Review Pemakaian Redmi 8A Pro, Ponsel Terbaik di Kelas 1,5 Juta

Beberapa waktu lalu aku dapat kiriman handphone Redmi 8A Pro dari Smartfren. Handphone yang baru rilis pada April 2020 lalu kini sudah mendarat di Blitar. Setelah melakukan unboxing, ternyata sudah di bundling dengan perdana smartfren khusus Xiaomi dengan paket khusus juga. Terima kasih smartfren atas kiriman handphonenya!

Pada kesempatan ini aku mau mencoba mereview Redmi 8A Pro yang sudah aku pakai selama sebulan terakhir. Bagaimana performanya? Worthed nggak untuk dibeli?

Spesifikasi Redmi 8A Pro

Redmi 8A Pro versi Indonesia memiliki dua versi, yaitu RAM 2GB dengan ROM 32GB dan RAM 3GB dengan ROM 32GB. Perbedaannya hanya ada pada RAM. Berikut spesifikasi lengkap dari handphone ini

Harga Baru Rp1.499.000 (2GB)
Rp1.599.000 (3GB)
RilisApril 2020
Platform
ChipsetQualcomm SDM439 Snapdragon 439 (12 nm)
CPUOcta-core (4×1.95 GHz Cortex-A53 & 4×1.45 GHz Cortex A53)
GPUAdreno 505 650MHz
RAM2GB/3GB
Storage32GB
OSAndroid 9.0 (Pie), MIUI 11
Body
Dimensi156.5 x 75.4 x 9.4 mm
Berat188 g
Layar6.22 inches IPS LCD capacitive touchscreen
ProteksiCorning Gorilla Glass 5
BateraiNon-removable Li-Po 5000 mAh battery
Fast charging 18W
Reverse charging
WarnaSky White, Sea Blue, Midnight Grey
Kamera Depan
Single8 MP, f/2.0, 1/4″, 1.12µm
FiturHDR
Video1080p@30fps
Kamera Belakang
Dual13 MP, f/2.2, (wide), 1/3.1″, 1.12µm, PDAF
2 MP, f/2.4, (depth)
FiturLED flash, HDR, panorama
Video1080p@30fps
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
DukunganLTE-A
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go

Pada kesempatan ini aku akan mereview penggunaan untuk handphone dengan RAM 2GB. Buat teman-teman yang mau membeli Redmi 8A Pro ini, aku sarankan beli yang RAM 3GB saja. Selisihnya cuma 100 ribu kok.

Unboxing Redmi 8A Pro

Seperti biasanya, kalau ada handphone baru aku bakal mencoba bikin video unboxingnya biar ada tambahan video pada channel youtube yang aku miliki. Berikut video unboxing dari Redmi 8A Pro beberapa waktu lalu.

Dalam box Redmi 8A Pro, selain unit handphone ada charger dengan kabel usb type C, SIM Ejector, perdana smartfren khusus xiaomi, user manual dan kartu garansi.

Bundling Perdana Smartfren

Redmi 8A Pro Bundling Smartfren

Adanya perdana smartfren dalam pembelian Redmi 8A Pro ini cukup menarik buatku. Padahal di bagian luar smartphone tidak ada tanda-tanda kalau di dalamnya terdapat perdana smartfren, eh waktu unboxing jebule ada bonus yang cukup menggiurkan.

Bonus Perdana Khusus Xiaomi

FYI aja, perdana khusus Xiaomi ini tidak diperjual belikan, hanya ada dalam paket pembelian handphone xiaomi. Dimana kamu akan mendapatkan bonus kuota 15GB setiap bulan hanya dengan isi ulang saldo sebesar 50ribu. Itu pun nggak ngurangin saldo yang kamu isi. Bonus ini berlaku selama 24x yang bisa didapatkan setiap bulan sekali

Kuota 15GB ini terbagi dalam 2GB kuota utama, 3GB kuota chat dan 10 GB kuota malam. Selain itu kamu juga mendapatkan beberapa bonus lain seperti

  • Nelpon ke sesama smartfren sepuasnya
  • Nelpon ke operator lain selama 20 menit
  • Masa berlaku 14 hari
  • Gratis langganan VIU 90 hari
  • Gratis 1x ganti nomor smartfren di aplikasi MySmartfren

Paket Internet 50ribu

Ada paket internet menarik seharga 50ribu untuk pengguna perdana khusus xiaomi,

  • Kuota Utama 8GB
  • Kuota chat 2GB
  • Kuota Malam 10GB
  • Kuota 4G super video 2GB
  • Kuota 4G super video 4GB
  • Nelpon ke Smartfren Sepuasnya
  • Masa Berlaku 30 hari
  • Gratis langganan SmartMusic 30 hari

