Pakai SEO atau Google Ads? Lebih Bagus Mana?

SEO atau Google Ads?

Mas, enaknya pakai SEO atau Google Ads? Merupakan pertanyaan yang sering aku dapatkan dari teman-teman. Kebanyakan mereka yang tanya bingung tentang bagaimana memasarkan produk melalui website. Mana yang harus di lakukan terlebih dahulu?

Untuk menjawab pertanyaan SEO atau Google Ads, kita perlu melakukan memahami masing-masing kelemahan dan kekurangannya. Sehingga bisa menentukan prioritas yang di dahulukan. Mari kita lakukan perbandingan antara SEO dan Google Ads

Sebenarnya selain Google Ads, masih ada platform iklan search engine lain namun nggak begitu populer. Jadi pada kesempatan ini aku hanya akan membandingkan SEO dengan Google Ads.

Kelebihan dan Kelemahan SEO

SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optimization alias optimasi di mesin pencarian. Kita harus melakukan optimasi konten baik di dalam website (on page) atau di luar website (off page) untuk bisa muncul di halaman pertama pencarian.

Kelebihan

  • SEO bisa dibilang gratis apabila kamu memiliki kemampuan teknis untuk melakukan optimasi
  • Bertahan lama, dengan SEO website bisa muncul di halaman pertama pencarian dalam jangka waktu yang lama apabila kompetitor tidak melakukan optimasi dan tidak ada update signifikan dari alogaritma google. Kuncinya adalah konten yang bagus
  • Tingkat kepercayaan tinggi, orang lebih percaya pada website yang muncul di halaman pertama pencarian. Kalau dulu mungkin halaman ini dipenuhi dengan konten-konten sampah, namun google sudah berbenah cukup baik dan terus akan meningkatkan hasil pencariannya
  • Cocok untuk jangka panjang apabila kompetitor nggak ngeh bagaimana melakukan optimasi SEO. Karena tinggal dibiarkan aja orderan datang terus :)).

Kelemahan

  • Butuh waktu yang cukup lama untuk bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian. Biasanya mulai 3 – 6 bulan.
  • SEO itu Goib. Kadang kamu akan bingung kenapa tetiba bisa naik dan turun begitu bebas. Hanya mesin pencari yang mengetahui kenapa kita bisa naik dan turun begitu saja. Aku ada studi kasus bareng teman untuk satu kata kunci. Aku nulis, optimasi dan lupakan sedangkan teman yang juga mengerjakan kata kunci tersebut terus menerus mencoba melakukan optimasi. Tetapi apa yang aku tulis selalu berada di atas konten yang dia buat.

Kelebihan dan Kelemahan Google Ads

Google Ads merupakan platform iklan dari mesin pencari google dimana kamu bisa membayar sejumlah uang untuk muncul di halaman pertama google. Selain itu kamu juga bisa memasang iklan untuk website yang bekerjasama dengan google seperti panduaji.com ini

Kelebihan

  • Bisa muncul di halaman pertama google dalam hitungan menit bahkan setelah website di buat
  • Sangat cocok untuk mendapatkan penjualan secara langsung
  • Bisa melakukan targeting iklan untuk tayang di wilayah Jakarta maupun daerah lain

Kekurangan

  • Website hanya muncul apabila kita memiliki bujet untuk menampilkan iklannya

Mau SEO atau Google Ads Dulu?

Dengan sedikit penjelasan di atas apakah kamu sudah bisa menentukan mau optimasi SEO atau Google Ads dulu?

Kalau menurutku, jika website masih baru ada baiknya menggunakan Google Ads! Kenapa? Biar dagangan di website cepat laku! Apa iya kamu betah jualan selama 3 bulan tanpa ada orang yang beli?

Iya kalau dalam waktu 3 bulan website toko online yang kamu miliki bisa nangkring di halaman pertama pencarian, kamu bisa mendapatkan penjualan. Lha kalau belum? Kesuwen! Luwe bos! Jangan sampai kamu malas karena tidak mendapatkan penjualan sama sekali.

Fokus di optimasi iklan menggunakan Google Ads terlebih dahulu. Setelah mendapatkan penghasilan, kamu bisa mulai untuk melakukan optimasi pada konten yang ada di website sehingga perlahan toko online yang kamu buat bisa naik ke halaman pertama google.

Nanti apabila website toko online yang kamu miliki sudah mulai naik, kamu bisa mulai mengurangi bujet iklan yang selama ini kamu alokasikan sehingga dalam jangka waktu panjang kamu bisa mematikan google ads.

SEO dan Google Ads merupakan dua metode pemasaran yang memanfaatkan search engine sebagai medianya. Keduanya bisa berjalan beriringan dan saling melengkapi. Dalam beberapa kata kunci memang kamu harus tetap menggunakan google ads untuk iklan di search engine karena meskipun muncul di halaman pertama pencarian ada banyak website yang muncul di atasmu karena mereka memasang iklan di google.

Bagikan tulisan ini di

Leave a Comment