2 Alasan Utama Kenapa Website Harus Cepat

Kenapa website harus cepat?

Kenapa website harus cepat? Pertanyaan yang cukup sering ditanyakan oleh teman maupun klien. Sebagai penyedia jasa pembuatan website, aku cenderung menggunakan hosting dengan spesifikasi dan performa yang baik untuk klien. Sehingga selain memastikan website akan bisa berjalan normal dengan sangat baik, juga membantu optimasi di sisi server, karena terkadang klien nggak terlalu ngerti atau malas untuk mengetahui tentang optimasi konten.

Pada postingan kali ini aku mau berbagi beberapa cerita tentang alasan kenapa website harus cepat diakses. Terutama untuk mereka yang jualan online. Dua alasan utamanya kenapa website harus cepat adalah

  1. Kecepatan website mempengaruhi SEO (Search Engine Optimization)
  2. Mempengaruhi user experience / pengalaman pelanggan dalam mengakses website yang berisi informasi produk jualan kita.

Dua alasan di atas merupakan alasan utama yang akan aku coba jabarkan kenapa website harus cepat. Kamu bisa mengikuti panduan cara mempercepat loading blog yang udah aku tulis di blog ini.

Kecepatan Website Berpengaruh pada SEO

Sudah tahu SEO kan? Search Engine Optimization. Sebuah metode untuk menaikkan peringkat website kita di halaman mesin pencari. Kebanyakan sih Google, karena mayoritas dari kita menggunakan google untuk browsing atau melakukan pencarian.

Apabila kamu telah membuat toko online yang berjualan busana muslim, ada ribuan toko online serupa di internet. Tidak banyak orang yang mengetahui tentang toko online busana muslimmu. Untuk membuat orang mengetahui toko onlinemu, website toko onlinemu harus muncul di halaman pertama google apabila orang-orang mengetikkan kata kunci jual busana muslim.

Nggak banyak orang yang mau mencari sampai buka beberapa halaman hanya untuk mencari penjual busana muslim. Biasnaya halaman satu dan dua sudah cukup menjawab pertanyaan mereka yang sedang mencari penjual busana muslim hingga akhirnya memutuskan membeli.

Itulah fungsi SEO, bagaimana website toko online kita bisa muncul di halaman pertama pencarian. Semakin tinggi peringkatnya, semakin tinggi juga rasio untuk orang membuka website kita.

Misalnya pencarian Jual Busana Muslim dalam sehari diketikkan oleh 10.000 orang. Apabila website kita berada di urutan teratas, otomatis rasio orang membuka akan lebih besar, misalnya 80%. Jadi 8000 orang membuka website kita dalam satu hari menggunakan kata kunci jual busana muslim. Dari 8000 orang yang membuka website kita, katakanlah ada 1% saja yang membeli produk kita, berarti ada 80 produk yang berhasil terjual dari satu kata kunci saja.

Apabila keuntungan setiap produknya adalah Rp. 10.000, berarti dalam satu hari kita bisa memperoleh keuntungan bersih sampai Rp. 800.000. Cukup besar kan?

Nah, untuk itu kita memerlukan yang namanya SEO. Namun sayangnya tidak banyak pemilik toko online yang concern dengan hal ini. Oleh karena itu salah satu faktor pendukung SEO adalah Kecepatan akses website.

Kok bisa?

Ya iyalah, makanya baca gaes :D. Google telah merilis informasi ini sejak tahun 2010 lalu. Kalau gak percaya, kamu bisa baca artikel dari google di sini.

Kecepatan Website Berpengaruh Pada Penjualan Produk Online

Selain berpengaruh pada SEO, kecepatan website itu juga berpengaruh pada penjualan produk / konversi lho. Mungkin banyak juga yang bertanya-tanya, kok bisa?

Sebenarnya website toko onlinemu bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dengan kata kunci tertentu tanpa perlu ribet dengan SEO. Caranya? Dengan memasang iklan di mesin pencarian tentang kata kunci yang kamu gunakan untuk jualan.

Meski berhasil muncul di urutan teratas mesin pencarian, namun apabila kecepatan akses website toko online tidak di optimasi dengan baik pengunjung akan malas untuk melihat-lihat katalog produk yang dijual.

Jika untuk mengakses sebuah halaman butuh 30 detik, kan lama banget, udah hampir mirip nunggu lampu merah di jalanan. Usahakan akses halaman website itu tidak sampai tiga detik. Syukur kalau bisa kurang dari satu detik. Karena menunggu adalah hal yang paling membosankan. Benar kan? Jadi jangan sampai membuat orang menunggu. Tidak salah jika 53% pengunjung website yang menggunakan perangkat mobile akan menutup website yang tidak terbuka dalam waktu tiga detik.

Apabila akses website terlalu lambat dan memberikan pengalaman buruk untuk para pengunjung web yang berujung menutup halaman webmu akan menaikkan yang namanya bounce rate. Ini bisa berdampak buruk juga pada SEO, karena dianggap konten / produk di halaman website tersebut tidak menarik.