Paket Internet 75ribu

Ada paket internet menarik seharga 75ribu untuk pengguna perdana khusus xiaomi,

  • Kuota Utama 10GB
  • Kuota chat 3GB
  • Kuota Malam 25GB
  • Kuota 4G super video 4GB
  • Kuota 4G super video 4GB
  • Nelpon ke Smartfren Sepuasnya
  • Masa Berlaku 30 hari
  • Gratis langganan SmartMusic 30 hari

Test Speed Smartfren

Aku tinggal di pinggiran kota Blitar, beruntung sinyal smartfren di tempat tinggalku termasuk mudah. Di rumah aja 4G antara 3-4 bar. Aku pakai net velocity untuk test kecepatan internet dan dapat seperti gambar di bawah ini

Test Speed Smartfren di Kota Blitar

Ingat, hasil test speed di setiap daerah belum tentu sama. Ada banyak faktor yang mempengaruhi seperti kepadatan pengguna, lokasi dari BTS, cuaca, tipe perangkat dan beberapa faktor lain. Kondisi suhu gadget pun juga berpengaruh terhadap koneksi internet. Kalau panas, jaringan nggak stabil gaes.

Harga Redmi 8A PRO

TypeHarga
RAM 2GB / ROM 32 GBRp.1.499.000 di Blibli
Rp. 1.499.000 di Lazada
RAM 3GB / ROM 32 GBRp. 1.599.000 di Blibli
Rp. 1.599.000 di Lazada

Review Pemakaian

Kurang lebih aku memakai handphone ini selama sebulan. Meski bukan sebagai ponsel utama, ponsel ini aku gunakan untuk cs toko online untuk beberapa produk yang aku jual. Jadi nggak aku gunakan untuk main game sama sekali. Mungkin setelah beberapa bulan pemakaian tulisan ini akan aku update lagi. Berikut beberapa point yang aku review

Body yang Menyenangkan

Aku jatuh cinta dengan body dari Redmi 8A Pro ini karena pada bagian belakang ada semacam teksur sehingga ada grip ketika dipegan. Nggak perlu khawatir mrucut ketika dipegang menggunakan tangan. Apalagi warna midnight grey dengan nuansa pastel dan gradasi yang enak dipandang.

Sellain warna midnight grey, ada opsi warna lain yang bisa kamu pilih seperti sky white dan sea blue. Bagusan mana? Kalau pilihan warna sesuai selera sih.

Layar Lebar

Layar Redmi 8A Pro

Dengan layar 6,2″ yang cukup lebar sehingga nyaman untuk scrolling whatsapp dan membalas pesan ketika di jalan. Nggak nyangka aja, handphone dengan bujet 1,5 jutaan bisa memiliki layar yang cukup lebar. Bahkan selisih sedikit banget dengan Samsung Galaxy A50 yang selama ini aku pakai.

Belum ada kendala berarti dari layar yang baru dipakai sebulan terakhir ini. Jadi overall masih cukup nyaman sih. Aku nggak pasang tempered glass, karena sudah menggunakan corning gorilla glass 5.

Baterai Besar dan Fast Charging

Aku kaget ketika pertama kali mengetahui bahwa handphone ini dibekali dengan baterai 5000 mAh. Lebih besar dibanding handphone utamaku yang cuma 4000 mAh. Bayangin, bujet 1,5 juta udah dapat hape mumpuni dengan baterai yang besar.

Belum lagi fasilitas fast charging 18 watt yang di klaim bisa mengisi baterai sampai 80 persen dalam jangka waktu 30 menitan (kalau gak salah). Sayangnya aku belum bisa mencoba fitur ini, karena charger bawaan redmi ini cuma 10 watt.

Meskipun begitu, baterai handphone ini juga cukup hemat, Bahkan kadang aku gunakan untuk zoom conference dan voice call baterai masih bersisa cukup banyak. Selama sebulan penggunaan, paling dua – tiga hari sekali baru ngecas.

Aku cas sekitar pukul 1 siang sampai pukul 3 sore sudah 100%. Setelah itu aku gunakan telepon kurang lebih 50 menit pada pukul 7 malam. Status baterai masih tetap 100%. Padahal status baterai saver nggak on. Untuk ketahanan baterainya benar-benar luar biasa!

Kamera Utama

Jika dilihat dari harga jualnya, kamera belakang yang terdiri dari 13 MP dan 2 MP AI bisa dibilang cukup mumpuni. Apalagi dengan fitur AI yang bisa menyesuaikan hasil jepretan menjadi bokeh yang lebih natural dibanding pendahulunya yang alay banget.

