Sebelum Beli, Yuk Review Oppo A54 Dulu

Semakin banyak yang dikerjakan hingga ponsel lama pun udah nggak mumpuni lagi. Akhirnya saya pun kepikiran untuk mencari ponsel kelas menengah yang bisa digunakan untuk membuat konten sekaligus untuk ponsel mengelola beberapa media sosial.

Kebetulan kemarin diberitahu teman kalau Oppo baru saja meluncurkan Oppo A54, ponsel entry-level yang performa yang efisien. Sehingga semua fitur yang dimiliki bisa berjalan dengan maksimal.

Ponsel Oppo A54 Terbaru

Karena penasaran, akhirnya saya browsing lah tentang Oppo A54. Kata Kata Pak Aryo Meidianto, PR. Manager Oppo Indonesia “OPPO A54 hadir sebagai perwujudan wajah baru lini seri A di tahun 2021, berbeda dengan suksesornya, OPPO A54 menawarkan berbagai keunggulan teknologi dan perangkat keras kelas atas untuk hadir pertama kalinya pada lini seri A, seperti kehadiran layar single punch-hole dan sertifikasi IPX4. A54 juga hadir dengan desain modern dengan pilihan warna yang stylish dan fashionable. Sebuah perangkat dengan berbagai pembaharuan yang coba definisikan kembali untuk pengguna muda Indonesia,”

Dari situ saya mulai mencari informasi lebih detail lagi tentang Oppo A54 yang baru keluar di pasaran per tanggal 1 April 2021 lalu. Belum ada sebulan lah ya.

Spesifikasi Oppo A54

Harga Baru 2.499.000 (RAM 4Gb + ROM 64Gb)
2.699.000 (RAM 4Gb + ROM 128Gb)
3.099.000 (RAM 6Gb + ROM 128Gb)
Fitur Unggulan
Layar Punch Hole 16.55cm (6,51”), Eye care
Baterai 5000mAh, Fast Charging 18W
Kamera Selfie 16MP, AI Beautification
ROM 128Gb
Processor Octa Core
Other IPX4 tahan cipratan air, Kontrol kualitas
  Body Melengkung 3D, Finger Print
Ukuran dan Berat
Tinggi 163,6mm
Lebar 75,7mm
Tebal 8,4mm
Berat 192g
Platform
Chipset MT6765V / CBA
CPU Octa core hingga 2,3 Ghz
GPU IMG GE8320 @ 680 MHz
RAM 4 Gb / 6Gb
Storage 64 Gb / 128 Gb
OS ColorOS 7.2 berbasis Android 10
Kamera
Belakang Kamera utama 13MP: f / 2.2; FOV 81,3 °; lensa 5P; dengan Auto Fokus
Kamera Makro 2MP: f / 2.4; FOV 88,8 °; lensa 3P;
Kamera Bokeh 2MP: f / 2.4; FOV 88,8 °; lensa 3P;
Depan 16 MP; f/2.0; FOV 79,3 °; lensa 5P;
Baterai
Kapasitas 5.000mAh
Charging Fast Charging 18W
Konektivitas
SIM Card 2 Nano-SIM
Jaringan GSM/UMTS/FDD-LTE/TD-LTE
WLAN WLAN 2.4G/5.1G/5.8G
Bluetooth Bluetooth 5.0, Bluetooth Rendah Energi
Port Jack Audio 3.5mm
USB USB Tipe C

Fitur Menarik di Oppo A54

Ponsel Oppo Terbaru

Dari spesifikasi ponsel Oppo A54, ada beberapa fitur menarik yang menarik perhatian saya. Berikut ulasan singkat tentang beberapa fitur tersebut

Punch Hole 6.51” plus HD+ Smart Screen

Menggunakan punch hole untuk kamera depan membuat layar ponsel jadi lebih luas. Sehingga memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna karena rasio layar ke bodi bisa lebih besar.

Selain itu dengan adanya fitur Sunlight screen dan Moonlight screen membuat pengguna ponsel ini tetap nyaman digunakan dalam berbagai kondisi. Baik itu di luar ruangan ketika siang bolong  maupun ketika malam hari di tempat tanpa penerangan sama sekali.

Apalagi didukung dengan teknologi Eye Comfort Mode yang dapat mengurangi intensitas cahaya biru penyebab mata tegang. Bisa lebih betah mentelengi layar ponsel untuk tetap produktif ketika mengolah konten.

