Unboxing & Review Super Mifi S1 Smartfren

Mifi S1 Smartfren Terbaru
Modem Wifi S1 Smartfren Terbaru

Sebagai seorang professional jobless yang menggantungkan hidup di jagat maya, selalu online dimanapun dan kapanpun merupakan sebuah keharusan. Nah, pada kesempatan kali ini aku mau nulis tentang unboxing dan review Mifi S1 Smartfren yang baru aku dapatkan. Super Modem Wifi S1 ini memangnya seperti apa sih? Kok sampai dibandrol dengan harga jutaan dan paket data yang lumayan besar.

Di bulan Februari ini aku akan menulis tentang unboxing (yang nantinya ada videonya juga) dengan sedikit review singkat tentang first impression terhadap produk baru ini. Sedangkan review detail akan aku tuliskan satu bulan setelah pemakaian Mifi S1 dari Smartfren ini. Jadi bisa dibaca dan dilihat dulu ya unboxingnya!

Spesifikasi Super Mifi S1 Smartfren

Berikut fitur unggulan dari Mifi S1 yang menurutku merupakan nilai plus dibandingkan pendahulunya yang sudah pernah aku tulis, yaitu mifi m6 smartfren.

  • Menggunakan Teknologi CAT7, merupakan teknologi yang memungkinkan user mendapatkan downstream sampai 301mbps dan upstream sampai 102mbps. Kalau di handphone, biasanya CAT7 ini ditandai dengan 4G+. Apakah sudah pernah melihatnya di handphonemu? Kalau belum, ada dua kemungkinan yaitu daerahmu / operatormu belum mendukung teknologi ini, kalau nggak gitu siapa tahu memang handphonemu yang belum mendukung teknologi ini.
  • Ada pilihan Wifi 5Ghz dan 2.4 Ghz. Dengan teknologi 5Ghz menawarkan pengalaman internet yang lebih stabil, karena setelah baca-baca jaringan 2,4 G itu frekuensinya sudah digunakan berbagai macam alat rumah tangga seperti remote yang mungkin secara tidak langsung mempengaruhi kualitas sinyalnuya.
  • Kapasitas baterai menggunakan 3250 mAh! Ini termasuk gede banget untuk sebuah Modem Wifi, katanya sih bisa digunakan sampai dengan 20 jam. Yak, kebetulan akhir bulan nanti ada acara di luar kota. Jadi kita coba saja apakah benar-benar bisa bertahan sampai dengan 20 jam.

Sedangkan fitur-fitur lain dari modem wifi ini sama dengan yang ada di pendahulunya Mifi M6 Smartfren, yaitu

  • Smartscreen yang menampilkan informasi kuota, nomor smartfren, nama dan password wifi serta status baterai, sinyal 4G di layarnya. Jadi nggak perlu login / masuk ke apps dulu untuk melihatnya.
  • Bisa menjadi power bank dengan syarat baterai mifi harus di atas 50% (kalau nggak salah). Maaf belum tahu info validnya karena nggak pernah memanfaatkan fitur ini. Mending buat modem aja biar bisa tetep online, kalau charga handphone pakai power bank sendiri aja. Daripada pas butuh wifi ternyata mifi kehabisan baterai kan repot.
  • Web UI dan MyLink merupakan GUI (Graphic User Interface) yang memudahkan kita untuk mengatur mifi. Sehingga backend pengaturan / settingan modem ini bisa dengan mudah kita mengerti. Bahkan ada aplikasi myLink untuk membuat kita semakin mudah dalam mengatur settingan mifi ini.
  • Sharing Up To 32 User mungkin bisa buat main asyik main game rame-rame. Selain main game, yang biasanya cuma berenam, fitur ini juga nggak bakalan sering aku gunakan. Semakin banyak user yang terhubung ada dua kemungkinan yaitu baterai lebih boros dan yang pasti kuota akan cepat habis.
  • USB on The Go ini bakalan asyik untuk mindahin file dari handphone ke lapop maupun sebaliknya. Jadi semacam server dengan kapasitas terbatas. Terkadang memang butuh fitur macam gini untuk sharing antar gadget dalam satu jaringan wifi.

