Tips & Panduan Memilih Handphone Sesuai Kebutuhan

Memilih Handphone Sesuai Kebutuhan
Memilih Handphone Sesuai Kebutuhan

Memilih handphone sesuai kebutuhan menurutku merupakan sebuah keharusan, mengingat belakangan banyak model ponsel baru yang menawarkan beragam fitur yang menggiurkan dengan harga yang relatif terjangkau.

Beberapa tahun terakhir aku benar-benar kalap, beberapa kali membeli handphone yang bahkan seharusnya nggak perlu aku beli karena handphone yang aku miliki sudah lebih dari cukup. Bayangin aja, dalam satu waktu aku pernah memiliki handphone Redmi Note 3 Pro, Redmi Note 4 Pro, Asus Zenfone 3 Max dan MI A1. Bahkan selain itu aku masih memiliki beberapa handphone jadul seperti Iphone 4 dan Motorola Moto G. Udah kayak counter handphone second kan?

Akhirnya beberapa handphone tersebut aku jual buat bayar cicilan biar rumah nggak kaya counter handphone. Salah satu pertimbangan segera dijual adalah biar masih laku waktu dijual karena teknologinya belum ketinggalan. Jangan sampai seperti iphone 4 yang sekarang udah nggak laku dijual, karena cuma bisa di upgrade sampai iOS 7, sedangkan untuk berbagai macam aplikasi di iOS saat ini mengharuskan perangkat di iOS 8 ke atas.

Berikut beberapa tips dan cara memilih handphone sesuai dengan kebutuhan.

Ketahui Apa Kebutuhanmu

Sebelum membeli sebuah handphone, kamu perlu mengetahui apa yang kamu butuhkan dari handphone. Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda untuk penggunaan handphone, terutama untuk menunjang pekerjannya.

Aku saat ini bekerja sebagai social media specialist yang mengelola beberapa akun bisnis di sosial media membutuhkan perangkat yang dapat menjalankan beberapa aplikasi sosial media secara bersamaan. Selain itu juga dapat mengolah konten sosial media langsung (aplikasi editing foto, syukur kalau bisa video)

Baca : Review Mifi S1 Smartfren

Selain itu sebagai penjual online, aku juga membutuhkan handphone yang handal untuk multitasking seperti memakai berbagai aplikasi chat secara bersamaan. Kamera juga salah satu fitur yang perlu dipertimbangkan sih untuk menunjang hal-hal tersebut.

Dari situ kita bisa break down spesifikasi handphone yang dibutuhkan. Kurang lebih berikut spesifikasi handphone yang dibutuhkan

  • Prosesor yang cukup handal untuk menangani multitasking sehingga semua proses bisa terlayani dengan baik. Mungkin kecepatan prosesor di atas 2 Ghz mumpuni untuk ini. Dua prosesor populer untuk perangkat mobile adalah snapdragon dan mediatek (xiaomi)
  • RAM pun butuh yang cukup besar. Pilihan yang tersedia saat ini sekitar 3Gb atau 4Gb dengan harga handphone yang cukup ramah untuk kantong
  • Media Penyimpanan yang besar merupakan sebuah keharusan. Mengingat data chat dan gambar akan mendominasi isi dari perangkat. Jadi 64Gb merupakan salah satu minimal space yang harus terpenuhi buatku. Karena 32Gb itu sudah penuh banget hanya untuk sistem dan aplikasi-aplikasinya. Apalagi kalau butuh install PUBG Mobile yang cukup gede :)). Aku males buat pakai memori external, karena dual SIM Card yang populer saat ini adalah hybrid. Kamu bisa memilih pakai dual SIM Card atau satu SIM card dengan memori external? Kalau aku sih memilih untuk menggunakan dual SIM Card.
  • Kamera merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan menurutku. Jangan berpatokan dengan semakin besar megapixel akan semakin baik hasilnya. Enggak! Coba aja lihat hasil foto dari para reviewer tentang kamera handphone tersebut. Langsung aja bandingkan apakah hasil foto seperti itu sudah cukup dengan kebutuhanmu?
  • Sistem Operasi bukan merupakan salah satu faktor yang menurutku harus dipertimbangkan. Paling kalau nggak Android ya pakai iOS.
  • Besarnya layar juga bukan salah satu faktor yang aku pertimbangkan. Handphone saat ini ada di kisaran 6inch. Sudah cukup buatku. Nggak mau yang terlalu gede, kaya telenan.

