email routing cloudflare

Pandu Aji

Kategori: Internet

Pakai Email Routing Cloudflare Gratisan

Diperbarui:

Email Routing Cloudflare yang gratisan ini bisa menjadi solusi hemat langganan email server seperti Google Workspace, Zoho, maupun Yandex Mail. Lho kok bisa?

Jadi saya tidak perlu berlangganan di Google Workspace, Zoho maupun yandex untuk bisa menggunakan email dengan nama domain yang saya miliki. Misal [email protected], saya bisa menggunakan email yang selama ini saya pakai untuk menerima dan mengirimkan email dengan alamat [email protected]

Jadi gini, misalnya saya punya email [email protected] . Dengan email routing cloudflare, saya bisa berkirim email menggunakan alamat email [email protected]. Selain itu, semua email yang dikirimkan ke [email protected] juga akan dikirimkan ke [email protected].

Semoga paham ya? Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Saya tulis langkah-langkahnya di bawah ini. Nggak sampai 10 menit, [email protected] bisa digunakan kok.

Tutorial Menggunakan Email Routing Cloudflare

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menggunakan cloudflare sebagai DNS manager domain. Setelah mendaftar domain, arahkan nameserver ke cloudflare.

Email Routing Cloudflare

Setelah itu ikuti beberapa langkah untuk menggunakan email routing cloudflare di bawah ini

  • Buka menu Email > Email Routing
  • Pada bagian custom address, masukkan nama email yang kamu inginkan. Misal [email protected]
  • Pada bagian destination, masukkan email penerima
  • Buka email yang dijadikan tujuan penerima, kamu akan mendapatkan email notifikasi dari cloudflare. Setelah berhasil, status di destination address akan menjadi verified
  • Setelah verified, tambahkan MX record ke domainmu sesuai yang muncul di halaman selanjutnya. Tinggal tekan add records and enable saja sebenernya.

Sekarang sudah selesai. Saya cukup langganan 1 google workspace untuk beberapa domain sekaligus. Toh kebutuhan hosting email untuk masing-masing domain juga tidak terlalu banyak.

Nelateni nganggur dengan menulis blog. Ikuti aku di Facebook, Instagram, Twitter maupun Linkedin

Shopee Lovember

Leave a Comment