Baterai 5000mAh dengan Fast Charging 18W

Baterai 5000mAh di ponsel Oppo A54 yang sudah dioptimasi bisa digunakan untuk chatting, internetan maupun streamingan hanya dengan sekali charge dalam waktu satu hari.

Dengan kapasitas baterai yang besar dan penggunaan daya yang efisien, ponsel bisa menyala lebih lama untuk menunjang produktivitas. Meski baterai hampir habis pun, pengguna ponsel bisa mengaktifkan fitur Super Power Saving Mode sehingga masih tetap bisa digunakan lebih lama lagi.

5000mAh sepertinya sudah lebih dari cukup untuk digunakan seharian penuh di jam produktif. Untuk charge, bisa dilakukan di malam hari ketika tidur seperti yang selama ini sering saya lakukan

Ponsel ini didukung dengan fast charging 18W melalui kabel USB-C dan fitur Optimized Night Charging yang akan mempelajari kebiasaan tidur dan cas ponsel kamu sehari-hari.

Proses fast charging ketika malam hari akan berlangsung sampai baterai 80% penuh. Sisanya akan dilakukan menjelang kamu bangun. Sehingga ketika kamu bangun, baterai sudah terisi 100%. Dengan adanya fitur ini, masa pakai baterai ponsel akan lebih awet dibandingkan yang di charge semalaman nonstop.

Kamera Depan 16MP dengan AI Beautification

Kalau dulu kamera depan hanya untuk pantes-pantesan, sekarang kamera depan yang bagus merupakan sebuah nilai plus sebuah ponsel. Apalagi era bikin konten melalui live streaming akan jauh lebih mudah dengan kamera depan.

Tambahan fitur AI Beautification yang bakal membantu koreksi warna kulit dan pencahayaan akan membantu penampilan lebih natural ketika selfie.

Selain itu, 3 kamera di bagian belakang memiliki fungsi yang saling melengkapi. Ada kamera utama dengan 13MP yang memiliki diafragma 2.2. Ada juga kamera makro 2MP dengan diafragma 2.4. Serta kamera bokeh 2MP yang membantu AI mengenali objek wajah sehingga bisa menghasilkan efek bokeh yang cakep.

Sertifikasi Tahan Air IPX4

Ponsel Oppo A54 ini juga sudah dilengkapi dengan lapisan tahan air dengan sertifikasi IPX4 yang artinya ponsel ini masih aman apabila terkena air dari berbagai sisi. Jadi kalau kehujanan, masih aman lah ya

Karena sebelum diluncurkan sudah melalui tahap uji coba dengan metode uji hujan pipa-ayun selama 10 menit. Sekitar 2.5 menit di setiap sisinya). Setelah 72 jam penggunaan normal tidak ada error yang terjadi. Dari uji lab tersebut, ponsel ini mendapatkan sertifikasi IPX4

Jadi just in case kehujanan di jalan pulang atau menuju tempat berteduh. Ponsel kamu masih aman dan dapat digunakan dengan normal.

Dukungan Hyperboost

Hyperboost merupakan fitur yang membantu ponsel untuk merespon penggunaan aplikasi dan game lebih cepat. Sehingga bisa meminimalisir lagging ketika digunakan multitasking dengan beberapa aplikasi sekaligus.

Karena fitur ini membantu RAM melakukan efisiensi hingga 50%. Menarik bukan?

Body Kecil dan Enteng

Memiliki body yang ramping dan enteng merupakan nilai lebih. Karena bisa dengan mudah masuk ke saku serta lebih mudah digenggam. Ada dua pilihan warna Starry Bule dan Crystal Black yang bisa kamu pilih. Kalau saya tentu warna Crystal Black yang akan dipilih

Kesimpulan

Smartphone 2 jutaan

Untuk harga ponsel 2 jutaan, Oppo A54 ini termasuk ponsel yang worth it untuk dibeli. Dukungan fitur yang seabrek, untuk menunjang produktivitas mengelola media sosial sudah lebih dari cukup

Meski memiliki baterai yang cukup besar 5000mAh, namun body tetap bisa dibuat slim dan ringan sehingga tetap nyaman untuk dibawa kemana aja. 

Jadi, bagaimana rekomendasi smartphone 2 jutaan dari OPPO ini menurutmu? Layak bukan dipertimbangan untuk dipinang demi hidup yang lebih produktif tanpa hambatan.

Nelateni nganggur dengan menulis blog. Ikuti aku di Facebook, Instagram, Twitter maupun Linkedin

Artikel Terkait

Leave a Comment