Cara Reset Password WordPress Melalui Cpanel

promo shopee

Beberapa waktu lalu saya mendapatkan pekerjaan untuk custom landing page website berbasis wordpress, kebetulan website ini sudah lama terbengkalai sehingga pengelolanya tidak mengingat password terakhir admin untuk login. Daripada kelamaan nggak dikerjain, akhirnya saya putuskan untuk mengubah passwordnya melalui cpanel.

Oh iya, kalau teman-teman mau bikin website desa dan bingung dengan berbagai macam prosedurnya, saya membuka jasa pembuatan website desa.

Cara ini cocok untuk teman-teman yang lupa password user admin pada website wordpress dan ndak punya akses ke email untuk reset password via email. Kalau user biasa bisa request reset password ke admin karena nggak mungkin user biasa punya akses ke cpanel.

Untuk melakukan cara ini kamu harus memiliki akses ke cpanel. Pada kesempatan ini saya mau berbagi bagaimana caranya mengganti password wordpress melalui CPANEL.

Cara Ganti Password WordPress via CPANEL

Mengubah password wordpress melalui cpanel cukup mudah kok. Bisa selesai dalam waktu kurang dari 5 menit. Jadi ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Total Time: 5 minutes

Login Cpanel

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah login ke cpanel. Apabila kamu tidak mengetahui username dan password cpanel, kamu bisa coba cek email yang kamu gunakan ketika membeli hosting. Kamu bisa menemukan username dan password cpanel pada email pemeberitahuan tersebut.

Buka phpMyAdmin

Cara Reset Password Wordpress Melalui Cpanel 1

Buka phpMyAdmin pada halaman cpanel

Pilih Database WordPress

Pilih database wordpress yang akan diubah passwordnya. Kalau cuma ada 1 website pada hosting tersebut sih enak tinggal edit database yang ada.

Apabila satu hosting digunakan lebih dari satu website, kamu bisa buka wp-config.php pada website yang mau diubah melalui file manager. Sehingga kita bisa mengetahui nama database yang perlu diubah

Pilih Tabel Users

Cara Reset Password Wordpress Melalui Cpanel 2

Klik tabel wp_users (biasanya ada di bagian paling bawah). wp_ bisa berubah tergantung prefix yang dipilih ketika pertama kali install wordpress. Jadi sifatnya kondisional. Dalam kasus saya, namanya wpay_users.

Edit User

Edit User WordPress

Klik edit pada user yang mau diubah passwordnya. Dalam kasus ini saya akan mengubah password untuk user ngadmin.

Ubah Password WordPress User

Edit Password WordPress

Pada bagian user_pass ubah function menjadi MD5, kemudian isi value dengan password yang baru. Kemudian ketik tombol go pada bagian bawah dan kamu bisa login ke wordpress menggunakan password yang baru digunakan

Cara Mudah Reset Password WordPress

Untuk yang sudah terbiasa otak-atik wordpress dan cpanel, langkah di atas bisa diselesaikan kurang dari 5 menit. Intinya cuma ganti password pada database user dan menggunakan fungsi md5. Kalau nggak pakai md5, saya pernah coba itu nggak berhasil.

Semoga tulisan di atas bisa membantu kamu reset password wordpress yang kamu miliki maupun milik klien. Kalau ada yang mau ditanyakan, langsung saja tulis di kolom komentar yak 😉

Nelateni nganggur dengan menulis blog. Ikuti aku di Facebook, Instagram, Twitter maupun Linkedin

Artikel Terkait

Leave a Comment

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.