Harga dan Paket Bundling Super Mifi S1 Smartfren

Sejak di rilis bulan Januari 2019 lalu, Mifi S1 Smartfren ini tersedia dalam 3 paket bundling, yaitu paket 1 bulan, paket bundling 6 bulan dan paket bundling 12 bulan / satu tahun. Berikut perbedaan antar paket bundling dalam penjualan Mifi S1 Smartfren ini

InfoPaket 1 BulanPaket 6 BulanPaket 12 Bulan
BONUS120GB600GB1200GB
Kuota 24 Jam60GB50GB50GB
Kuota Malam60GB50GB50GB
Harga Paket1,2 Juta1,7 Juta2,6 Juta

Aku saat ini menggunakan paket bundling yang satu bulan, yang akan aku coba gunakan sebulan kedepan. Untuk review tentang paket internet dan performa dari mifi s1 smartfren ini akan aku ulas lebih lengkap bulan depan ya. Untuk sementara bisa nonton video unboxing di bawah ini

Unboxing Super Mifi S1 Smartfren Terbaru

Sekilas hanya warna hitam yang berbeda dengan pendahulunya Mifi M6 Smartfren. Terdapat emblem teks Smartfren pada bagian bawah layar, emblem CAT7 dan 4G pada bagian belakang modem wifi s1 smartfren.

Dalam Box Mifi S1 Smartfren Terbaru
Dalam Box Mifi S1 Smartfren Terbaru

Dalam box set Super Mifi S1 Smartfren ini terdapat enam item, yaitu

  • 1 Unit Super Modem Wifi S1
  • 1 Unit baterai 325 mAh
  • 1 User manual
  • 1 pc OTG / Kabel Powerbank
  • 1 pc Insertion
  • 1 pc kartu garansi

Video Unboxing Super Mifi S1 Smartfren

Video unboxing Super Mifi S1 Smartfren

Review Pemakaian Super Mifi S1 Smartfren di Blitar

Nggak kerasa sudah lebih dari satu bulan aku menggunakan Mifi S1 terbaru dari Smartfren. Pada kesempatan ini aku mau update tentang review penggunaan mifi S1 ini untuk kegiatanku sehari-hari.

  • Jaringan 4G maupun 4G+ yang menawarkan kecepatan internet cepat yang stabil belum bisa dipenuhi dengan mifi S1. Menurutku, kondisi jaringan smartfren yang ada di Blitar memang belum siap dengan jumlah pengguna yang senantiasa naik terus sehingga mendapatkan koneksi cepat seperti yang ada di iklan belum bisa terpenuhi. Penggunaan modem M6 dan Mifi S1 ini di Blitar ini sama saja.
  • Jaringan 5 Ghz juga tidak bisa memberikan kecepatan yang mumpuni. Meski memang lebih cepat dibandingkan jaringan 2.4Ghz, namun perangkat mifi harus senantiasa dekat dengan handphone. Karena apabila terhalang dengan tembok beton, beda ruangan meski jaraknya dekat jaringan wifi akan terputus. Awalnya saya heran kenapa, namun setelah mencari info dari berbagai referensi memang area yang tercover oleh jaringan 5Ghz ini cukup kecil. Baca referensinya di HowToGeek
  • Tampaknya ketahanan baterai Mifi sampai 20 Jam pun mendekati nyata. Aku pernah menggunakan mifi ini mulai dari jam 6 pagi sampai jam 9 malam dengan kondisi sinyal yang stabil baterai masih sisa sebesar 36%. Sedangkan aku pernah menggunakan saat jaringannya benar-benar kacau, baru 12 jam baterai sudah habis.

Jadi untuk yang menggunakan Mifi di kota-kota kecil seperti di Blitar, aku lebih prefer menggunakan modem yang lebih ekonomis seperti Mifi M6 atau M6x yang dibandorl dengan harga 500 ribuan. Untuk yang tinggal di kota-kota besar mungkin cukup terasa apabila menggunakan mifi s1 ini. Semoga review mifi S1 Smartfren ini bisa membantu teman-teman mempertimbangkan pilihan mifi untuk internetan sehari-hari.

Jika ada pertanyaan seputar mifi maupun paketan smartfren ini bisa coba tuliskan di kolom komentar.

2 thoughts on “Unboxing & Review Super Mifi S1 Smartfren”

Leave a Comment