Cara Menonaktifkan BPJS Kesehatan Online

Promo Shopee Agustus

Menonaktifkan BPJS Kesehatan ternyata cukup mudah, saya terpaksa melakukan ini karena adik saya memutuskan untuk bekerja di luar negeri. Daripada membayar iuran yang nggak akan pernah dipakai, lebih baik di nonaktifkan saja. Biar tabungannya nggak bocor alus tiap bulan bayar BPJS Kesehatan secara mandiri.

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi bagaimana caranya menonaktifkan BPJS Kesehatan untuk peserta yang pindah ke luar negeri. Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah melampirkan bukti bahwa peserta tersebut akan tinggal di luar negeri lebih dari 6 bulan.

Saya sudah datang ke Kantor BPJS Kesehatan di Kota Blitar, namun sesampainya di sana saya diarahkan untuk melakukan penonaktifan BPJS melalui layanan whatsapp Pandawa. Sehingga bisa dilakukan di rumah. Nggak usah jauh-jauh datang ke kantor BPJS Kesehatan dan antri lagi.

Baca juga: Cara Membuat SIM

Persyaratan

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk melakukan penonaktifan keanggotaan BPJS Kesehatan, biar sat set wat wet gitu maszeh. Siapkan beberapa dokumen berikut ini

  • Foto / Scan KK
  • Foto / Scan / Screenshot Bukti bayar iuran bulan berjalan
  • Paspor / Visa
  • Permit Residence

Pastikan peserta sudah memiliki permit residence sebelum mengajukan penonaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan. Karena tanpa permit residence, nggak ada bukti bahwa yang bersangkutan akan berada di luar negeri lebih dari 6 bulan. Jadi ada baiknya mengurus permit residence dulu sebelum membatalkan kepesertaan BPJS.

Penonaktifan ini bahkan bisa dilakukan di luar negeri melalui chat whatsapp ke Pandawa BPJS Kesehatan

Langkah-Langkah

Saya memulai proses ini sekitar pukul 11 siang dan selesai sekitar pukul 13.45. Kita nggak harus mentelengi handphone terus. Hanya proses menunggu antrian yang cukup panjang. Jadi ya wajar. Toh juga bisa ditinggal aktivitas lainnya.

  1. Chat ke Pandawa

    Mulai dengan chat ke whatsapp BPJS Pandawa di nomor 08118165165. Secara otomatis kita akan mendapatkan link unik yang berisi menu layanan BPJS Kesehatan Online. Link ini berlaku 60 menit sejak pertama diakses, oleh karena itu penting untuk mempersiapkan semua dokumen yang dibutuhkan sebelum chat ke Pandawa

  2. Pelaporan WNI Pergi ke Luar Negeri

    BPJS Kesehatan Online

    Untuk mengurangi anggota peserta BPJS Kesehatan, saya pilih menu pengurangan anggota keluarga > pelaporan WNI pergi ke luar negeri.

  3. Dokumen yang diperlukan

    Cara Menonaktifkan BPJS Kesehatan Online 1

    Muncul halaman dokumen yang harus dipersiapkan sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya seperti File KK, File Bukti Bayar iuran bulan berjalan (saya nonaktifkan bulan Juli, berarti saya harus melampirkan bukti bayar bulan Juli), file paspor / visa.

  4. Mengisi Formulir Pengurangan Anggota Keluarga

    Cara Menonaktifkan BPJS Kesehatan Online 2

    Langkah selanjutnya mengisi form pengurangan anggota keluarga. Mulai nama, nomor KK, NIK, HP, Domisili dan lain lain. Beserta nama dan NIK anggota keluarga yang akan dinonaktifkan. Upload dokumen di tombol yang sudah disediakan dan tekan tombol submit

  5. Notifikasi Pandawa

    Notifikasi BPJS Kesehatan

    Kita akan mendapatkan notifikasi dari Pandawa bahwa dokumen sudah berhasil diinpuit. Langkah selanjutnya kita perlu menunggu pengecekan dan pemrosesan data oleh pihak BPJS. Antrian ini maksimal 2 hari kerja.

  6. Notifikasi Kekurangan Dokumen

    Cara Menonaktifkan BPJS Kesehatan Online 3

    Pukul 1.30 siang, saya mendapatkan whatsapp dari Pandawa bahwa dokumen saya tidak sesuai. Visa yang saya lampirkan masa berlakunya 3 bulan saja. Sehingga tidak bisa dinonaktifkan. Untuk itu saya perlu mengirimkan foto resident permit sebagai bukti bahwa adik saya memang mendapatkan ijin tinggal di luar negeri. Anda diberi waktu 30 menit untuk mengirimkan dokumen tersebut langsung melalui chat whatsapp.

  7. Kirim Resident Permit

    Setelah mengirimkan file resident permit melalui chat whatsapp pandawa, hanya butuh waktu sekitar 10 menit data di proses.

  8. BPJS Kesehatan Berhasil di nonaktifkan

    Cara Menonaktifkan BPJS Kesehatan Online 4

    Setelah itu saya mendapatkan notifikasi bahwa BPJS Kesehatan untuk adik saya akan nonaktif mulai 1 Agustus 2022.

Jadi, mulai 1 Agustus 2022 saya nggak perlu lagi membayar 2 keanggotaan BPJS Kesehatan.

Mudah bukan cara menonaktifkan BPJS Kesehatan untuk peserta yang pindah ke luar negeri secara online? Dengan begini, akan mengurangi pengeluaran bulanan yang bocor alus. Kan lumayan 100an ribu bisa buat beli

FAQ

Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh netizen seputar berhenti dari kepesertaan BPJS Kesehatan.

Apakah bisa menonaktifkan BPJS Kesehatan secara online?

Bisa dong! Malah disarankan untuk melakukannya secara online. Saya yang datang ke kantor BPJS saja diberi brosur dan melakukan penonaktifan secara online

Bagaimana cara berhenti dari BPJS Kesehatan?

Setidaknya sampai saat ini hanya ada dua cara untuk berhenti dari BPJS Kesehatan, yaitu pindah ke luar negeri dan peserta telah meninggal dunia

Nelateni nganggur dengan menulis blog. Ikuti aku di Facebook, Instagram, Twitter maupun Linkedin

Leave a Comment

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.