Mencoba Berlangganan Youtube Premium

Belum lama ini Youtube Premium sudah tersedia di Indonesia. Peluncurannya menawarkan promo menarik, yaitu 3 bulan gratis untuk para penggunanya. Hanya perlui memasukkan informasi kartu kredit kita bisa menikmati youtube premium selama 3 bulan gratis.

Sayang banget promo seperti ini nggak dimanfaatkan dengan baik. Gunakan kartu debit Jenius untuk bisa mendaptakan gratis youtube premium. Meski bukan kartu kredit, tetapi kartu debit. Kamu tetap bisa mendapatkan youtube premium gratis. Belum punya Jenius?

Dapatkan tambahan saldo Rp.25.000 untuk setiap pengguna baru Jenius yang ketika mendaftar memasukkan cashtag $ndundupan (untuk saat ini hanya cashtag pengguna terpilih yang bisa memberikan bonus untuk pendaftarnya) ketika registrasi dan isi saldo pertama sebesar Rp.500.000. Tabungannya jangan langsung diambil ya, tunggu sebulan untuk proses verifikasi. Penarawan ini berlaku sampai waktu yang tidak ditentukan oleh Jenius.

Kalau udah habis masa promonya ya beli dong. Masa iya mau gratisan terus? Darimana dapat duitnya content creator di youtube sepertiku yang jarang update video :))

Fitur Youtube Premium

Youtube Premium mirip dengan Spotify Premium yang menawarkan bebas iklan. Meskipun mendapatkan penghasilan dari Iklan, aku rela kok bayar youtube premium / spotify premium untuk menghilangkan iklan.

Sebelum membahas review tentang menggunakan youtube premium sebulan belakangan, aku mau sedikit bercerita tentang fitur premium yang ditawarkan oleh youtube untuk para pelanggannya.

Bebas Iklan

Youtube Premium
Youtube Premium

Youtube premium tidak akan menampilkan iklan sama sekali, baik itu di youtube music, maupun di youtube video yang biasanya kamu play. Jadi mau kamu dengerin di music.youtube.com maupun youtube biasa, kamu nggak akan mendapatkan iklan sama sekali.

Jadi yang biasanya nonton video di youtube dan sebel dengan titik-titik kuning yang merupakan tanda iklan. Dengan premium, iklan tidak akan muncul sama sekali. Penak to? Yo penak lah!

Kamu bisa nonton video maupun mendengarkan musik tanpa dipotong iklan sama sekali,

Background play

Fitur background play ini cocok untuk pengguna youtube di ponsel android (maaf belum dapat kiriman iphone, jadi belum ngerti bisa belum nyobain di iphone). Musik maupun video (video kalau gak ditonton ya buat apa?) tetap akan berjalan meski kamu membuka aplikasi lain.

Jadi kamu tetap bisa mendengarkan youtube mix bareng dengan scrolling instagram atau membalas pesan chat di whatsapp. Karena selama ini, apabila kamu menutup aplikasi youtube, musik maupun video yang sedang diputar akan berhenti.

Downloads Video dan Musik

Sama dengan spotify premium, kamu bisa mendownload dan memainkan semua video maupun musik secara offline. Tetapi tetap di aplikasi youtube yang kamu gunakan. Ini bisa menghemat kuota untuk sobat sambat yang misqueen quota.

Kalau aku lebih sayang space di perangkat dibanding kuota. Maklum, pakai wifi di rumah nggak terlalu mikirin kuota. Karen sisa kuota bulanan masih sisa banyak setiap bulannya.

Fitur ini mungkin cukup membantu ketika aku liburan ke Jepang yang membutuhkan naik pesawat sekitar 8 jam perjalanan tanpa koneksi internet. Dengan adanya stok video maupun musik yang banyak bisa mengurangi kebosanan selama perjalanan.

Pengalaman Menggunakan Youtube Premium

Jadi semenjak ada youtube premium, aku baru tahu kalau ada youtube music dan youtube original. Youtube music juga tersedia dalam aplikasi sendiri sehingga bisa untuk memutar playlist musik yang ada di youtube.

Oh iya, semenjak menjadi youtube premium kamu gak akan menemukan teks youtube di samping logo youtube ketika membuka aplikasinya. Yang ada adalah logo dengan teks Premium di sampingnya. Lumayan juga nih youtube.

Berikut beberapa pengalaman menggunakan youtube premium selama sebulan terakhir.

Konten Youtube Tanpa Iklan

Seperti janjinya, di kalau berlangganan youtube premium kamu nggak akan mendapatkan iklan sama sekali. Jadi enak-enak aja makan pakai tangan sambil nonton youtube. Aku gak perlu ribet bersihin tangan sebelum memencet tombol skip di laptop maupun pc karena udah gak ada. Ini gak cuma berlaku di musik tetapi juga di video apapun yang ada di youtube.

Aku pernah lagi enak-enak makan nasi padang lauk rendang, eh lha kok muncul iklan yang lamanya satu jam. Kan harus dipencet tombol skip baru bisa ilang iklannya. Kan susah. Kalau gak gitu, lagi mutar playlist buat semalaman suntuk eh, ada iklan musik gak jelas di tengah-tengahnya. Kaum rebahan yang udah terlanjur pw, mau nggak mau bangkit dan matiin youtube plus pc sekalian.

