5 Rekomendasi STB Set-Top Box Terbaik untuk Siaran TV Digital

Promo Shopee Agustus

Sedang cari rekomendasi STB terbaik? Saya juga sedang berusaha mencari rekomendasi stb terbaik untuk digunakan sendiri. Biar pencarian yang saya lakukan bisa bermanfaat untuk orang lain, makanya saya tulis di sini juga.

Untuk penikmat televisi mungkin sudah mulai jengah dengan seringnya muncul iklan peralihan TV Analog ke TV Digital. Seperti yang diungkap oleh Ibu mertua yang bercerita bahwa iklan tv digital sudah cukup sering muncul belakangan.

Siaran TV Analog akan segera berakhir dan beralih ke siaran TV Digital. Proses migrasi ini rencananya akan rampung pada bulan November tahun 2022. Apabila ingin mengetahui lebih lanjut tentang siaran TV Digital, kamu bisa coba baca-baca artikel di laman Siaran Kominfo.

Meski siaran TV sudah beralih ke siaran digital, kamu tidak perlu membeli televisi baru untuk bisa menonton siaran digital. Ada alat yang bernama STB / Set-Top Box yang berfungsi untuk menangkap siaran TV Digital sehingga bisa ditayangkan di televisi yang kamu miliki

Setelah cukup banyak melakukan riset seputar merk STB dari berbagai macam sumber, pada kesempatan ini saya mau berbagi rekomendasi STB yang bisa kamu pilih. Sehingga kamu bisa memiliki STB terbaik yang sesuai dengan keinginanmu.

Apa itu Set-top Box?

Set-top Box / STB biasanya sering disebut juga dengan receiver maupun dekoder. Saya pernah tinggal di daerah Pacitan yang notabene sudah untuk menangkap sinyal televisi. Diperlukan parabola dan receiver untuk bisa menonton televisi yang setelah saya dewasa baru saya ketahui bahwa parabola itu menangkap siaran TV Digital.

STB berfungsi untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang ditampilkan di TV Analog! Meskipun kamu menggunakan TV tabung analog, kamu tetap bisa melihat siaran TV Digital dengan bantuan STB dengan syarat terdapat slot kabel RCA di televisi yang kamu miliki, biasanya disebut AV. Televisi tabung yang pernah dimiliki orang tua saya pada tahun 98an pun sudah ada fasilitas ini.

Ingat, bahwa semua TV tabung merupakan TV Analog. Sedangkan TV layar datar belum tentu TV Digital. Untuk kamu pengguna TV layar datar, coba dicek apakah telah mendukung fitur DVB T2. Apabila TVmu sudah mendukung fitur tersebut, kamu tidak perlu beli STB.

Kenapan Siaran Digital?

Sebelum merekomendasikan STB terbaik, mungkin kamu perlu tahu kenapa sih pemerintah kok mematikan siaran TV Analog dan memaksa masyarakat untuk beralih ke TV Digital. Kan pemborosan, karena mengharuskan masyarakat untuk mengeluarkan uang membeli STB.

Sebagai lulusan penyiaran, saya menyetujui langkah ini, karena kualitas Siaran TV Digital itu lebih bagus dibandingkan analog. Enggak ada burek-bureknya sama sekali, karena kalau nggak ada sinyal ya ilang. Nggak ada gambar burek di siaran TV Digital. Kualitas suara juga lebih baik, sehingga bisa meminimalisir adanya kesalahpahaman dalam menangkap suara.

Selain itu, dengan beralihnya analog ke digital membuka peluang berbagai stasiun televisi swasta untuk menjangkau seluruh penonton di Indonesia. Sehingga alternatif tontonan akan semakin baik. Tidak menutup kemungkinan muncul televisi-televisi baru yang menyajikan konten berkualitas.

Sedangkan dari segi teknis, ada beberapa alasan seperti

  1. Pengoperasian teknologi analog akan semakin mahal, penggunanya akan turun secara terus menerus karena peralihan ke digital yang lebih murah
  2. Perangkat analog sudah mulai tidak diproduksi lagi, karena semua perangkat sekarang pun sudah beralih ke digital.
  3. Spektrum frekuensi merupakan sumber daya alam yang terbatas, apalagi untuk menyiarkan sinyal analog membutuhkan kanal frekuensi yang cukup besar dan kurang efisien. Rencananya dengan peralihan tv analog ke digital, frekuensi yang sebelumnya digunakan untuk siaran TV Analog akan dimanfaatkan untuk perbaikan kualitas jaringan internet 5G.

STB Gratis dari Pemerintah

Oh iya, pemerintah juga memiliki program bagi-bagi STB Gratis untuk masyarakat miskin dengan syarat

  1. Termasuk dalam golongan rumah tangga miskin dan tercatat dalam Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial Kementrian Sosial (DTKS).
  2. Menggunakan perangkat televisi yang hanya bisa menerima siaran TV Analog.

Kalau kamu tidak terdaftar dalam penerima bantuan STB Gratis, sudah saatnya kamu mencari alternatif pilihan STB terbaik supaya televisi analog di rumah tetap bisa digunakan untuk menonton televisi.

Rekomendasi STB Terbaik

Berikut rekomendasi STB terbaik yang bisa kamu pilih. Saya sudah coba pelajari di beberapa marketplace mulai dari tingkat kepopuleran produk, review hingga fitur yang ada. Sehingga kamu bisa memilih sesuai dengan yang kamu butuhkan.

