Unboxing dan Review Samsung Galaxy A50

Review Samsung Galaxy A50
Review Samsung Galaxy A50

Setelah beberapa tahun terakhir aku menggunakan handphone dari Brand Xiaomi, pada akhirnya aku memutuskan untuk berpindah menggunakan merek Samsung. Setelah cukup lama memilih, aku pun memilih Samsung Galaxy A50 untuk menjadi smartphone baru yang sekarang aku gunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Buat kamu yang saat ini sedang bingung memikirkan mau membeli handphone apa, ada baiknya untuk membaca tulisanku tentang panduan memilih handphone yang sesuai dengan kebutuhan. Sayang kalau teknologi yang terlalu canggih itu terbuang percuma karena tidak kamu manfaatkan dengan baik.

Pada kesempatan ini aku mau berbagi cerita atau review Samsung Galaxy A50 yang beberapa waktu lalu aku beli. Tulisan review samsung Galaxy A50 yang ada di halaman ini berdasarkan pengalaman pribadi. Jad kalau ada kesalahan dalam penggunaan atau cara yang salah dalam pengaturannya, harap informasikan melalui kolom komentar yak!

Spesifikasi Samsung Galaxy A50

Samsung Galaxy A50 memiliki dua varian, yaitu RAM 4GB dan RAM 6GB. Berikut spesifikasi Samsung Galaxy A50 yang lengkap

HargaRp 3.630.000 (4GB/64)
Rp 4.410.000 (6GB/128)
RilisMaret 2019
Platform
ChipsetExynos 9610 Octa (10nm)
CPUOcta-core (4×2.3 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53)
GPUMali-G72 MP3
RAM4GB/6GB
Storage64GB/128GB (microSD up to 512GB)
OSAndroid 9.0 (Pie)
Bodi
Dimensi158.5 x 74.7 x 7.7 mm
Berat166 gram
LayarSuper AMOLED 6.4 inci (2340 x 1080 piksel), rasio 19.5:9
ProteksiCorning Gorilla Glass 3
BateraiNon-removable Li-Po 4000 mAh (Fast battery charging 15W)
WarnaBlack, White, Blue
Kamera Depan
Single25MP, f/2.0
FiturHDR
Video1080p@30fps
Kamera Belakang
Triple– 25MP, f/1.7, PDAF
– 8MP, f/2.2, 12mm (ultrawide)
– 5MP, f/2.2, depth sensor
FiturLED flash, panorama, HDR
Video1080p@30fps
Konektivitas
SIMDual-SIM (Nano + Nano)
JaringanGSM/HSPA/LTE
Dukungan4G LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
NFCYes (market dependent)
Portjack audio 3.5 mm
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector
Lainnya
RadioTBA
SensorFingerprint (under display), accelerometer, gyro, proximity, compass ANT+

Meski awalnya aku sempat bingung, pada akhirnya Aku membeli Samsung Galaxy A50 yang versi ROM 64 GB dan RAM 4GB untuk menggantikan MI A1 yang satu tahun belakangan ini aku gunakan.

Unboxing Samsung Galaxy A50

Sebelum melakukan review Samsung Galaxy A50, hal pertama ketika paket pengiriman handphone sampai di rumah adalah melakukan unboxing Samsung Galaxy A50. Berikut penampakan item yang tersedia dalam paketan Samsung Galaxy A50.

Unboxing dan Review Samsung Galaxy A50 1
Pembelian Samsung Galaxy A50

Dalam paket pembelian Samsung Galaxy A50, sama seperti handphone pada umumnya. Ada unit handphone, buku panduan (garansi ada dalam buku panduan), handsfree, dan kabel charger usb type C dan kepala charger.

Review Samsung Galaxy A50

Review Samsung Galaxy A50
Kesan pertama menggunakan Samsung Galaxy A50

Kesan pertama tangan terasa penuh ketika memegang hp samsung galaxy A50, karena menggunakan layar 6,4 inchi. Maklum, hape android yang lama cuma sekitar 5,5 inchi saja. Jadi belum terbiasa. Karena baru, hape ini berasa agak licin jadi agak takut jatuh ketika aku bawa. Meskipun begitu, ketika dipegang rasanya nyaman di tangan. Berikut Review Samsung Galaxy A50 selama aku menggunakannya. Review Samsung Galaxy A50 ini akan aku update secara berkala.

