Mencari Distributor Besi SNI?

Distributor Besi SNI
Foto besi beton ulir

Mencari distributor besi itu bisa dibilang gampang juga bisa dibilang susah. Gampang kalau ndilalah dapat distributor yang nggenah, susah kalau apes setiap dapat distributor itu nggak jelas. Oleh karena itu pada postingan kali ini aku mau cerita tentang pencarian distributor besi SNI terutama yang ada di Surabaya.

Sebelum menceritakan pencarian distributor besi SNI, aku mau cerita sedikit tentang besi yang SNI (Standard Nasional Indonesia) itu yang bagaimana. Karena siapa tahu kamu belum tahu tentang besi SNI yang sudah dirumuskan oleh panitia teknis dan ditetapkan oleh BSN (Badan Standarisasi Nasional)

Standard Besi SNI

Badan standarisasi nasional sudah menentukan standard untuk besi SNI berdasarkan kekuatannya. BJTP 24 merupakan standard kekuatan untuk besi beton polos. Sedangkan BJTS 30, 35 dan 40 merupakan tingkatan standard untuk besi beton yang memiliki ulir.

Besi beton SNI memiliki standar kekuatan tertentu. Besi beton polos standar kekuatannya sering disebut sebagai BJTP 24, sedangkan untuk besi beton ulir standar kekuatannya bertingkat mulai dari BJTS 30, 35 dan 40. Para distributor besi wajib tahu tentang standard besi SNI ini.

Besi SNI ini biasanya digunakan pada bangunan-bangunan komersial (terutama bangunan tinggi) yang sudah memperhitungkan struktur dan berbagai macam spesifikasi teknis. Dengan perhitungan matang para konsultan konstruksi profesional, kekuatan bangunan bisa dipertanggungjawabkan.

Produk Toleransi Distributor Besi SNI

Selain besi SNI, faktanya di lapangan ada banyak produk besi toleransi yang berarti besi tersebut tidak sesuai dengan standard yang sudah ditentukan oleh BSN. Contohnya besi 8 KS yang punya toleransi 0,1. Diameter asli dari beton lebih kecil 0,1 mm, sehingga diameter aslinya hanya 7,9 mm.

Produk besi toleransi ini memiliki pasar yang cukup besar, terutama untuk properti pribadi yang seringkali tidak menggunakan perhitungan dari konsultan properti profesional. Karena dengan menggunakan produk toleransi ini, biaya pembuatan bangunan bisa ditekan. Struktur rumah / bangunan yang menggunakan besi SNI ini pun tidak terlalu berat.

Distributor besi SNI biasanya juga memiliki produk toleransi ini, karena toko bangunan, kontraktor maupun pelanggan biasanya cukup senang menggunakan produk toleransi ini. Kenapa? Harga yang ditawarkan pun lebih bisa ditoleransi oleh kantong yang pas-pas an. Seperti hukum pasar, dimana ada permintaaan di situ akan ada penawaran.

Jenis Besi di Distributor

Besi itu ada banyak jenisnya, karena guna dari besi tersebut juga berbeda. Beberapa jenis besi yang sering dijumpai di distributor besi diantaranya

  • Besi beton digunakan untuk jasa konstruksi seperti pembangunan gedung tinggi maupun pembangunan konstruksi jembatan. Kenapa, karena penggunaan besi beton terutama beton ulir terbaik memberikan daya lekat yang tinggi sehingga bisa memberi ikatan yang lebih sempurna dan membuat bangunan benar-benar kokoh
  • Pipa besi memiliki banyak sekali jenis, diantaranya pipa besi hollow, pipa besi hollow galvanis dan pipa besi hollow galvalum. Biasanya pipa besi ini digunakan untuk pembuatan tiang pagar, atap rumah, saluran air maupun gas dan berbagai bahan furnitur. Harga dari pipa besi ini tergantung dari kegunaan, ukuran dan ketebalannya.

Ukuran Besi Beton SNI

Sebelum memilih distributor besi SNI untuk proyek yang akan anda kerjakan saat ini, ada baiknya untuk mencari tahu dulu tentang produk besi yang tersedia. Pastikan bahwa distributor besi tersebut memiliki informasi tentang ukurang besi beton yang saat ini di jualnya. Berikut beberapa tabel ukuran besi beton SNI yang bisa anda lihat.