Berapa Budget Beli Handphone?

Budget pembelian handphone memang harus ditentukan terlebih dahulu. Karena kalau menuruti spesifikasi yang dibutuhkan, budget beli handphone ini akan naik terus. Bahkan bisa jadi naik dua kali lipat dari budget yang kita miliki untuk membeli handphone baru.

Sampai saat ini, harga handphone paling mahal yang pernah aku beli adalah 3 Juta Rupiah. Aku belum pernah beli handphone dengan harga yang lebih mahal. Jadi kalau kamu mau mengirimi hape dengan cuma-cuma, tentu aku akan sangat senang untuk menerimanya apalagi kalau bisa memenuhi kebutuhanku :D.

Setelah menentukan spesifikasi yang ada, tentukan budget kemudian coba cari merk dan type handphone yang harganya di bawah budget yang sudah kita tentukan sebelumnya. Budget cuma satu jutaan, jangan pernah ngimpi untuk beli iphone yang terbaru yak :D.

Banyak teman yang bertanya padaku, enaknya ganti handphone apa ya? Hal pertama yang aku tanyakan pasti tentang berapa uang yang kamu miliki untuk membeli handphone. Kalau nggak mau jawab, aku saranin aja buat beli iphone terbaru. Eh, malah misuh-mish. Padahal kan bagus :))

Baca Review Seputar Handphone

Jika sudah memilih handphone yang sesuai kebutuhan dan budget, jangan langsung beli. Coba deh baca review seputar handphone tersebut di berbagai forum yang ada. Kalau produk global, biasanya aku baca di amazon. Pertimbangkan apa kelemahan yang ada dari perangkat tersebut, apakah mempengaruhi secara signifikan akan hal-hal dasar yang menjadi kebutuhanmu membeli handphone tersebut.

Misalnya prosesor mediatek yang katanya panas, mungkin akan mempengaruhi performa dari perangkat handphone dalam jangka waktu yang lama. Sinyal 4G yang hilang merupakan salah satu hal yang aku sesali dari membeli Redminote 3 Pro. Meskipun bisa diakali, namun ya tetap saja bikin nggak tenang ketika tetiba kepencet update. Hilang lagi deh sinyal 4Gnya.

Ada banyak data brenchmark dari sebuah handphone yang biasanya dibagikan oleh para reviewer handphone. Aku saat ini nggak terlalu ngeh dengan benchmark tersebut. Jadi nggak terlalu mikirin perbandingan brenchmark. Aku nggak pernah baca angka-angka benchmark untuk menentukan handphone yang akan aku beli, karena menurutku bikin pilihan jadi semakin ruwet.

Aku Sebagai pengguna handphone yang awam untuk masalah teknis handphone, nggak mau terlalu mumet mikirin benchmark dan tetek bengeknya. Ibarat beli sepeda motor, apa iya mau baca benchmarknya? Cukup tahu harga, CC, dan lihat body sudah cukup untuk memutuskan jadi beli motor tersebut apa enggak. Kadang kita sendiri yang mempersulit pilihan yang sebenarnya mudah.

Sudah Bisa Memilih Handphone Sesuai Kebutuhan?

Jadi bagaimana? Apakah kamu sudah bisa memilih handphone sesuai kebutuhan? Kalau aku sih biasanya mempertimbangkan beberapa aspek di atas. Dengan memilih handphone yang sesuai kebutuhan, nggak ada teknologi yang terbuang dengan percuma gitu. Kan sayang, kalau hape iphone bagus-bagus cuma buat whatsapp an aja.

Tapi ya kembali ke masing-masing individunya. Mau beli handphone yang bagaimana. Seperti temanku yang beli laptop seharga belasan juta eh ternyata cuma buat nulis word aja. Kan ada banyak teknologi yang terbuang percuma. Beli laptop 5 jutaan kan sudah lebih dari cukup kalau cuma buat menulis tugas kuliah di word.

Semoga setelah membaca tulisan tentang cara memilih handphone sesuai kebutuhan kamu bisa menentukan dengan mudah handphone yang benar-benar bisa menunjang kegiatanmu sehari-hari. Jika ada pertanyaan atau ada yang mau di diskusikan, silakan tulis di kolom komentar di bawah.

Bagikan tulisan ini di

Leave a Comment