Colokan Kabel di Kepala Charger

Kepala Charger Samsung Galaxy A50

Aku mendadak benci ketika melihat charger dari Samsung Galaxy A50 ini. Bukan karena warnanya yang hitam maupun USB Type C yang tersemat di dalamnya. Melainkan colokannya berada di samping. Hal ini membuat cukup susah untuk di charge dalam terminal yang mengharuskan charger dicolokin di bagian paling pinggir. Merusak tatanan kabel yang selama ini sudah aku atur sedemikian rupa di meja kerja. Duh

Kalau di perangkat Xiaomi yang aku gunakan sebelumnya, colokan berada di sisi atas sehingga mempermudah penggunaannya dimanapun berada. Tidak harus berada di colokan terminal paling pinggir.

Terlalu Banyak Bloatware Samsung

Aku cukup kaget ketika akhirnya berhasil masuk dan proses restore data dari backupan handphone lama. Ada banyak banget aplikasi yang sudah terpasang di Samsung Galaxy A50 ini. Aplikasi bawaan yang sebenernya nggak penting buatku ini sayangnya nggak bisa diuninstall, hanya bisa sebatas di disable.

Beberapa aplikasi yang menurutku nggak penting untuk diipasang di perangkat ini adalah Linkedin, One Drive, Autofill Samsung Pass, Galaxy Store (buatku playstore udah lebih dari cukup, dan ini gak bisa di disable), Office Mobile, Samsung Billing, Samsung Cloud, Samsung Pay, Find My Mobile, dan masih banyak lagi aplikasi bloatware bawaan samsung.

Aplikasi bawaan samsung ini sebenarnya sama saja dengan aplikasi bawaan google, dengan adanya bloatware ini handphone jadi kerja dua kali untuk fungsi yang sama. Mungkin terlalu banyaknya aplikasi ini membuat proses pencarian aplikasi menggunakan finder yang ada di Samsung Galaxy A50 ini cukup lambat.

Kamera Bagus Saat Terang, Ancur Saat Kurang Cahaya

foto samsung galaxy a50
mencoba ambil foto senja dengan kamera Samsung Galaxy A50

Samsung Galaxy A50 menggunakan setidaknya 3 kamera pada bagian belakang yang masing-masing 25.0 MP + 5.0 MP + 8.0 MP yang menurutku cukup bagus untuk untuk mengambil foto di tempat yang terang. Ada banyak pilihan menu kamera yang cukup membingungkan buatku, yaitu Panorama, Pro, Live Focus, dan Photo.

Mode Photo merupakan mode standard dengan autofocus yang bisa dengan mudah dipindahkan. Sedangkan Panorama merupakan fitur untuk mengambil foto parorama. Pro merupakan mode kamera manual yang kita bisa dengan mudah mengatur berbagai macam pengaturan. Sayangnya di Samsung Galaxy A50 ini cuma ada pengaturan ISO, White Balance dan Exposure Compensation.

Jika ingin mendapatkan foto terbaik dengan hp samsung galaxy A50, gunakan rasio 4:3H yang menggunakan kamera utama beresolusi 25MP, sayangnya apabila menggunakan fitur ini fitur HDR tidak tersedia. Jika menggunakan 16:9 gambar tak begitu bagus.

Unboxing dan Review Samsung Galaxy A50 2
Foto siang hari. Hi res tanpa kompresi klik sini

Awalnya aku berekspektasi bagus ketika menggunakan kamera ini di tempat yang gelap, secara ada tiga kamera di bagian belakang. Jebul, ternyata foto di tempat gelap kurang memuaskan.

Berikut hasil foto ketika malam dengan penerangan cahaya lampu philips spiral 20 watt yang berada di ketinggian 3 meter dari lantai. Tinggi meja 1 meter dari lantai.

Foto Malam Samsung Galaxy A50
Foto malam hari. hi res tanpa kompresi klik sini

Setelah browsing di beberapa forum internasional, dan membaca Review Samsung Galaxy A50 aku menemukan bahwa camera 2 API tidak tersedia di perangkat ini. Yang artinya kita taidak bisa menggunakan GCam untuk perangkat ini. Kalaupun bisa, tidak semua fitur bisa digunakan, beberapa fitur yang belum bisa digunakan oleh GCam antara lain adalah mode Portrait dan Night Mode.

Untuk yang ingin mengambil video dengan resolusi 4K sebenarnya sudah bisa, namun entah kenapa di aplikasi bawaannya itu nggak bisa. Jadi ada baiknya menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga yang bisa digunakan untuk merekam video 4K dengan 30 fps.

Tidak Panas untuk Main Game

PUBG merupakan game yang aku install dan mainkan dengan handphone ini, performanya bisa dibilang cukup bagus. Framerate tinggi dan tidak lag. Shadow pun keluar sehingga gambar yang dihasilkan juga cukup mumpuni. Satu lagi, handphone tidak panas meski untuk main PUBG beberapa pertandingan. 1Mungkin ini salah satu nilai lebih dari Samsung Galaxy A50 yang menggunakan GPU Mali-G72 MP3.

