Ini Modus Pembajakan Whatsapp yang Harus Kamu Tahu

Modus Hack Whatsapp

Belakangan banyak kasus pembajakan whatsapp yang cukup meresahkan, hal ini cukup berbahaya karena pembajakan ini bisa memberikan kerugian materi yang besar, karena whatsapp kita bisa digunakan oleh orang lain untuk berbagai macam kebutuhan.

Temanku kehilangan uang belasan juta beberapa waktu lalu ketika whatsappnya dibajak, karena akses ke whatsapp digunakan untuk mendapatkan kode otp masuk ke marketplace. Aku dulu pernah menggagalkan modus penipuan di marketplace yang melakukan permintaan kode otp.

Sebagai netijen, kamu harus mengetahui bagaimana modus pembajakan whatsapp ini sehingga suatu saat ketika mengalami percobaan pembajakan bisa menanggulangi sendiri. Jadi gak ada salahnya untuk share artikel ini di berbagai media sosial supaya teman-temanmu juga tahu.

Cara Penipu Membajak Whatsapp

Sebelum membahas cara menghindarinya, ini aku mau coba jelaskan bagaimana cara penipu ini membajak akun whatsapp milik kita.

  • Penipu mencoba login whatsapp dengan nomor handphone kita
  • Handphone akan mengirimkan SMS OTP ke nomor handphone kita
  • Penipu akan menghubungi kita (baik lewat telepon, sms, maupun wa) dengan berbagai macam alasan supaya kita mengirimkan kode OTP yang di sms ke nomor kita
    Dalam kasusku, dalam rangka salah kirim kode voucher indomaret ke nomor hpku. Aku belum pernah tau kode voucher game itu cuma 6 digit dan dikirim oleh Whatsapp (nomor resmi whatsapp).
  • Ketika mendapatkan kode otp tersebut, kamu akan dapat notifikasi Whatsapp Registration Code Requested.
  • JIKA, kamu memberikan screenshot/ kode angka yang merupakan kode untuk login, penipu akan masuk ke whatsapp dengan nomormu dan mencoba mengakses semua marketplace yang bisa login dengan nomor handphone dan mulai menguras isi saldomu.

Kurang lebih begitu cara kerja penipu yang suka membajak whatsapp. Jangan sampai kamu mengalami hal di atas. Bagaimana cara menghindarinya? Bisa baca terusan artikel di bawah ini ya

Cara Menghindari Pembajakan

Untuk menghindari pembajakan whatsapp, berikut beberapa hal yang harus kamu lakukan

  • Jangan memberikan kode OTP kepada siapapun tanpa kecuali. Kode OTP itu HANYA BUAT KAMU pemilik nomor. Bahkan apabila ada orang yang minta kode yang dikirim ke nomormu JANGAN PERNAH BERIKAN dengan alasan apapun.
  • Jangan mengangkat telepon dari nomor yang tidak dikenal! Terutama setelah menerima kode OTP. sangat mencurigakan! Takutnya mereka memiliki ilmu gendam yang bisa membuatmu memberikan kode OTP secara tidak sadar. Jadi jika mereka telepon jangan pernah angkat
  • Langsung block nomer yang meminta kode otpmu. biar dia enggak ngganggu terus menerus meminta akses kode otp.
  • Aktifkan Two-step verification dengan cara buka Settings > Account > Two Step Verification > Enable > isi pin > isi email.

Kronologi Percobaan Hack Whatsapp

Kebetulan malam ini aku mendapatkan percobaan pembajakan akun whatsapp. Berikut beberapa screenshot yang aku ambil ketika ada orang yang berusaha untuk hack akun whatsapp ku.

Ketika sedang asyik ngobrol bareng tim di Berdikari Studio, tetiba ada orang yang nelpon aku. Sudah jadi kebiasaan aku nggak angkat telepon dari nomor yang tidak dikenal. Akhirnya aku reject dan melihat handphone, ternyata muncul notifikasi seperti ini

Request Kode Whatsapp

Artinya pesan di atas kurang lebih

Permintaan kode pendaftaran whatsapp. Ada permintaan kode registrasi whatsapp untuk nomor handphone kamu. Jika kamu tidak melakukannya, jangan bagikan kode ini kepada siapapun.

Artinya, ada orang lain yang mencoba menggunakan nomor whatsappmu di handphone lain. Dia membutuhkan kode OTP yang dikirim melalui SMS ke nomor handphonemu untuk bisa masuk ke whatsapp. Ini merupakan metode verifikasi whatsapp untuk memastikan bahwa yang mendaftarkan nomor tersebut memang memiliki nomor tersebut.

Begitu mengetahui hal tersebut, aku coba cek whatsapp. Ternyata ada seseorang yang mengirimkan pesan dan mencoba menjelaskan bahwa ada kesalahan kirim voucher game. Ada baiknya baca sendiri bagaimana ia mencoba meyakinkanku bahwa ada kesalahan pengiriman kode voucher game yang dibeli di Indomaret

Ini Modus Pembajakan Whatsapp yang Harus Kamu Tahu 1

Dia berusaha menjelaskan hingga memelas bahwa tidak ikhlas dengan voucher gamenya. Selama ini aku nggak pernah tahu ada voucher game yang hanya terdiri dari 6 digit saja. Aku pun mengirimkan sticker yang mungkin dimengerti oleh orang jawa :)).

Dia masih berharap atau memang sedang playing victim. Intinya kalau ada permasalahan semacam ini. Jangan pernah memberikan kode OTP ke siapapun. Berikut penampakan sms kode OTPnya

Kode OTP Whatsapp

SMS dikirim dengan tulisan cina yang memang nggak aku mengerti. Ini salah satu cara yang cukup unik untuk mengelabuhi korban. Namun tetap saja mencurigakan, kenapa whatsapp mengirimkan kode voucher game ke nomor kita? Kurang kerjaan banget.

Mungkin dia mendaftar whatsapp menggunakan ip address di china sehingga kode otp dikirim menggunakan bahasa cina. Mungkin lho ya.

Intinya, apabila ada orang meminta kode yang dikirim ke nomor atau akun kita, jangan pernah berikan. Titik. Jangan dinegosiasikan apabila tidak ingin mengalami kerugian yang mungkin nggak pernah kamu ketahui sebelunya.

Ada pertanyaan? Langsung tulis di kolom komentar ya 🙂

Nelateni nganggur dengan menulis blog. Ikuti aku di Facebook, Instagram, Twitter maupun Linkedin

Artikel Terkait

[wp_show_posts id="427"]

2 thoughts on “Ini Modus Pembajakan Whatsapp yang Harus Kamu Tahu”

  1. Oya login Marketplace kan juga pakai kode OTP Mas. Khusus Tokopedia, permintaan kode OTP kok bisa terisi sendiri dan langsung login. Beda dengan login Gojek (misalnya) yang kita harus ngetik sendiri baru bisa login

    Gitu itu apakah ada indikasi bahaya seandainya HP kita digunakan orang lain?

    Reply
    • Iya mbak, makanya whatsapp jadi salah satu kunci masuk ke akun marketplace. Untuk OTP tokopedia otomatis terisi sendiri karena aplikasi memiliki izin untuk membaca SMS. Kalau nggak diberi izin ya nggak bisa ngisi otomatis mbak. Setiap app di hapeku, selalu aku review, bisa ngapain aja itu apps.

      Reply

Leave a Comment