Membaca Partisi NTFS di Mac

Menggunakan Partisi NTFS di Mac
Menggunakan Partisi NTFS di Mac

Membaca partisi NTFS di Mac tidak semudah di linux maupun windows, tinggal colok langsung terbaca. Secara default, mac tidak dapat membaca partisi NTFS, oleh karena itu kita butuh perangkat lunak pihak ketiga untuk membaca partisi NTFS di Mac.

Ada banyak perangkat lunak pihak ketiga yang bisa digunakan untuk membaca partisi NTFS di Mac, namun dari sekian banyak pilihan, akhirnya aku memutuskan untuk membeli Paragon NTFS. Sebelum membahas tentang Paragon NTFS, ada beberapa hal yang ingin aku bahas, seperti kenapa menggunakan NTFS.

Kenapa Pakai Partisi NTFS?

NTFS merupakan kependekan dari New Technology File System yang dikembangkan oleh Microsoft. Aku nggak tahu kenapa secara default mac tidak bisa membaca NTFS, namun sampai saat ini menurutku partisi NTFS merupakan salah satu partisi terbaik yang bisa dibaca diberbagai macam perangkat komputer. Terutama saat ini dominasi Windows di sistem operasi juga cukup dominan.

Berikut beberapa alasan kenapa aku menggunakan partisi NTFS untuk hardisk eksternal

  • Dapat dibuka di berbagai macam sistem operasi dan perangkat komputer seperti Linux dan Windows (untuk Mac harus menggunakan perangkat lunak tambahan). Karena nggak banyak kok berbagi data dengan pengguna Mac, Kalaupun berbagi, biasanya teman-teman sudah menggunakan perangkat lunak pihak ketiga sehingga tetap lancar untuk baca data.
  • Dapat digunakan untuk menyimpan satu file berukuran besar, yang mana FAT32 maksimal untuk ukuran file satuan adalah 4Gb.

Dua alasan utama di atas yang membuatku menggunakan NTFS pada hardisk eksternal yang aku gunakan saat ini.

Cara Buka NTFS di Mac

Untuk yang belum terbiasa mungkin bingung tentang bagaimana cara buka NTFS di Mac? Ada banyak pilihan perangkat lunak yang bisa dipilih, diantarnaya ada Paragon NTFS, Tuxera NTFS, FUSE dan experimental dari Apple yang secara default nggak aktif.

Dari banyak pilihan yang ada, akhirnya aku memutuskan untuk membeli Paragon NTFS yang dibandrol dengan harga sekitar 300 ribuan saja. Berikut beberapa alasan aku akhirnya membeli Paragon NTFS

  • Membaca review di beberapa blog tentang Paragon NTFS dan perangkat lunak lainnya, Paragon NTFS ini merupakan yang paling sedikit minusnya
  • Merasa aman dan mudah menggunakan Paragon NTFS ini dibandingkan menggunakan yang lain, karena melihat penjelasan di situsnya dan bacaan dari review beberapa blogger ternyata cukup baik dan sangat jarang mengalami gangguan. Karena ini hubungannya sama DATA.
  • Harganya cukup murah jika dibandingkan dengan Tuxera, yang gratisan pun ada tapi masih harus belibet konfigurasi ini itu. Sedangkan dengan Paragon ini cukup klik install kemudian restart udah otomatis deh.

Cara buka NTFS di Mac itu kalau sudah install Paragon NTFS, plug and play. Nggak perlu otak-atik terminal dan sebagainya. Mungkin itu salah satu hal yang membuatku semakin yaqueen menggunakan Paragon NTFS

Cara Beli dan Install Paragon NTFS untuk Mac

Cara menggunakan partisi NTFS dengan Paragon NTFS memang mudah, tapi untuk pengguna di Indonesia terkadang masih suka bingung gimana sih jaranya beli online ke situs luar negeri. Apalagi kalau nggak punya kartu kredit. Berikut mungkin beberapa langkah yang harus dilakukan untuk beli paragon NTFS di Mac

Beli Paragon NTFS dengan Jenius Card
Beli Paragon NTFS dengan Jenius Card
  • Buka halaman pembelian Paragon NTFS di sini untuk dapat diskon 5%
  • Pilih pembayaran menggunakan paypal / kartu kredit / Wire Transfer. Kalau aku pakai Jenius BTPN, meskipun kartu debit bisa buat bayar kaya kartu kredit. Tapi gunakan e-card dan top up dulu supaya tabungan tetap aman.
  • Bayar deh! Apabila pembayaran sudah selesai, kita bisa download dan dapat serial number untuk digunakan setelah proses instalasi softwarenya.
  • Setelah download, install Paragon NTFS dan tunggu prosesnya sampai selesai, kemudian restart mac yang kamu gunakan. Selesai deh

Kamu sudah bisa plug and play perangkat dengan partisi NTFS tanpa perlu ribet. Mungkin itu aja sedikit cerita tentang beli Paragon NTFS yang sangat membantu untuk penggunaan media penyimpanan yang selama ini aku gunakan.

Deep in review mungkin lain kali akan aku bahas ketika sudah cukup lama menggunakan paragon NTFS ini. Tapi untuk kesan pertama menurutku sudah sangat baik dan cukup puas. Apalagi aku orangnya kan jarang aneh-aneh, sepertinya tidak ada masalah dengan hal ini.

Apabila ada pertanyaan seputar cara menggunakan NTFS di Mac, nggak perlu ragu untuk meninggalkan komentar di kolom yang sudah aku sediakan di bawah ini yak!

Bagikan tulisan ini di

Leave a Comment