Review Kecepatan Internet Smartfren di Blitar

Dua tahun lebih sudah memakai Smartfren sebagai provider internet ketika mobile di Blitar dan sekitarnya. Pada kesempatan ini aku mau mencoba mereview kecepatan Internet Smartfren yang aku gunakan di Blitar dan sekitarnya.

Selama dua tahun terakhir ini aku menggunakan Smartfren sebagai kartu internet utama yang terpasang pada perangkat Mifi M6. Aku gunakan sebagai penunjang internet di handphone maupun laptop ketika mobile keliling beberapa wilayah di Blitar maupun luar kota. Kenapa pakai Mifi? Kamu bisa baca tulisanku tentang pasang wifi atau beli mifi,

Paket Internet

Speed Test Smartfren

Paket internet yang saya gunakan setiap bulan bisa saja berbeda. Tergantung seberapa sering saya pergi ke luar. Saya biasanya membeli voucher data super 4G (lama) kalau nggak gitu ya yang Kuota Nonstop (baru)

Sedangkan nominalnya sama aja sih. Kalau sering bepergian ke luar kota saya akan membeli yang harganya 100ribu. Kalau voucher data super 4G dapat kuota 60GB (30Gb Malam, 30Gb Siang). Kalau Kuota Nontsop dapatnya 30Gb plus tambahan 2Gb/ minggunya.

Kalau nggak ada agenda keluar kota, saya cukup membeli paket internet yang dibandrol dengan harga sekitar 60an ribu (kalau kuotanonstop dapat 18Gb + 8. Kalau data super 4G dapat 15Gb siang + 15Gb Malam). Sudah lebih dari cukup untuk mobile di wilayah Blitar dan sekitarnya.

Kenapa nggak pakai yang unlimited? Karena saya menggunakan internet di Mifi yang notabene nggak bisa dipasangi kartu unlimited. Yaudah nggak saya pakai. Lagian saya nggak bisa dibatasi dengan FUP harian sih. Jangan sampai waktu kerja malam hari ternyata FUP hariannya habis. Gak bisa kerja bund!

Sinyal Smartfren

Kualitas sinyal smartfren di wilayah Blitar (terutama di tempat-tempat yang sering saya datangi) sudah cukup baik. Untuk menjawab pertanyaan beberapa teman tentang no pic = hoax. Berikut beberapa bukti bahwa kecepatan internet smartfren yang saya tangkap menggunakan aplikasi NetVelocity di beberapa wilayah di Blitar

Kecepatan Internet Smartfren di Rumah
Kecepatan internet malam di rumah pakai speedtest

Pada speed test di atas, saya menggunakan perangkat Mifi M6 dan handphone Samsung Galaxy A50 di rumah ketika malam hari. Perbandingan download dan upload bisa dibilang 1:1. Cocok banget buat upload video.

Selain itu, waktu main ke tempat teman di dekat alun-alun Blitar saya juga sempat coba speedtest menggunakan aplikasi net velocity dapat kecepatan seperti di bawah ini

Speed Test Smartfren di Kota Blitar

Di titik yang sama ketika malam hari kencang, belum tentu akan kencang di siang hari. Karena ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi kecepatan internet. Seperti cuaca, jumlah user dalam radius tertentu, tipe perangkat, dan masih banyak lagi

Apabila kamu mendapati gangguan sinyal smartfren di daerahmu, Kamu bisa lho lapor melalui jalur orang dalam via hotline smartfren community, biar bisa dibantu untuk scale up ke tim network jaringan sehingga masalah sinyal di daerahmu bisa lebih cepat teratasi.

Nyaman Nggak?

Overall sudah cukup puas sih dengan jaringan smartfren di wilayah Blitar. Karena sudah cukup bagus di daerah-daerah yang sering aku datangi. Sehingga tidak mengganggu mobilitas ketika bepergian ke luar rumah. Kebetulan di rumah pun jaringannya juga sudah cukup bagus.

Ketika ada pemadaman listrik di rumah, perangkat Mifi M6 masih bisa buat internetan lancar di 5 perangkat secara bersamaan. Meski ada batasan nggak bisa download file gede dengan super duper cepat karena dibagi banyak orang :))

Ini pengalaman menggunakan smartfren selama dua tahun lebih di Blitar dan sekitarnya. Bagaimana kondisi penggunaan smartfren di tempatmu?

Nelateni nganggur dengan menulis blog. Ikuti aku di Facebook, Instagram, Twitter maupun Linkedin

Artikel Terkait

Leave a Comment