Panduan Cara Install Blender 2.8 di Linux Mint

Cara Install Blender di Linux Mint

Bagaimana cara install Blender 2.8 di Linux Mint? Pertanyaan sederhana yang sering ditanyakan oleh mereka yang baru saja migrasi ke sistem operasi linux. Karena saat ini aku menggunakan linux mint, aku mau berbagi tutorial cara install Blender 2.8 di Linux Mint..

Meski dulu sempat terjun di dunia animasi, sampai saat ini sesekali masih menggunakan Blender untuk editing video di Linux. Terutama untuk rendering motovlog yang beberapa kali aku buat. Aku lebih nyaman melakukan editing video di PC dibandingkan laptop.

Kalau kamu mau install Blender 2.8, tandanya kamu sudah tau apa itu Blender. Aku nggak akan menjelaskannya lagi. Kamu bisa gabung komunitas Blender Army Indonesia di facebook, apabila ada pertanyaan seputar Blender 3D, kamu bisa posting di situ.

Cara Install Blender di Linux

Ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk install Blender di Linux, baik itu Ubuntu maupun Linux Mint. Untuk distro yang lain aku belum pernah pakai jadi nggak akan aku tulis di sini.

Beberapa cara yang bisa kamu pilih adalah melakukan instalasi dengan mendownload file langsung dari website resmi blender, melalui software center, melalui snap dan melalui PPA.

Install dari Situs Resmi

Cara Install Blender Download

Untuk install dari situs resmi Blender.org, berikut beberapa langkah yang harus kamu lakukan

  1. Buka halaman download blender
  2. Download Blender terbaru untuk Linux (seharusnya sudah otomatis mendeteksi sistem operasi yang kamu gunakan)
  3. Tunggu proses download selesai
  4. Pindahkan file download blender ke folder yang mudah diakses.
  5. Klik kanan file archive Blender dan Extract here
  6. Masuk ke folder Blender dan jalankan file Blender yang sudah executable

Bisa dibilang ini merupakan software yang portable, nggak terinstall di sistem. Kamu perlu melakukan konfigurasi tambahan untuk membuatnya bisa membuka file blender dengan klik 2x.

Install dengan Software Manager

Cara Install Blender dengan Sotware Manager

Opsi lain cara install Blender di Linux Mint melalui Software Manager yang secara default sudah terinstall. Buka aja Software Manager dan Ketik Blender. Kemudian Install.

Sayangnya metode install Blender dengan software manager ini nggak up to date. Saat ini secara default Blender yang terinstall melalui Software Manager adalah versi 2.7. Untuk mengubahnya ke versi yang terbaru kamu harus menambahkan PPA yang akan aku bahas di bagian selanjutnya.

Install dengan PPA

Opsi instal Blender dengan PPA merupakan cara yang paling aku sukai. Cukup dengan menambahkan PPA yang terurus kita bisa dengan mudah melakukan install dan update melalui terminal. Saat ini ppa Blender yang senantiasa update adalah milik Thomas Schiex. Berikut panduan install Blender melalui PPA Thomas Schiex

Oh iya, sebelum melakukan langkah-langkah di bawah ini, pastikan komputer / laptop yang kamu gunakan terhubung dengan koneksi internet yak!

  1. Buka terminal dengan shortcut CTRL + ALT + T
  2. sudo add-apt-repository ppa:thomas-schiex/blender
  3. sudo apt update
  4. sudo apt install blender
  5. Tunggu proses instalasi Blender

Setelah proses instalasi selesai, kamu bisa menemukan Blender di launcher menu

Instal dengan Snapd

Sampai saat ini aku belum familiar dengan snapd, lebih suka install melalui terminal seperti biasanya. Namun dengan snapd kamu bisa lebih mudah untuk install berbagai macam software yang ada di Linux. Berikut panduan install Blender dengan Snapd yang mudah kamu ikuti

  • Install Snapd terlebih dahulu dengan cara buka terminal dan ketik sudo apt install snapd
  • Setelah itu ketik sudo snap install blender --classic
  • Tunggu proses instalasi selesai
  • Blender siap kamu gunakan

Cara Install Paling Mudah?

Dari beberapa cara di atas kamu bisa pilih salah satu cara yang menurutmu paling mudah. Seperti yang sudah dibahas di atas, kalau aku lebih suka install dari PPA yang dimaintenance oleh Thomas Schiex. Tinggal copas perintah di terminal dan beres.

Kalau kamu mau install dengan cara yang mana?

Apabila ada kesulitan tentang cara install Blender di Linux Mint, tulis aja di kolom komentar. Nanti bakalan aku bales kok. Oh iya, aku juga menulis beberapa tips trik dan tutorial seputar Blender yang bisa kamu baca dan lihat di sini.

Nelateni nganggur dengan menulis blog. Ikuti aku di Facebook, Instagram, Twitter maupun Linkedin

Artikel Terkait

Leave a Comment