Panduan Mengisi Formulir W-8BEN-E

Promo Shopee Agustus

Panduan Mengisi Formulir W-8BEN-E. Form W-8BEN-E merupakan form yang harus diisi sebelum mendapatkan penghasilan dari perusahaan berbasis di Amerika seperti Facebook maupun Google. Sebelum kita mengisi form ini, ada kemungkinan pembayaran kita ditahan sampai kita mengisinya. Dalam kata lain, kita tidak akan mendapatkan pembayaran apabila tidak mengisi form ini.

Sebelumnya saya pernah menulis cara mengisi tax information Google Adsense dimana kita diminta untuk mengisi form W-8BEN, pada kesempatan ini saya mau berbagi cara mengisi form W-8BEN-E yang diminta oleh Facebook. Form W-8BEN-E merupakan form yang ditujukan untuk sebuah entitas / bisnis yang mendapatkan penghasilan dari perusahaan Amerika.

Mungkin karena saya membuat akun facebook business manager, sehingga saya diharuskan untuk mengisi form W-8BEN-E. Tapi nggak perlu khawatir kok, kita tetap bisa mengisi dan mendapatkan penghasilan dari Facebook.

Apa itu Form W-8BEN-E?

Kalau ditanya apa itu Form W-8BEN-E saya merujuk dari situs resmi IRS (Dirjen Pajaknya Amerika), form ini digunakan oleh entitas/bisnis asing ( dari luar amerika) untuk mendokumentasikan status pemotongan dan pelaporan pajak bisnis di Amerika.

Kita bisa mendapatkan pengurangan potongan pajak juga dari pemerintah Amerika Serikat, karena bukan merupakan warga negara Amerika. Sehingga potongan yang dikenakan terhadap penghasilan kita di Amerika itu tidak terlalu besar.

Kenapa Harus Isi Form W-8BEN-E?

Ini salah satu persyaratan untuk menerima pembayaran dari perusahaan yang ada di Amerika, tanpa mengisi form ini penghasilan kita dari Facebook (dalam case saya) tidak dapat dicairkan kepada kita.

Selain itu, seperti yang sudah pernah saya tulis di artikel mengisi tax information Google Adsense bahwa kita bisa mendapatkan keringanan potongan dari pungutan pajak pemerintah Amerika Serikat yang mencapai 30%.

Dengan mengisi form pajak ini kita bisa memperoleh pengurangan potongan tersebut hingga 10%. Lumayan bukan? Bisa buat tambahan bayar pajak penghasilan di dalam negeri bukan?

Cara Mengisi Formulir W-8BEN-E

Berikut step by step bagaimana mengisi form Form W-8BEN-E untuk persyaratan pencairan pembayaran dari Facebook karena studi kasusnya saya tetiba mendapatkan penghasilan dari Facebook. Sehingga diminta untuk mengisi formulir ini untuk pencairan komisi. Tapi bisa juga untuk pencairan dari berbagai macam perusahaan berbasis Amerika lainnya.

  1. Identification of Beneficial Owner

    Mengisi Formulir W-8BEN-E

    Pada nomor satu tulis entitas / perusahaan. Saya mendaftarkan diri di Facebook sebagai individual business, sehingga pada bagian ini saya isi dengan nama lengkap saya. Untuk nomor dua isi dengan kewarganegaraan / basis negara perusahaan yang nomor 1 berdiri. Saya isi dengan Indonesia. Sedangkan untuk nomor 3 bisa dikosongi saja.

  2. Status Entity Type

    Panduan Mengisi Formulir W-8BEN-E 2

    Nomor 4, saya pilih status entity sebagai partnership. Kemudian centang bagian bawah dengan pilihan YES.

  3. Informasi Tempat Tinggal

    Panduan Mengisi Formulir W-8BEN-E 3

    Nomor 6, kita isi alamat lengkap sesuai dengan KTP. Lengkap dengan Kota dan kodeposnya. Kemudian jangan lupa isi juga negara Indonesia.
    Nomor 7 nggak perlu diisi kalau kamu tinggal sesuai dengan KTP. Kalau tempat tinggal beda sama KTP kamu isi alamat pengiriman surat.
    Nomor 8, karena kita bukan warga negara US.
    Nomor 9b, dengan nomor NPWP kita. Referensi dokumen

  4. Claim of Tax Treaty Benefits

    Panduan Mengisi Formulir W-8BEN-E 4

    Nomor 14, isi dengan Indonesia.
    Nomor 15, saya mengisi dengan Article 13 and Paragraph 2, claim 10% ketika menjadi Facebook Creator dengan alasan kita bukan warga / tinggal di negara Amerika Serikat

  5. Certification

    mengIsi Form W-8BEN-E

    Setelah isi nomor 15, langsung scrolling aja ke halaman terakhir, centang I certify dan tanda tangan. Masukkan nama terang dan tanggal tanda tangan.

Video Tutorial Mengisi Formulir W-8BEN-E

Apabila masih bingung dengan tutorial di atas, kamu bisa menonton video tutorial yang sudah saya buat. Apabila ada kesalahan dalam penjelasan video tutorial ini, mohon koreksinya dengan menulis di kolom komentar. Pembetulan / revisi dari video tutorial ini akan di update pada artikel ini.

Pertanyaan Seputar W-8BEN-E

Apabila ada pertanyaan seputar Formulir W-8BEN-E bisa langsung tulis di kolom komentar di bawah ya, beberapa pertanyaan yang mungkin membantu banyak orang akan saya kurasi dan update di artikel ini. Yuk, mari sama-sama belajar tentang pajak

Nelateni nganggur dengan menulis blog. Ikuti aku di Facebook, Instagram, Twitter maupun Linkedin

Leave a Comment

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.