Saat ini aku menggunakan pengaturan grafik Balanced dan frame rate high untuk main PUBG. Penggunaan framerate ultra pun mendukung, hanya terkadang ada delay ketika melompati jendela untuk masuk ke rumah. Jadi kurang responsif. Bisa mati kalau di dalam rumah ada musuh yang menunggu.

Selain main PUBG, aku juga main Mobile Legends. Tidak ada masalah yang berarti ketika bermain ML ini. Sayangnya pilihan high frame rate tidak tersedia di Mobile Legends. Eman ya? Padahal dengan performa yang ada, harusnya bisa menggunakan frame rate yang tinggi.

Baterai Cukup Hemat

Kendati untuk bermain game cukup sering karena ini bulan Ramadan, performa baterainya pun cukup bagus menurutku. Tidak cepat habis meski digunakan untuk bermain game. Meski belum pernah nyoba berapa lama pastinya penggunaan baterai di perangkat ini. Nanti sambil jalan aku akan coba seberapa lama kekuatan penggunaan baterai ini.

Baterai dengan kapasitas 4000 Mah ini selain hemat juga bisa dicas dengan ceppat menggunakan charge 15w bawaan original Samsung. Jangan sampai kabel charger tertukar dengan milik temanmu yang bisa jadi lebih lambat untuk mengisi daya ponsel samsung galaxy a50 ini.

Dual Messenger Samsung Galaxy A50

Dual Messenger Samsung Galaxy A50

Aku suka dengan fitur Dual Messenger yang secara default terpasang di Samsung Galaxy A50. Kita bisa dengan mudah melakukan cloning pada aplikasi chat seperti whatsapp, facebook maupun LINE. Sayangnya tidak semua aplikasi chat bisa diduplikat menggunakan fitur ini namun sudah cukup membantu untuk menunjang dua whatsapp yang aku butuhkan.

Kita juga bisa memisahkan kontak whatsapp satu dengan satunya. Karena memang satu whatsapp memang untuk transaksi jual beli secara online. Apalagi bisa melakukan backup dan restore dengan email yang berbeda. Duh, untung banget transaksi sebelum sebelumnya udah aku backup sehingga dengan pindah handphone semuanya lancar-lancar saja. Sampai sejauh ini tidak ada masalah berarti dari adanya dual messenger di whatsapp ini.

Sayangnya instagram tidak menjadi salah satu aplikasi yang bisa di dual. Padahal aku butuh untuk memanage lebih dari 5 akun instagram. Nggak muat kalau hanya menggunakan 1 aplikasi instagram, karena maksimal 5 akun.

Finger Print Samsung Galaxy A50

Fingerprint Review Samsung Galaxy A50

Sensor finger print di Samsung Galaxy A50 ini berada dalam layar bagian bawah layar handphone, jempol merupakan jari yang paling mudah untuk mengakses finger print ini. Akan muncul gambar sidik jari ketika kita kita menyentuh layar yang terkunci. Yang mana bisa menggunakan jari yang sudah didaftarkan untuk membuka kunci.

Berhubung sensor sidik jari berada di layar, menurutku kurang nyaman untuk meletakkan jari yang terdaftar ketika membuka kunci. Kadang peletakan jarinya kurang pas, berdasarkan pengalamanku lebih cepat pakai pattern dibandingkan menggunakan sidik jari. Belum kalau peletakan jarinya nggak pas. Namun kalau udah terbiasa sepertinya akan gampang kok meletakkan jari. Mung durung kulino wae. Jempol merupakan jari paling tepat untuk penggunaan sidik jari di Samsung Galaxy A50.

Harga Samsung Galaxy A50

Harga Samsung Galaxy A50 sangat beragam, nah panduaji.com telah mencoba memilah beberapa penjual online dengan harga terbaik dan terpercaya. Berikut daftar harga samsung galaxy A50 di berbagai macam toko online terpercaya, bahkan beberapa toko online merupakan toko resmi dari Samsung.

