Memilih WordPress Hosting di Indonesia

Memilih WordPress Hosting di Indonesia merupakan sebuah PR tersendiri buatku. Selain belum semua hosting menawarkannya, aku masih belum terlalu yakin apakah benar-benar memberikan performa yang jauh lebih baik dibanding menggunakan hosting biasa.

Gegara website panduaji.net dan ajiperak.com tidak bisa diakses semalaman aku jadi mikir untuk memindahkan hosting ke tempat yang lebih baik. Tentunya dengan server yang lebih stabil. Untuk meminimalisir hilangnya pelanggan potensial seperti yang aku alami semalam.

Semalam ada orang yang mau membeli cincin perak. Tanya model dan harga cincinnya. Aku arahkan untuk membuka katalog cincin perak dan ternyata nggak bisa dibuka. Gegara hal tersebut sampai sekarang belum ada tanggapan lagi dari pelanggan potensial tersebut.

Website baru bisa diakses normal sekitar pukul 7 pagi. Nggak ada pemberitahuan email tentang kasus semalam sampai pukul 15.00 siang ketika aku mulai menulis artikel ini.

Dari tadi pagi aku mencoba mencari beberapa referensi wordpress hosting di Indonesia. Apakah sudah ada yang menawarkan seperti worpdress hosting namecheap yang harganya bisa dibilang cukup tinggi dengan beberapa fitur yang cukup menarik buatku.

Apa Itu WordPress Hosting

Jika ditanya, apa itu wordpress hosting? aku jawab hosting yang servernya dioptimasi untuk menjalankan website dengan CMS WordPress. Sehingga situs wordpress bisa berjalan dengan optimal tanpa gangguan.

Tidak ada layanan cpanel seperti pada umumnya hosting yang ditawarkan. Benar-benar kita hanya perlu mikirin sisi konten aja. Tanpa perlu otak-atik htaccess dan lain-lain karena sudah dioptimasi oleh penyedia layanan hosting. Kalau mau cari penyedia layanan di luar negeri, kata kuncinya managed wordpress hosting.

Nampaknya sampai menulis artikel ini belum menemukan wordpress hosting di Indonesia yang menawarkan hal tersebut. Jadi kebanyakan menawarkan wordpress dengan cpanel maupun plesk dan tambahan fitur seperti litespeed cache, wordpress akselerator, cloudlinux dan cloudflare. Untuk detailnya akan aku bahas di bawah ya!

Baru nemu master web yang ‘katanya’ menawarkan dashboard khusus untuk mengelola situs wordpres yang kita miliki. Namun sejauh apa dashboardnya? Belum bisa terjawab kalau belum langganan. Sementara ini aku mau berbagi rekomendasi wordpress hosting di Indonesia.

Daftar Penyedia WordPress Hosting di Indonesia

Setelah browsing dan mempelajari wordpress hosting di Indonesia, berikut daftar layanan wordpress hosting Indonesia yang masuk dalam pertimbanganku untuk ketika memilih hosting baru untuk salah satu blog wordpress yang aku miliki (sampai aku menulis ini, aku belum menentukan akan menggunakan wordpress hosting atau vps).

Master Web

Masterweb WordPress Hosting di Indonesia

Master web merupakan salah satu perusahaan hosting yang sudah cukup lama ada, bahkan aku dulu pernah menggunakan layanannya untuk salah satu situs paling rame yang pernah aku buat.

Layanan wordpress hosting di master web diberi nama WolfPress One, Two, Three, Four dan Five. Harga yang ditawarkan juga lumayan murah, yaitu mulai dari Rp25.000 per bulan dengan spesifikasi server yang menurutku cukup mumpuni.

Untuk paket termurah Rp25.000 per bulan sudah bisa dapat spesifikasi server Space 2 GB, RAM 1Gb, 2 Addon Domain. Sayangnya untuk paket ini kurang cocok untuk blogku yang sudah memiliki data sekitar 2Gb. Nggak ada space untuk bikin backup

Cek di Master Web

Niagahoster

Wordpress Hosting di Niagahoster

Niagahoster merupakan salah satu pemain baru yang berkembang sangat cepat dibanding pendahulunya yang lebih aku kenal. Iklannya bersliweran dimana-mana. Bahkan aku sempat mendapat beberapa sponsored post dari hosting satu ini.

Banyak yang merekomendasikan niagahoster entah sponsored maupun yang murni review. Sampai saat ini aku belum pernah menggunakan layanan Niagahoster sama sekali. Aku menemukan halaman wordpress hosting di niaga hoster.

Paket hosting wordpress paling murah adalah paket Bayi yang dibandrol dengan harga Rp10.000 per bulan dengan disk space sebesar 500MB. Tentu sangat kurang untuk memenuhi data situs yang aku kelola saat ini. Ada paket pelajar yang dibandrol dengan harga 40ribuan per bulan dengan unlimited disk dan paket personal yang didiskon menjadi tinggal 26ribuan per bulan dengan unlimited disk.