Ukuran Besi Beton Polos SNI

NameØ(mm)L(M)Weight(Kg)
Besi Beton Polos Ø 6mm x 12M (U-24)6.0012.002.70
Besi Beton Polos Ø 8mm x 12M (U-24)8.0012.004.80
Besi Beton Polos Ø 10mm x 12M (U-24)10.0012.007.40
Besi Beton Polos Ø 12mm x 12M (U-24)12.0012.0010.70
Besi Beton Polos Ø 16mm x 12M (U-24)16.0012.0019.00
Besi Beton Polos Ø 19mm x 12M (U-24)19.0012.0026.80
Besi Beton Polos Ø 22mm x 12M (U-24)22.0012.0036.00
Besi Beton Polos Ø 25mm x 12M (U-24)25.0012.0046.24

Ukuran Besi Beton Ulir SNI

NameØ(mm)L(M)Weight(Kg)
Besi Beton Ulir Ø 10mm x 12M (U-40)10.0012.007.40
Besi Beton Ulir Ø 13mm x 12M (U-40)13.0012.0012.50
Besi Beton Ulir Ø 16mm x 12M (U-40)16.0012.0018.96
Besi Beton Ulir Ø 19mm x 12M (U-40)19.0012.0026.76
Besi Beton Ulir Ø 22mm x 12M (U-40)22.0012.0036.00
Besi Beton Ulir Ø 25mm x 12M (U-40)25.0012.0046.24

Perbandingan Kekuatan Besi Polos SNI dan Besi Ulir SNI

Selain bisa dilihat secara fisik, besi polos dan besi ulir itu memiliki perbedaan lain, adapun perbedaan di antara keduanya adalah sebagai berikut ini

  • Kekuatan antara besi polos dan ulir itu berbeda. Besi ulir memiliki ketahanan tekanan 400 Mpa, sedangkan besi polos hanya 240 Mpa.
  • Harga besi ulir jauh lebih mahal dibanding dengan besi polos. Kalau nggak percaya coba aja tanyakan ke para distributor besi yang anda ketahui

Tips Memilih Distributor Besi SNI yang Baik

Apabila saat ini anda sedang mencari distributor besi secara online, ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

  • Pastikan website distributor besinya benar-benar baik dan diurus secara profesional. Itu menandakan bahwa perusahaan tidak main-main dengan pemasaran secara online.
  • Pastikan website distributor menampilkan berbagai informasi yang dijual secara jelas, terutama untuk standard, ukuran dan sepsifikasi teknis lain tentang produk yang anda butuhkan.
  • Distributor besi berani memberikan jaminan dan garansi tentang standard SNI produk yang dijualnya. Misal apabila spesifikasi tidak sesuai dengan pesanan akan mengganti sesuai dengan pesanan.
  • Memberikan kepastian pengiriman yang tepat waktu, karena apabila nggak tepat waktu akan menunda pekerjaan juga bukan?
  • Memberikan garansi produk yang dikirim benar-benar berkualitas. Jangan sampai menerima produk yang berkarat, karena produk besi yang berkarat memiliki kekuatan yang berbeda dibanding yang masih bagus kondisinya.

Harga Besi SNI

Berapa harga besi SNI? Hampir di semua website distributor besi SNI yang aku lihat itu nggak mencantumkan harga. Kita harus bertanya langsung kepada CS. Karena kuantitas pembelian juga berpengaruh dengan harga yang diberikan. Maklum, kelasnya distributor. Kalau mencari di toko besi harganya juga mungkin lebih mahal dibandingkan beli di distributor langsung. jadi apabila ingin membeli besi SNI dalam jumlah banyak, aku sarankan untuk membeli langsung ke distributor besinya.

Selain kuantitas pembelian, yang mempengaruhi harga produk besi adalah kapan kita membelinya. Karena kebutuhan dan ketersediaan barang juga mempengaruhi harga produk besi yang tersedia di pasaran. Harga dollar pun akan mempengaruhi harga jual produk di Indonesia.

Distributor Besi SNI di Surabaya

Karena nggak pernah tinggal di Jakarta, beberapa waktu lalu aku mencoba mencari beberapa distributor besi yang ada di Surabaya. Aku belum tahu mana distributor yang benar-benar cocok dan baik serta bisa memberikan harga terbaik.

Sampai saat ini aku belum bisa memberikan referensi distributor besi kepada para pembaca blog ini karena masih dalam tahap mencari. Nanti kalau sudah ketemu distributor besi terbaik yang ada di Surabaya akan aku update lagi di artikel ini.

Jadi sementara ini kalau teman-teman punya referensi distributor besi di Surabaya coba tinggalkan informasinya di kolom komentar. Nanti akan aku coba dan update di panduaji.com apabila memang benar-benar cocok.

Leave a Comment