TypeHarga
RAM 4GB / ROM 64 GBRp. 3.384.000 di Blibli
Rp. 3.469.000 di Lazada
Rp 3.630.000 di Bukalapak
Rp. 3.699.000 di Bhinneka
Rp. 3.799.000 di Erafone
RAM 6GB / ROM 128 GBRp. 4.155.000 di Blibli
Rp. 4.199.000 di Lazada
Rp. 4.409.000 di Bukalapak
Rp. 4.499.000 di Bhinneka
Rp. 4.499.000 di Erafone

Sebelum memutuskan, ada baiknya cek satu persatu di website tersebut. Bisa saja yang terlihat mahal itu ada bonus yang cukup menggiurkan. Belum lagi kalau sedang ada promo cashback maupun promo gratis ongkir. Lebih bijak apabila tidak melihat nominalnya, namun melihat promo yang disediakan oleh toko online tersebut. Harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu, jadi alangkah baiknya bisa cek secara berkala yak!

Masalah Pada Samsung Galaxy A50

Setelah menggunakan samasung galaxy A50 selama satu bulan, mulai muncul beberapa masalah yang aku sendiri nggak tahu kenapa. Berikut beberapa masalah yang muncul di perangkat Samsung Galaxy A50

HP Samsung Galaxy A50 Tiba-Tiba Mati

Pagi ini aku pergi keluar rumah, tetiba waktu mau cek hape layar handphone mati. Aku coba touchscreen hingga menekan tombol power pun tidak ada perubahan yang berarti. Namun anehnya, dengan kondisi layar yang mati kok handphonenya agak hangat ? Ini menandakan bahwasanya sebenarnya handphone tidak mati alias nyala.

Aku coba telepon ke nomor handphone yang ada di hp samsung, telepon tersambung namun tidak ada notifikasi apapun pada layar. Layar tetap mati, bahkan tidak ada suara maupun getaran yang menandakan sedang ada telepon. Padahal kondisi handphone tidak sedang mode silent.

Setelah browsing, begini cara mengembalikan hp samsung galaxy A50 yang tiba-tiba mati

  • Tekan tombol volume atas, bawah dan tombol power bersamaan dalam waktu yang agak lama sampai layar menyala lagi.

Sampai saat ini aku kurang tahu apa yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi. Semoga saja tidak mengalami hal ini di lain kesempatan

Kesimpulan Setelah Review Samsung Galaxy A50

Kesimpulan ini ditulis setalah sekitar satu minggu menggunakan samsung galaxy A50 untuk kegiatan sehari-hari di bulan Mei 2019. Tidak menutup kemungkinan kesimpulan dan artikel ini akan di update secara berkala yang nantinya akan aku buatkan semacam changelog untuk tiap updatenya. Berikut review samsung galaxy A50 yang baru dicoba selama seminggu

Dulu di awal pemakaian sebenarnya sempat kecewa dengan kualitas kameranya, namun saat ini aku sudah cukup puas dengan hasil kameranya. Apalagi ketika siang hari.

Selain kamera, yang aku sayangkan adalah bloatware Samsung yang saling tumpang tindih dengan aplikasi bawaan google. Mungkin karena restore dari handphone lama ke Samsung Galaxy A50 ini membawa beberapa aplikasi bawaan google, membuat aplikasi dengan fungsi sama di handphone ini saling tumpang tindih, adapun aplikasi yang saling tumpang tindih diantaranya adalah Kontak (google dan samsung), Find My Device bawaan Google dengan Find My Mobile bawan Samsung dan Galaxy Store yang mirip banget sama Google Playstore,

Dibalik beberapa hal yang aku keluhkan, ada beberapa hal yang membuatku senang, yaitu sensasi mememgang layar 6 inch ini bisa dibilang pas. Nggak terlalu besar juga sehingga cukup nyaman untuk dibawa. Performa baterai dan layar sangat mumpuni untuk menunjang pekerjaan sehari-hari.

Semoga bisa awet menggunakan perangkat Samsung Galaxy A50 ini sehingga nggak perlu gonta-ganti hape dan backup restore data terus. Kan nggak jadi kerja kalau gitu. Kecuali kalau kamu mau ngirimi unit handphone baru secara cuma-cuma yang lebih baik dan bisa menunjang pekerjaanku. Mana bisa aku menolaknya? Wakakakkakaka

Punya pendapat lain tentang Review Samsung Galaxy A50 ini? Tulis di kolom komentar yhaaa ~~~

Review Samsung Galaxy A50, HP Android 3 jutaan
Unboxing dan Review Samsung Galaxy A50 3

Samsung Galaxy A50 merupakan smartphone kelas menengah terbaik dari samsung saat ini. Harga 3jutan dengan spesifikasi yang menarik. Performa grafis, daya tahan baterai dan layarnya sudah cukup baik namun tidak bisa menutupi kekurangan performa kamera ketika low light tidak begitu bagus.

Editor's Rating:
4.2
Bagikan tulisan ini di

Leave a Comment