5 Cara Dapat Uang dari Blog

Banyak teman yang bertanya kepadaku tentang bagaimana cara dapat uang dari blog? Bisa nggak? Jawabannya adalah sangat bisa! Bagaimana caranya? Nah, itulah yang akan aku bahas pada tulisan kali ini.

Namun sebelum membahas tentang cara mendapatkan uang dari blog, Aku mau cerita dulu tentang beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk mendapatkan uang dari blog. Ya, karena tidak serta merta setelah berhasil mempraktekkan cara membuat blog yang bagus kamu bisa langsung mendapat uang, tidak semudah itu ferguso!

Beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum mendapatkan uang dari blog diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Seberapa populernya websitemu di internet? Ini akan berpengaruh. Karena kalau blogmu nggak begitu populer di jagat maya gimana mau dapet duit? Mirip sama selebgram lah, semakin banyak followernya semakin banyak juga penghasilan yang bisa didapatkan. Karena potensi penghasilan dari blog bisa sampai ratusan juta. Indikator kepopuleran ini bisa kamu lihat menggunakan MOZ maupun Alexa.
  2. Seberapa banyak pengunjung blog yang sudah kamu buat? Kalau dalam sehari yang mengunjungi kurang dari 50 orang, siapa yang bakal rela ngasih duit ke kamu sebagai blogger? Meskipun blog cukup populer, namun pengunjung tak seberapa banyak masih bisa dimaklumi karena sudah cukup untuk mesin pencari.
  3. Seberapa lama usia dari blog yang kamu kelola? Ibarat bayi, kalau masih kecil juga belum bisa dibuat cari uang. Aku pernah membuat blog, paling cepat dua bulan baru bisa menghasilkan uang. Itupun dengan kerja keras posting artikel setiap hari selama dua bulan berturut-turut. Tanpa Jeda! Kamu siap?
  4. Apa kategori blogmu? Sebenarnya ini penting ketika kamu membicarakan tujuan ngeblog. Karena ini sebenarnya cukup panjang jika dijabarikan, nanti akan aku tulis tentang persiapan membuat blog untuk mencari uang.

Empat hal di atas saja yang perlu kamu pertimbangkan dulu di awal sebelum mengidam-idamkan dapat uang dari blog, apalagi kalau sampai dollar. Sekarang langsung masuk ke inti tulisan kali ini, bagaimana cara dapat uang dari blog?

Sponsored post atau postingan berbayar merupakan salah cara dapat uang dari blog yang cukup menggiurkan. Kamu bisa dapat uang mulai dari seratus ribu untuk satu artikel di blogmu. Tarif untuk setiap postingan blog pun beragam, tergantung topik blog dan tingkat kepopuleran blogmu.

Biasanya para pengiklan / advertiser, berani membayar mahal untuk blog dengan kualitas tulisan dan kepopuleran tinggi. Bisa sampai jutaan untuk satu artikel di blog. Menggiurkan bukan?

Pengiklan menggunakan sponsored post ini selain sebagai promosi produk / jasa, juga digunakan untuk mendapatkan backlink dari situs yang populer sehingga juga bisa ikut mempopulerkan situs yang mereka miliki. Masalah backlink, nantinya akan aku bahas di postingan yang lain.

Untuk mendapatkan sponsored post, kamu biasanya hanya cukup menunggu sampai ada agensi yang menghubungimu. Atau mau dibuatkan group untuk tukar informasi seputar ini?

Pemasangan Iklan

Pemasangan iklan di blog merupakan yang paling lumrah dan benar-benar bisa menghasilkan passive income buat para blogger. Para blogger cukup memasang script iklan, dan biarkan script tersebut yang menampilkan iklan relevan untuk masing-masing postingan di blog. Untuk itu, ada baiknya blog itu punya topik khusus sehingga iklan yang muncul itu masih nyambung dengan artikel yang ditulis. Contohnya, Google Adsense!

Kalau travel blog, artikelnya akan didominasi tentang catatan perjalanan iklan yang muncul seputar bookingan hotel, pesawat dan sejenisnya. Jadi nyambung sama iklan, dan ada kemungkinan untuk di klik dan membuat blogger mendapatkan uang. Karena ada banyak perhitungan dari pemasangan iklan model gini. Tentang pay per click (PPC), PPA, CPM dll akan aku bahas di artikel yang lain yak!

Selain menggunakan script iklan seperti Goole Ads, para blogger juga bisa kok menggunakan channel iklan mandiri dari agensi maupun brand. Dengan cara ini blogger langsung pasang gambar dan link menuju ke halaman pengiklan. Penghasilan pun juga sudah fix!

Review Produk

Jika kamu memiliki blog dengan kategori teknologi, kamu bisa mendapatkan penghasilan dari mereview produk. Begitupun untuk travel blogger yang bisa dapat kesempatan menginap gratis sekaligus dapat uang dengan mereview produk.

Agak susah sih kalau menerima orderan mereview produk, karena di satu sisi ingin menulis benar-benar jujur. Namun klien berpesan jangan ada negatifnya ya. Nah, dilema kan? Mau dapet duit nggak? Itu terserah anda. Mungkin bisa gunakan bahasa yang aluuuuussss apabila menampilkan kelemahannya. Jadi masih bisa di tolerir.

Afiliasi Produk

Selain iklan PPC macam google ads, afiliasi produk merupakan salah satu cara menghasilkan uang dengan blog yang menggiurkan. Karena hanya dengan memasang link pembelian, kamu akan mendapatkan komisi dari orang yang membeli produk melalui linkmu tanpa mereka harus membayar lebih.

Jadi jangan heran kalau di panduaji.com ini bertebaran link afiliasi yang tentunya nggak akan merugikanmu, karena membuat blog dan menulis artikel ini juga membutuhkan tenaga dan cukup menyita waktu. Bukankah simbiosis mutualisme itu nggak ada salahnya? Di Indonesia, hal semacam ini banyak dihindari oleh netizen. Padahal netizen sudah bisa mengakses informasi yang disediakan oleh para blogger secara gratis, namun tetap saja mereka memilih untuk membeli tanpa melalui link afiliasi. Padahal hanya dengan membeli melalui link afiliasi, para blogger akan mendapatkan komisi tanpa ada kenaikan harga produk yang dibeli netizen. Dengan begitu, para blogger masih bisa terus menerus membuat konten yang bermanfaat untuk para netizen yang budiman.

Penawaran Jasa / Layanan

Sebagai blogger, menulis merupakan modal utama yang sebenarnya bisa dijual. Penawaran jasa penulisan artikel juga bisa kok ditawarkan melalui blog. Sehingga selain menulis blog biasa, para blogger bisa menyediakan jasa profesional untuk bidang masing-masing. Misalnya blogger yang merupakan fotografer bisa menawarkan jasa foto baik untuk produk / model maupun yang lain, sesuai dengan bidang yang ditekuninya.

Sama halnya dengan aku, cuma bisa membuat website wordpress yaudah buka jasa pembuatan website aja. Boleh kan?

Lima contoh di atas merupakan cara dapat uang dari blog yang cukup populer di kalangan blogger. Nah, kalau sudah tahu, mana yang rencananya akan kamu pilih? Nanti masing-masing topik akan aku ulas lebih detail lagi di postingan-postingan yang baru, beserta referensinya. Jadi mana yang menurutmu paling menarik?

No Responses

  1. Pingback: Cara Membuat Blog untuk Pemula - PANDUAJI.COM February 2, 2019

Leave a Reply