STB TERBAIK
Rekomendasi STB Set Top Box Terbaik DVB T2 Matrix Apple

Set-Top Box Matrix Apple Merah

Gambar bisa Full HD 1080p

Youtube, Youtube Kids, Metube (pakai wifi dongle)

2 Port USB

CPU tahan panas

Storage 8 MB

Ber-SNI, sertifikat EWS dan Dirjen Postel

Polytron Set Top Box Digital - PDV 610t2

Set-Top Box Polytron PDV-600

Produk baru tahun 2022

Panduan Jadwal Program Siaran

Pencarian Saluran TV Otomatis

Perekam Acara Favorit (PVR)

Penggeser Waktu Siaran (Time Shift)

Tersedia port HDMI

Set Top Box Tv Digital Luby T2-01

Set-Top Box Luby 01

Full HD 1080p

Support IPTV (dengan wifi dongle)

Ada tombol di STB (tidak hanya remote)

2 Port USB (depan dan belakang)

2 Output (RCA/ AV dan HDMI)

Support Youtube dengan wifi dongle

Rekam siaran TV

5 Rekomendasi STB Set-Top Box Terbaik untuk Siaran TV Digital 1

Set-Top Box Goldsat Revo

Full HD 1080p

Ada tombol di STB (tidak hanya remote)

Perekam Acara Favorit (PVR)

Media Player

Support Youtube dengan wifi dongle

5 Rekomendasi STB Set-Top Box Terbaik untuk Siaran TV Digital 2

Set-Top Box Evinix H1

Full HD 1080p

Pencarian chanel otomatis dan manual

Output HDMI dan RCA

Mendukung teleteks/subtittle/seleksi bahasa audio

Support Youtube dengan wifi dongle

Cara Pasang STB

Adapun langkah-langkah untuk bisa menikmati siaran TV digital di TV analog adalah dengan memasang STB. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Beli STB
  2. Sambungkan Antena ke STB
  3. Sambungkan kable RCA (merah, kuning, putih) dari TV Analog ke STB
  4. Nyalakan TV dan STB menggunakan remot
  5. Pilih mode AV pada TV Analog
  6. Pilih menu pencarian saluran > pencarian otomatis pada STB
  7. Pilih simpan, dan kamu bisa menonton siaran TV Digital

Kesimpulan

Saya pakai yang mana? Kalau saya pribadi tidak menggunakan Set Top Box karena di rumah tidak memiliki televisi. Namun untuk rumah mertua, saya memilih untuk beli Set-Top Box Matrix Apple Merah. Biar bisa digunakan dengan lancar tanpa hambatan sama sekali.

Semoga tulisan ini bisa membantu teman-teman yang sedang bingung mencari rekomendasi STB terbaik untuk rumah anda.

Pertanyaan Seputar STB dan TV Digital

Parabola apa harus pakai STB?

Setahu saya parabola nggak perlu beli STB karena sudah ada receiver yang notabene langsung terhubung dengan parabola. Receiver sendiri menggunakan teknologi DVB S2 ( Digital Video Broadcasting Satttelite 2 ) sehingga bisa menangkap siaran TV Nasional maupun Mancanegara.

Beli TV terbaru apa harus beli STB

Tergantung televisinya, apabila televisi baru sudah mendukung pencarian DTV bisa.

Solusi TV Tabung Tetap Bisa Digunakan

Membeli STB yang mendukung DVB-T2 (ada di kemasannya) + kabel RCA. Karena biasanya TV tabung belum ada port HDMI, jadi cukup beli yang dilengkapi kabel RCA.

STB Bisa buat Youtube / Tiktok / Netflix?

Beberapa jenis STB yang dilengkapi dengan USB Port bisa digunakan untuk mengakses aplikasi seperti Youtube, Tiktok, maupun netflix dengan syarat dipasang Wifi Dongle. Wifi Dongle ini fungsinya untuk menangkap sinyal wifi di rumah kamu. Jadi kamu wajib langganan wifi sebelum memiliki wifi dongle ini. Tanpa langganan wifi / modem sebelumnya, kamu gak bisa konek, karena butuh jaringan internet

Apa Perlu Pakai Booster?

Tidak wajib, tapi kalau sudah punya booster nggak ada salahnya dipakai, karena bisa digunakan untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik. Terutama di kawasan yang cukup jauh dari pemancar sinyal sehingga bisa menangkap sinyal siaran digital lebih banyak

TV LED Butuh STB?

Belum semua TV LED itu memiliki kemampuan menangkap sinyal digital, oleh karena itu coba dicek lagi apakah televisi sudah mendukung pencarian siaran digital (DTV)? Kalau belum, berarti TV LED itu masih termasuk dalam TV Analog, sehingga tetap membutuhkan STB yang mendukung DVB-T2 untuk bisa menampilkan gambar dan audio sinyal digital

STB Butuh Antena?

STB tetap membutuhkan yang namanya antena untuk menangkap sinyal digital, karena fungsi STB adalah mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog sehingga dapat ditampilkan pada TV Analog

Kalau TV nggak ada mode AV?

Sepertinya belum bisa digunakan untuk menanyangkan siaran TV Digital karena output dari STB menggunakan kabel RCA yang notabene masuk dalam mode AV (audio video) pada TV jadul.

Beda STB dengan Android TV Box

STB digunakan untuk menampilkan sinyal digital dalam bentuk video dan audio pada tv analog, sedangkan android tv box digunakan untuk mengubah tv biasa menjadi smart tv yang bisa interaktif dan diinstall berbagai aplikasi. Kalau beli android TV Box dan mau digunakan untuk menonton siaran TV digital, kamu perlu alat yang bernama TV Tunner.

Nelateni nganggur dengan menulis blog. Ikuti aku di Facebook, Instagram, Twitter maupun Linkedin

Leave a Comment

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.