Memperbaiki Read Only Pada Partisi Dual Boot Windows dan Linux

Promo Shopee Agustus

Pagi ini saya mendapatkan sebuah masalah, yaitu salah satu partisi pada komputer saya hanya bisa read only. Alias cuma bisa buka file tanpa bisa bikin file baru atau bahkan menyimpan file project yang ada di drive tersebut. Tentu ini sangat merepotkan, apalagi disk space di partisi tersebut masih ada sekitar 90an GB.

Permasalahan ini terjadi ketika disk tersebut diakses menggunakan sistem operasi linux mint yang merupakan sistem operasi utama yang saya gunakan. Saya mencari tahu bagaimana cara mengubah partisi read only duay dual boot windows dan linux mint supaya bisa saya gunakan lagi di linux mint.

Sumber Masalah

Sebelumnya saya juga pernah mengalami hal ini, penyebab utamanya adalah saya tidak melakukan shutting down dengan benar saat menggunakan windows. Terkadang shutting down windows memang memakan waktu yang cukup lama, karena gak sabaran kadang langsung saya matikan aja UPSnya.

Masalah barunya, saya nggak bisa ngakses windows saya, karena ada sesuatu masalah yang membuat saya nggak bisa login di windows dan belum sempat eksperimen untuk mencoba bagaimana cara memecahkannya.

Cara Mengatasi

Setelah browsing, saya menemukan cara mengatasinya di Ask Ubuntu. Berikut cara mengatasinya yang bisa kamu tiru.

  • Jalankan perintah sudo fdisk -l
  • Temukan partisi yang sedang statusnya read-only.
  • Dalam kasus saya, partisi yang read-only adalah /dev/nvme0n1p2
  • Unmount partisi tersebut
  • jalankan perintah sudo ntfsfix /dev/nvme0n1p2

Nelateni nganggur dengan menulis blog. Ikuti aku di Facebook, Instagram, Twitter maupun Linkedin

Leave a Comment

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.