Sudah habis banyak untuk iklan, ternyata jualan nggak kunjung closing juga. Kan jadi dobel ruginya :(. Sayang bukan?

Pemilihan Web Hosting

Dari sekian banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan website, / pemilihan web hosting merupakan cara yang paling mudah. Kenapa? Pasalnya ketika kita menggunakan web hosting tercepat meskipun optimasi di sisi konten website tak begitu bagus, kecepatan website sudah sangat terbantu. Ibaratnya kita memiliki mobil ferari yang bisa melaju kencang, meskipun sopirnya tak terlalu handal tetap bisa berjalan kencang, jika dibandingkan kita naik mobil sedan biasa sopirnya nggak handal pula, jadi makin lelet kan jalannya? Mungkin itu analogi yang paling tepat menurutku :D. Tapi tetap sesuaikan dengan biayanya, jangan sampai terlalu berat diongkos. Akan semakin baik lagi apabila bisa optimasi di sisi konten web. Biar website bisa makin kenceng.

Pemilihan lokasi hosting juga berpengaruh, untuk website dengan target pengunjung Indonesia, aku lebih suka server hosting Indonesia. Karena aksesnya juga lebih cepat dibanding menggunakan server yang ada di luar negeri, tapi tergantung spesifikasi server hostingnya juga sih.

Setiap akan membeli sebuah web hosting untuk klien, aku selalu membandingkan spesifikasi server yang ditawarkan oleh para penyedia jasa hosting. Apakah spesifkasi server mereka benar-benar mumpuni untuk memfasilitasi fitur-fitur website yang aku butuhkan. Berikut beberapa poin yang bisa menjadi pertimbangan untuk memilih web hosting.

  • Prosesor yang digunakan oleh server. Tidak dapat dipungkiri kalau sebenarnya web hosting merupakan sebuah komputer di internet yang digunakan untuk menampilkan website kita, untuk itu membutuhkan spesifikasi server yang mumpuni untuk bisa berjalan dengan baik. Seperti halnya ketika bermain game, kita juga membutuhkan spesifikasi komputer maupun laptop yang cukup tinggi supaya bisa bermain dengan lancar tanpa ada gangguan
  • Penggunaan SSD sebagai penyimpanan data juga sangat berpengaruh pada kecepatan akses web. Jika melihat data yang bisa dengan mudah ditemukan di internet, write speed SSD bisa di atas 200 MB/s sedangkan write speed untuk HDD hanya sekitar 50 MB/s. Ngefek juga untuk read data web yang bisa lebih cepat 30% dibanding menggunakan HDD. Jadi tidak heran apabila sekarang sudah mulai bnayak web hosting yang menggunakan SSD sebagai penyimpanan datanya dibanding menggunakan HDD. Aku baru merasakan kalau SSD itu benar-benar cepat ketika sekarang laptop menggunakan SSD. Booting, copy file dan lain-lain benar-benar cepat. Jadi ketika menggunakan komputer dengan HDD dengan spesifikasi yang mirip, kecepatannya tetap beda :D.
  • Fitur-fitur tambahan yang disediakan oleh penyedia hosting. Biasanya penyedia hosting akan menawarkan ragam fitur untuk hosting mereka. Seperti cpanel, gratis ssl, bahkan fitur yang bisa mempercepat akses website seperti CDN, maupun LSCache. Ada baiknya mempelajari teknologi-teknologi yang disediakan oleh penyedia hosting untuk bisa memaksimalkan website yang kita miliki.
  • Lokasi server juga sangat berpengaruh terhadap kecepatan akses web. Kalau memang mau menargetkan pengunjung dari Indonesia, ada baiknya menggunakan server yang ada di Indonesia karena lebih cepat diakses dari Indonesia.
  • Layanan support 24 Jam juga merupakan hal yang harus dipertimbangkan. Kenapa? Karena sewaktu-waktu butuh bantuan di sisi server, technical support ini siap membantu.

Kesimpulannya Kenapa Website Harus Cepat?

Sebagai pedagang online, kecepatan akses website merupakan hal yang sangat penting, terutama untuk meningkatkan pengalaman berbelanja yang mudah, nyaman dan cepat. Sehingga meningkatkan konversi penjualan melalui website.

Selain optimasi di sisi konten yang nantinya akan aku buatkan tulisan sendiri, kita juga perlu memperhatikan sisi server. Karena spesifikasi dan lokasi server website juga mempengaruhi kecepatan website. Alangkah baik, apabila kita bisa mengoptimasi keduanya, kalaupun belum bisa, salah satunya pun tidak menjadi masalah. Pinter-pinter aja milih hosting terbaik untuk website, blog maupun toko online yang kamu kelola.

Jadi, tahu kan kenapa website harus cepat? Sekarang apa ada yang mau ditanyakan? Tinggalkan komentar saja nanti aku bales kok ;).

Leave a Comment