Berikut beberapa penampakan kamera belakang dari ponsel Redmi 8A Pro ini. Untuk file hi-res bisa langsung klik fotonya ya. Karena yang aku tampilkan di blog ini menggunakan kompresi supaya blog lebih cepat dibuka.

Kamera Belakang Redmi 8A Pro

Aku suka dengan bokeh yang dihasilkan oleh AI kamera ini, enggak lebay jadi cakep bokehnya. Sayangnya gambar kurang tajam sehingga perlu editing tambahan untuk membuat gambar semakin ciamik.

Candi Penataran

Ini untuk mengambil foto wide di candi penataran, udah lumayan sih kalau mau buat status whatsapp maupun story di instagram. Meski sama-sama kurang tajam warna gambarnya.

Kamera di Tempat Gelap

Aku coba ambil gambar di kafe yang penerangannya kurang ciamik hasilnya juga nggak terlalu bagus sih. Klik gambar untuk hasil gambar asli tanpa proses kompresi.

Kamera Depan yang Jahat

Kamera depan Redmi 8A Pro

Kaget aja ketika mencoba kamera depan dari Redmi 8A Pro ini hasilnya cakep, ternyata secara default filter beautify dari aplikasi kamera ini sudah aktif. Jadi kalau kamu mau mendapatkan hasil jepretan yang jujur, kamu bisa mencoba menonaktifkan fitur ini.

Namun jika ingin menggunakan fitur ini, aku sarankan untuk mengatur settingannya. Kalau bisa filter default aja, jangan ditambahin karena benar-benar jahat. Namun kelihatan banget kalau foto itu hasil dari kamera jahat. Kurang natural

Bloatware Menyebalkan

Seperti pendahulunya, ponsel xiaomi selalu datang dengan aplikasi bawaan yang nggak penting buatku. Aplikasi bawaan ini biasanya dijuluki dengan nama bloatware. Untungnya, bloatware ini bisa di uninstall dengan mudah.

Beberapa bloatware yang aku hapus dari ponsel ini adalah Aliexpress, Lazada dan MIUI Forum. Sayangnya GetApps nggak bisa diuninstall padahal sudah ada playstore yang memiliki fungsi sama. Selain itu beberapa aplikasi bawaan xiaomi ini banyak menampilkan pop up notifikasi yang gak penting.

Buat kamu yang terganggu dengan notifikasi dari aplikasi dan ingin menonaktifkan, cukup klik dan tahan notifikasi tersebut dan disable notification dengan menekan tombol biru (apabila kamu masih menggunakan theme default).

Aplikasi yang aku disable diantaranya getapps, wallpaper carousel (yang aku disable juga buat lockscreen) dan themes. Nanti kalau ada aplikasi lain yang mengganggu pun akan aku disable :)).

System Launcher Crash

Aku mengalami beberapa kali system launcher crash ketika menggunakan ponsel ini. Sehingga aku nggak bisa ngapa-ngapain. Karena semua aplikasi freeze. Kecuali aplikasi yang sudah terbuka tetap bisa jalan, namun begitu kembali ke homescreen gak bisa pencet tombol apa-apa.

Satu-satunya solusi hanya menanti muncul pesan error, system launcher crash dan tekan tombol wait. Setelah itu normal lagi. Kalau nggak gitu ya coba restart lagi. Kalau nggak salah, masalah ini akhir nggak terulang lagi setelah mendapatkan update system launcher pada tanggal 2 Juni 2020. Oleh karena itu, penting untuk tetap update beberapa aplikasi esensial yang ada di ponsel. Sehingga permasalahan tersebut tidak kamu alami lagi.

Worthed Nggak?

Jika kamu mencari ponsel yang gak buat aneh-aneh alias biasa aja untuk mendukung bisnis, rasanya ini merupakan pilihan terbaik dengan bujet 1,5 jutaan. Dengan performa baterai yang luar biasa kamu bakalan bisa menggunakannya dalam jangka waktu lama. Kalaupun buat main game pun juga masih bisa kok.

Kamera juga sudah cukup baik jika dibandingkan pendahulunya Redmi 7A yang pernah aku pakai. Kamu bisa mengambil foto ketika siang dengan bokeh yang ciamik karena bantuan AI. Nggak lebay seperti pendahulunya yang kelihatan banget kalau editan / filter. Kalau malam ya gitu deh bisa dilihat sendiri dari file yang aku share di atas.

Dengan bujet 1,5 jutaan, Redmi 8A Pro ini merupakan ponsel terbaik di kelasnya. Punya pendapat tentang ponsel ini? Kamu bisa tulis di kolom komentar yang sudah aku sediakan 😉

Nelateni nganggur dengan menulis blog. Ikuti aku di Facebook, Instagram, Twitter maupun Linkedin

Artikel Terkait

[wp_show_posts id="427"]

Leave a Comment