Membuat Bootable Flashdisk

Pandu Aji

Kategori: Panduan

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10

Diperbarui:

Membuat bootable flashdisk windows merupakan salah satu cara praktis untuk install ulang Windows

Beberapa minggu terakhir ada banyak teman yang minta tolong untuk install ulang pc hingga laptop yang mereka gunakan. Berhubung aku lagi baik, yaudah aku installin windows 10 di laptop maupun pc mereka dengan syarat harus beli sendiri lisensinya.

Setelah mereka membeli lisensi windows, akhirnya aku putuskan untuk mendownload windows dan install windows dengan usb flash disk. Maklum, laptop dan pc jaman now udah nggak dilengkapi dengan DVD.

Satu-satunya cara untuk install ya menggunakan USB Flash Disk

Download Windows

Langkah pertama yang dilakukan adalah mendownload windows langsung dari source aslinya, yaitu website microsoft. Kalau emang bisa langsung di website microsoft mending langsung download di sana aja untuk memastikan bahwa softwarenya beneran.

Dalam beberapa kasus ada installer os yang sudah dimodifikasi apabila berasal dari sumber yang nggak jelas. Daripada nanti setelah diinstall kenapa-kenapa, mending langsung download di website resminya.

Download Windows

Membuat Bootable USB di Linux Mint

Pada update kali ini saya mau mencoba bikin bootable USB di Linux Mint. Setelah sebelumnya pernah coba selalu gagal dan mendapatkan pesan error

A media driver your computer needs is missing” or “A required CD/DVD drive device driver is missing

Kali ini saya menggunakan Ventoy2Disk, sebuah software yang bisa membantu kita membuat banyak bootable disk tanpa harus format flashdisk.

ventoy

Meski begitu, untuk pertama kali install memang butuh format flashdisk dulu, kita bisa bikin banyak bootable dari 1 flashdisk..

Langsung download saja gratis di Ventoy Github. Kalau windows, tinggal jalanin exenya bukan?

Setelah download, extract file Ventoy dan jalankan perintah berikut di terminal

sudo ./VentoyWeb.sh

Perintah di atas berguna untuk menjalankan Ventoy Server. Biarkan terminal terbuka kemudian buka ip address yang sudah ditulis

Pilih flashdisk yang mau digunakan sebagai bootable. Kemudian tekan install. Proses instalasi Ventoy di tempatku nggak sampai 3 menit kok. Cuma pakai Ventoy Web memang lebih berat sih. Jangan lupa matikan server ventoy biar komputer lebih cepet

Setelah itu tinggal copy dan paste file ISO bootable ke dalam flashdisk dan silakan booting pakai flashdisk.

Membuat Bootable USB di Macbook

Disarankan kamu membuat bootable USB menggunakan sistem operasi Windows atau Mac. Karena kalau kamu bikin pakai Linux Mint, hal yang aku alami bisa saja terjadi padamu, yaitu mendapatkan pesan error “a media dirver your computer is missing”.

Kalau pengen coba linux, kamu bisa ikuti cara Install Linux Mint

Aku sampai download ulang windows beberapa kali dan tetap mengalami hal yang sama. Namun hal tersebut tidak aku alami ketika aku membuat bootable menggunakan Mac. Kebetulan di rumah memang nggak ada komputer dengan sistem operasi Windows.

Pada kesempatan ini aku mau berbagi bagaimana caranya membuat Bootable USB di Macbook yak! Kalau di Windows dan Mac sebenarnya bisa pakai Rufus. Tapi aku mau pakai aplikasi bawaan macbook daripada harus install software baru lainnya.

Format USB Disk

Langkah pertama untuk proses instalasi ini adalah dengan membuka aplikasi Disk Utility yang ada pada setiap macbook.

Show All Devices

Pilih show all devices apabila flashdisk yang dicolokkan ke macbook belum terdeteksi. Dengan mengaktifkan show all devices, kamu bisa mengetahui semua device yang terhubung ke mac.

Erase Disk

Pilih USB yang mau diformat dan tekan erase disk untuk format flashdisknya

Format Settings

Langkah selanjutnya dengan format settings, beri nama terserah untuk disknya. Gunakan format MS-DOS (FAT). Scheme menggunakan Master Boot Record. Setelah itu tekan tombol Erase untuk mulai proses format.

Format Selesai

Apabila sudah selesai, akan muncul notifikasi seperti pada gambar di atas dan kita bisa melanjutkan instalasi windows

Install Bootable Disk Windows

Klik 2 kali pada file ISO Windows akan muncul jendela baru seperti pada gambar di atas. Select semua file tersebut kemudian drag and drop ke usb drive. Tunggu prosesnya sampai selesai sehingga flashdisk siap digunakan sebagai installer windows

Pertanyaan Terkait

Ada pesan error

Beberapa kali melakukan instalasi windows, aku mengalami pesan error “A media driver your computer needs is missing” or “A required CD/DVD drive device driver is missing” . Ternyata, ini karena aku membuat bootable di Linux. Akhirnya aku coba membuat bootable usb di mac, hal tersebut tidak terjadi lagi.

The item “sources” can’t be copied because it is too large for the volume’s format

Apabila yang kamu install adalah Win 64 bit, mungkin akan mengalami permasalahan ini ketika mencoba copy isi ISO ke dalam bootable. Ketika format kamu bisa gunakan ExFAT. Karena untuk format MS-DOS, 1 file nggak bisa lebih besar dari 4Gb. Kalau ExFAT bisa.

Nelateni nganggur dengan menulis blog. Ikuti aku di Facebook, Instagram, Twitter maupun Linkedin

Shopee Lovember

Leave a Comment