Cukup menarik awalnya, namun ketika aku menekan tombol fitur selengkapnya untuk mengetahui spesifikasi server aku diarahkan ke halaman cloud hosting biasa. Nah, lho? Sama aja dong? Berarti ini cuma nembak keyword wordpress hosting di Indonesia supaya muncul di halaman pencarian?

Ada fitur litespeed enterprise, wordpress accelerator, cloudlinux, dan ssd storage. Setelah bertanya ke CS, ternyata spesifikasi server untuk wordpress hosting sama dengan unlimited hosting yang mereka tawarkan. Lalu aku bertanya berapa RAM dan CPU yang dialokasikan untuk wordpress hosting, yaitu 1 core dengan 768 RAM. Sepertinya bakalan kurang untuk blog yang akan aku pindahkan .

Nggak tau kenapa waktu aku nulis ini, akses ke website resmi niagahoster super duper lemot. Mungkin mengalami hal yang sama dengan langganan hostingku :(.

Cek Niagahoster

IDWEBHOST

Wordpress Hosting di Idwebhost

Idwebhost merupakan perusahaan hosting pertama yang aku ketahui, bahkan untuk membeli domain aku dulu pergi ke kantornya yang ada di Jogja dan membayar secara cash. Namun reputasi layanan hosting dari idwebhost ini nggak terlalu baik, tapi pembelian domain cukup kompetitif dibandingkan kompetitor lainnya.

Harga paket paling murah untuk wordpress hosting (wordpress alto) yaitu Rp19.000 per bulan dengan spesifikasi unlimited disk 1Gb RAM dan CPU 0,5 core. Sepertinya bakalan kurang. Aku tadi sempat melirik paket WordPress Mezzo yang dibandrol dengan harga 40ribuan per bulan dengan spesifikasi unlimited disk space, CPU 1 Core, RAM 1Gb dan bisa digunakan sampai dengan 5 website.

Namun karena reputasi hostingnya kurang begitu baik aku mencari alternatif wordpress hosting di Indonesia yang lain.

Cek Idwebhost

Domainesia

Wordpress Hosting di Domainesia

Domainesia menawarkan wordpress hosting di Indonesia dengan paketan yang relatif mahal dibandingkan perusahaan hosting yang udah aku tulis di atas. Paket wordpress super dengan harga Rp32.000 per bulan hanya mendapatkan disk space sebesar 2Gb. Sedangkan untuk disk space 5Gb (Paket Monster) harganya Rp64.000 per bulan.

Fitur unggulan wordpres hosting di domainesia ada WordPress Akselerator. Dengan spesifikasi tersebut, aku rasa terbilang cukup mahal. Sehingga nggak aku masukkan ke dalam pertimbangan memilih hosting wordpress Indonesia yang sedang aku pilih

Dapatkan diskon 20% selamanya dengan kupon :panduajicom

Rumahweb

Wordpress Hosting di Rumahweb

Rumahweb merupakan salah satu perusahaan hosting yang cukup mumpuni dan cukup tua. Ada wordpress hosting yang sebenarnya menarik, namun dibandrol dengan harga yang cukup mahal sehingga tidak masuk dalam daftar hosting yang akan aku pertimbangkan.

Kapasitas hosting yang aku butuhkan apabila mengambil paket di Rumahweb paling tidak adalah 4 Cloudlet yang dibandrol dengan harga Rp125.000 per bulan. Dengan kapasitas 4Gb Disk Space, 2 Core CPU, 2GB RAM. Namun spesifikasi tersebut terlalu berlebihan (CPU dan RAM) untuk web dengan pengunjung harian di kisaran 800.

Tapi fitur yang ditawarkan cukup masuk akal dan sesuai dengan harga yang ditawarkan. Kamu bisa cek sendiri apabila ingin mempertimbangkannya.

Cek Rumahweb

Managed WordPress Hosting vs VPS

Setelah mencari berbagai informasi penyedia wordpress hosting di Indonesia, aku jadi mikir untuk menggunakan VPS saja. Karena selain harga yang lebih murah, aku bisa dengan bebas melakukan konfigurasi server sesuka hati. Hitung-hitung belajar mengelola dan melakukan optimasi situs dari sisi server yang selama ini tidak bisa dilakukan apabila menggunakan shared hosting.

Namun jika kamu nggak terbiasa menggunakan atau bahkan tidak mengetahui tentang pengelolaan server, ada baiknya menggunakan managed. Karena melakukan konfigurasi server merupakan PR besar. Beruntung ada teman yang mau membantu untuk mengamankan vps yang akan aku kelola sehingga selain bisa belajar tentang bagaimana mengelola vps dan mengamankannya.

Jadi mau memilih wordpress hosting di Indonesia? Atau mau pakai cloud hosting biasa? Atau malah mikirin pakai VPS? Terserah sih, mau pilih yang mana. Aku masih ada waktu beberapa bulan untuk memutuskan jadi pindah hosting atau nggak. hehe

Nelateni nganggur dengan menulis blog. Ikuti aku di Facebook, Instagram, Twitter maupun Linkedin

Artikel Terkait

Leave a Comment