamat seperti panduaji.com yang merupakan alamat blogku ini. Sedangkan data website ada di server hosting.

Berikut beberapa web hosting bisa kamu pilih untuk website desa

Web hostingNama PaketHarga
Niaga HosterPaket Personal 27.000/bulan
IdcloudhostBasic Pro30.000/bulan
MasterwebHosting Bright32.000/bulan
DewawebHunter40.000/bulan

Membuat Website Desa

Pembuatan Website Desa

Nah, setelah membeli hosting, langkah selanjutnya mengarahkan name server dari domain.desa.id ke name server hosting yang sudah di beli. Kamu bisa login ke halaman kominfo lagi dan kelola domain. Arahkan name server sesuai informasi yang diberikan setelah membeli web hosting.

Setelah berhasil dan kamu bisa mengakses domain namadesa.desa.id meskipun masih kosongan. Sekarang saatnya kamu mulai untuk membuat website. Terserah mau menggunakan platform CMS apa. Kalau aku lebih suka menggunakan wordpress.

Aku pernah menulis cara membuat website wordpress untuk pemula yang bisa kamu ikuti juga untuk membuat website desa ini. Itu pun kalau kamu menggunakan platform wordpress untuk website desa. Kalau enggak, aku belum pernah nulis tutorial untuk platform lain.

Jasa Pembuatan Website Desa

Kalau bingung membuat website desa, kamu bisa menghubungiku melalui Berdikari Studio. Kami membuka layanan jasa pembuatan website untuk berbagai macam kebutuhan, seperti website desa. Kami memiliki beberapa klien website desa yang bisa menjadi pertimbanganmu.

Kamu hanya perlu mempersiapkan materi yang ada, akan kami bantu untuk buatkan website dengan tampilan premium dan nggak pasaran. Kami akan melakukan optimasi situs sehingga website desa akan bisa diakses lebih cepat.

Kami akan melakukan pendampingan kepada operator desa untuk bisa mengisi dan mengelola website desa secara professional. Bahkan apabila membutuhkan jasa pembuatan desain, infografis dan pengelolaan media sosial desa. Kami pun bisa bantu.

Nelateni nganggur dengan menulis blog. Ikuti aku di Facebook, Instagram, Twitter maupun Linkedin

Artikel Terkait

Leave a Comment