Cara Bikin Custom Domain Email Gratis dengan Yandex

Custom Domain Email Gratis dengan Yandex

Setelah berkonsultasi dengan beberapa rekan, akhirnya aku putuskan untuk menggunakan layanan yandex mail yang gratis untuk custom domain email. Menggunakan shared hosting untuk menyimpan email bukan hal yang baik, apalagi ketika menerima banyak email dengan lampiran yang akan memakan banyak space hosting.

Kalau dulu bisa menggunakan Google suite yang gratis, namun sekarang berbayar. Karena baru merintis usaha kecil-kecilan, nggak mungkin aku memanfaatkan google suite berbayar yang setara dengan biaya internet bulanan. Email ini nantinya aku gunakan untuk blast promo dan berbagai email notifikasi lain.

Baca: Cara custom domain blogger

Akhirnya yandex mail menjadi pilihan terbaik karena untuk menggunakannya tidak membutuhkan pembayaran sama sekali alias gratis. Pada kesempatan ini aku mau berbagi bagaimana caranya menggunakan custom domain email gratis dengan yandex mail. Sehingga kamu dengan modal domain saja bisa memanfaatkan yandex mail untuk menerima dan mengirimkan email.

Membuat Akun di Yandex Mail

Langkah pertama untuk membuat custom domain email adalah dengan mendaftarkan diri ke yandex mail secara gratis. Yandex Mail memiliki fitur mirip dengan Google, yang mana kamu juga akan mendapatkan akses Yandex Webmaster yang bisa kamu gunakan untuk membuat email custom domain secara gratis.

Konfirmasi Domain

  • Buka https://connect.yandex.com/portal/services/webmaster
  • Pada bagian atas, Add New Organization untuk membuat organisasi / kantor baru supaya memudahkan dalam mengelola, karena aku udah punya 2 organisasi yang dikelola dalam satu akun yandex
  • Setelah itu tekan tombol confirm domain untuk memulai proses verifikasi domain
  • Ada tiga metode verifikasi yang bisa kamu pilih, DNS, HTML File dan Meta Tag. Aku menggunakan DNS karena website masih belum selesai aku kerjakan.
  • Verifikasi Domain dengan Cloudflare hanya memakan waktu kurang dari 2 menit.

Pengaturan MX Record

Setelah domain berhasil dikonfirmasi, langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan MX Record. Ikuti panduan yang ada di halaman Yandex karena pengaturan untuk setiap domain bisa berbeda terutama untuk domainkey yang sifatnya rahasia.

Setting DNS Record Yandex Mail
Setting DNS Record Yandex Mail

Membuat Email@Domainmu di Yandex

Setelah pengaturan MX Record selesai, selanjutnya kamu bisa mulai membuat email dengan custom domain yang sudah terkonfirmasi. Buka menu Admin Tools. Pada bagian all employee klik Add > Add a person untuk menambahkan email baru

Custom Domain Email Yandex Gratis

isi biodata sesuai dengan karyawan yang bertanggungjawab atas email tersebut

Selamat Menggunakan Custom Domain Email

Setelah berhasill membuat email@domainmu.com di yandex ada satu langkah lagi yang harus kamu lakukan, yaitu login di email tersebut dan accept term and condition. Setelah itu kamu bisa menggunakan email tersebut untuk berkirim email 🙂

Cukup mudah bukan cara bikin custom domain email gratis di yandex? Kalau ada pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar yang sudah aku sediakan yak!

Bagikan tulisan ini di

2 thoughts on “Cara Bikin Custom Domain Email Gratis dengan Yandex”

  1. Saya sudah coba custom domain email di Yandex. Kalau ngirim email sih bisa tapi nggak bisa terima email. Kira2 kenapa, ya?

    Reply

Leave a Comment