Cara Memasang reCAPTCHA di Komentar WordPress

recaptcha
recaptcha

Lelah dengan banyaknya spammer yang meninggalkan komentar di wordpress? Sekarang sudah saatnya kamu memasang reCAPTCHA di komentar blog untuk mengurangi bot spammer link di kolom komentar.

Meskipun pernah menekuni sebagai spammer, namun aku nggak pernah menggunakan bot untuk melakukan spamming. Semua manual dan masuk akal, sehingga nggak cuma nyampah aja.

Solusi paling mudah adalah mematikan kolom komentar, namun dengan begitu aku nggak bisa interaksi dengan para pengunjung blog yang mungkin masih belum mengerti tentang semua yang aku tulis. Selain mematikan blog, ada cara lain yang lebih mudah untuk di aplikasikan, yaitu dengan memasang reCAPTCHA.

Kenapa Harus Blok Komen Spammer?

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, kenapa kok para spammer ini harus dibasmi. Ada beberapa alasan yang mungkin belum kamu ketahui. Berikut beberapa alasan yang membuatku harus melakukan penumpasan komentar spam.

  • Komentar spam selalu diikuti dengan backlink ke situs lain. Apabila blog kita memiliki outbond link/ link ke luar terlalu banyak akan berpengaruh terdahap SEO dari blog yang kita kelola. Apalagi ke situs-situs yang gak jelas. Sehingga lebih sulit untuk bersaing di halaman pertama google.
  • Menuhin database yang dapat berakibat fatal juga pada pengguaan resource server, selain itu juga menjadikan tampilan komentar di blog nggak menarik, karena isinya pesan-pesan spam.
  • Notifikasi email terus menerus yang akan berpengaruh pada filtering email. Sehingga email seperti ini dianggap spam. Takutnya, nanti email dari email blog kita dianggap spam jika dibiarkan dalam waktu yang lama

Cara Pasang reCAPTCHA

Cara untuk meminimalisir adalah memasang captcha! Ada banyak jenis captcha yang bisa dipilih, tapi pada kesempatan ini aku mau pakai captcha gratisan dari google yang bernama reCAPTCHA!

Baca: Cara dapat uang dari blog

reCAPTCHA akan muncul di setiap kolom komentar di blog. Sehingga, untuk bisa meninggalkan komentar harus melakukan checklist verifikasi pada widget reCAPTCHA ini. Sehingga penggunaan bot untuk melakukan spamming di blog tidak akan bisa melewatinya. Kecuali kalau spammer manual yang pernah aku lakukan dulu ya tetep lanjut.

Berikut langkah-langkah memasang reCAPTCHA pada blog wordpress

  1. Install dan aktifkan plugin reCAPTCHA in WP comments form
  2. Buka Google reCAPTCHA
  3. Masuk admin console kemudian gunakan versi reCAPTCHA V2, karena aku belum bisa pakai yang V3. Udah coba pakai, tapi tetep aja banyak komentar spam yang masuk. Entah aku yang salah atau bagaimana :D.
  4. Buka settings > reCAPTCHA in comments
  5. Pada bagian reCAPTCHA API Keys, masukkan Google reCAPTCHA API Keys pair yang berupa site key dan screet key
  6. Kemudian simpan

Begitulah cara mudah memasang captcha pada komentar blog untuk meminimalisir masukknya komentar spam. Nggak sulit kan?

Kamu bisa melakukan customize beberapa pengaturan untuk captcha dengan mudah, seperti warna dari captcha, ukuran, tipe dan posisi captcha. Selain itu kamu juga bisa mengatur diarahkan kemana komentar yang dianggap spam ini. Bisa mark as spam dulu, atau langsung dihapus aja begitu terdeteksi sebagai komentar spam.

Pilihan kini ada di tanganmu.

Nah, apabila ada pertanyaan sekitar pemasangan reCAPTCHA ini bisa tulis di kolom komentar. Atau justru kamu tahu cara menggunakan reCAPTCHA V3 untuk komentar di blog? Jujur kalau baca-baca memang lebih nyaman pakai V3, karena bisa otomatis mendeteksi tanpa harus menampilkan kolom checklist.

Bagikan tulisan ini di

Leave a Comment