Playlist Beragam namun Belum Cukup Baik

Youtube merupakan user generated content yang mana isinya bisa dari siapapun. Disatu sisi ada banyak konten bagus yang diunggah user, tetapi di sisi lain ada banyak hal yang nggak bisa ditangani oleh sistem mereka seperti ketika menggenerated playlist.

Iseng ngeplay playlist musik, eh ditengah-tengah ada konser orkestra juga. Ada video drama yang bukan cuma mutar lagu. Cukup mengganggu untuk yang pengin dengerin musik aja. Masih perlu perbaikan untuk playlist macam gini.

Aku suka dengan beberapa lagu cover, salah satunya Dyah Novia yang merupakan cah Blitar. Namun ketika di search di youtube musik, aku nggak menemukan tombol ‘artist’ seperti ketika aku search Eka Gustiwana.

Harusnya ada menu tombol user atau channel biar bisa memutar lagu dari channel atau user tertentu. Sehingga nggak nunggu jadi terkenal dulu baru bisa menikmati lagu-lagunya di playlist. Aku termasuk orang yang gak suka bikin playlist, lebih suka random playlist yang sudah disediakan sama mesin. Gake enak tinggal skip, ntar lama-lama AI mereka juga paham lagu yang aku suka dan enggak suka.

Untuk playlist aku lebih suka spotify, karena bukan user generated content jadi wajar. Youtube punya pekerjaan untuk merapikan playlistnya.

Aplikasi Youtube Music

Youtube Music di Android
Youtube Music di Android

Saat ini aku menggunakan PC dengan sistem operasi Linux Mint. Beberapa waktu lalu ada notifikasi untuk install youtube music di pc. Lumayan sehingga nggak harus nambahin tab di google chrome untuk browsing.

Di perangkat android, aplikasi youtube music berjalan cukup baik. Seperti janjinya bisa tetap memutar musik meski aplikasi ditutup. Jadi overall untuk hal ini cukup baik lah.

Nggak Ada Vevo di Youtube Music?

Sebuah pertanyaan untuk youtube, sepertinya vevo nggak masuk di youtube music. Bahkan ketika aku search nama vevo dan playlistnya nggak muncul sama sekali hasil yang aku harapkan di playlist youtube music.

Mau gak mau harus tetap play youtube biasa untuk bisa memutar playlist di channel vevo. Padahal vevo merupakan salah satu platform video musik terbesar yang memiliki channel di youtube. Ada banyak sekali artis yang karyanya didistribusikan melalui Vevo. Tetapi itu gak bisa ditemukan di youtube music.

Nggak Sinkron Antar Perangkat

Di satu sisi ini menguntungkan, karena akun youtube bisa digunakan di perangkat manapun selama login menggunakan email tersebut. Namun di lain sisi, ini cukup merepotkan buat yang suka rebahan sepertiku. Harus bangun dan merubah playlist di pc untuk mengubah lagu atau menurunkan volume player.

Antara aplikasi youtube di handphone, youtube music di handphone dengan youtube music di pc maupun di browser nggak ada yang sinkron. Jadi mau bagaimana lagi coba? Bisa dimanfaatkan untuk bikin 1 akun buat patungan. Aku kurang tahu 1 email bisa login secara bersamaan di berapa perangkat, tapi gak ada salahnya untuk dicoba.

Harga Youtube Premium

Harga youtube premium cuma Rp. 59.000 per bulan bisa dibilang cukup murah jika mau dibandingkan dengan Spotify yang dibandrol dengan harga Rp. 49.000. Selain musik, kamu juga bisa menonton semua video tanpa iklan.

Masih ada waktu gratis 1 bulan buat yang mau daftar. Syaratnya harus memasukkan informasi kartu kredit atau kartu debit. Jadi kalau gak punya kartu, kamu bisa segera download dan aktivasi Jenius sekarang juga biar bisa menikmati gratis youtube an.

Dapatkan tambahan saldo Rp.25.000 untuk setiap pengguna baru Jenius yang ketika mendaftar memasukkan cashtag $ndundupan (untuk saat ini hanya cashtag pengguna terpilih yang bisa memberikan bonus untuk pendaftarnya) ketika registrasi dan isi saldo pertama sebesar Rp.500.000. Tabungannya jangan langsung diambil ya, tunggu sebulan untuk proses verifikasi. Penarawan ini berlaku sampai waktu yang tidak ditentukan oleh Jenius.

Jadi Gimana?

Buat yang suka youtube an, nggak rugi kok menggunakan premium untuk menghindari iklan. Selain itu belum ada kelebihan lain yang ditawarkan oleh youutube. Jadi ya mau gimana lagi, terima aja itu dulu. Kalau di spotify, kualitas suara premium dan gratisan juga berbeda, hal yang sepertinya cukup sulit dilakukan oleh youtube.

Dan aku akan tetap menggunakan youtube premium untuk beberapa waktu kedepan, sepertinya sampai ada layanan lain yang memberikan penawaran yang lebih menarik. Jad kalau kamu mau gimana? Tulis aja di kolom komentar yak!

Nelateni nganggur dengan menulis blog. Ikuti aku di Facebook, Instagram, Twitter maupun Linkedin

Artikel Terkait

Leave a Comment