Mengisi Tax Information Google Adsense

Kamu sedang mencari panduan untuk mengisi tax information Google Adsense bukan? Google Adsense merupakan salah satu passive income yang lumayan untuk uang jajan. Kalau biasanya sekitar tanggal 20an sudah mendapatkan status pembayaran google adsense berhasil, namun kali ini berbeda. Status pembayarannya pending, ternyata saya diminta untuk mengisi tax information, alias informasi pajak.

Per Juni 2021, Google akan melakukan pemotongan pajak untuk penghasilan yang didapatkan dari viewer Amerika. Kamu harus mengisi informasi pajak ini untuk menyatakan kalau kamu bukan warga Amerika. Karena kalau sampai tanggal 31 Mei 2021 kamu belum mengisi informasi pajak ini, penghasilan kamu akan dipotong hingga 24% karena dianggap sebagai penduduk US.

Jadi, saranku ya mulai diisi aja ya. Saya kurang tau kedepannya bakal gimana kalau nggak ngisi ini. Namun ada baiknya manut aja sama peraturan yang berlaku.

Fungsi Mengisi Tax Information

Mungkin banyak teman-teman yang bertanya, apa sih manfaat dari mengisi tax information di google adsense ini? Salah satunya adalah untuk mencairkan pembayaran. Karena dalam beberapa kasus memang diharuskan untuk mengisi tax information untuk menapatkan bayaran.

Selain itu, sebagai warga negara Indonesia kamu juga bisa mendapatkan pemotongan pajak hingga 0% yang disebut dengan Tax Treaty. Kebijakan ini merupakan pernjanjian kerjasama antara Amerika dengan Indonesia. Caranya? Ya dengan mengisi informasi pajak yang disebut W-8BEN untuk individu dan W-8BEN-E untk badan usaha.

Kalau mau tau lebih lengkap tentang Tax Treaty, kamu bisa baca di sini.

Panduan Mengisi Tax Information

Wajib Isi Tax Information Google Adsense

Pada bagian ini saya mau mencoba membantu teman-teman untuk mengisi tax information di google adsense. Kebetulan semalam status pembayaran google adsense saya masih pending dengan kode di belakangnya. Saya kurang tahu apakah itu mengharuskan saya untuk mengisi tax information. Tapi setelah mengisi tax information, pagi ini statusnya sudah issued dan udah bisa ambil bayaran google adsense di kantor pos.

  1. Tipe Akun Google Adsense

    Mengisi Tax Information Google Adsense 1

    Mengisi tipe akun google adsense, karena aku merupakan perorangan aku memilih individual. Kemudian tekan tombol next untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya

  2. Status Kewarganegaraan US

    Mengisi Tax Information Google Adsense 2

    Apakah kamu merupakan seorang warga negara US? Karena saya bukan, saya pilih yang No. Lanjut dengan menekan tombol next

  3. Pilih W-8 Form

    Pilih W-8 Form

    Langkah selanjutnya adalah dengan memilih W-8 Form untuk bisa memperoleh tax treaty

  4. Isi NPWP untuk Tax Treaty

    Mengisi Tax Information Google Adsense 3

    Isi country of citizenship dengan kewarganegaraanmu. Kalau saya merupakan warga negara Indonesia ya diisi Indonesia. Sedangkan Taxpayer Identification Number diisi dengan NPWP kalau kamu ingin mendapatkan tax treaty. Kalau nggak diisi juga gpp sih, cuma saya kurang tahu apa dampaknya kedepan. Kemudian tekan tombol next untuk melantjukan proses pengisian.

  5. Isi Alamat

    Mengisi Alamat

    Langkah selanjutnya adalah dengan mengisi alamat tempat tinggal.

  6. Claim Tax Treaty

    Claim Tax Treaty

    Claim Tax Treaty biar nggak bayar pajak dobel. Pilih yes dan pilih negara Indonesia.

  7. Lengkapi Tax Treaty

    Isi Tax Treaty

    Nggak perlu ngapalin nomor point-pointnya karena tinggal klik udah ada dropdownnya kok. Kemudian centang-centang aja sih :))

  8. Preview Document

    Document Review

    Review dokumennya terlebih dahulu, kalau sudah sesuai bisa confirm dan lanjut ke next step ya

  9. Menyetujui

    Menyetujui Tax Information

    Dalam step terakhir ini yaitu persetujuan, isi dengan nama lengkap sesuai dengan KTP. Kemudian pilih menu yes apabila kamu mengisi atas namamu sendiri dan tekan tombol next.

  10. Submit

    Submit Tax Information

    Langkah terakhir adalah mengisi activities and services performed in US and affidavit. Btw salah ambil screenshot, kalau sebelumnya udah pernah ambil pembayaran pilih yuang i am providing tax info for an existing payments profile that has previously received payments. Tekan Submit deh! Dan selesai deh ngisinya.

Pembayaran Pajak di Indonesia

Oh iya, kamu juga tetap harus membayar perpajakan di Indonesia ya, Tax Treaty hanya membantumu untuk tidak membayar pajak ganda yaitu penghasilan dari Amerika dan Indonesia. Jadi kamu tetap harus membayarkan pajak di Indonesia sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Jadi kalau kamu blogger maupun youtuber, kamu tidak perlui membayar pajak oleh negara amerika sebagai yang memberikan penghasilan. Namun kamu tetap harus membayar pajak di Indonesia.

Mungkin itu dulu tutorial untuk mengisi tax information di google adsense. Apabila ada kesalahan dalam penulisan istilah atau pengertian di atas, minta tolong untuk dikoreksi ya. Sehingga saya bisa memperbaiki tulisan ini untuk kemudahan teman-teman memahami tentang tax information ini.

Apabila ada pertanyaan, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar yak.

Nelateni nganggur dengan menulis blog. Ikuti aku di Facebook, Instagram, Twitter maupun Linkedin

Artikel Terkait

2 thoughts on “Mengisi Tax Information Google Adsense”

Leave a Comment