Live Chat Smartfren

Pandu Aji

Kategori: Catatan

Beli Pulsa Smartfren via LinkAja Tidak Masuk

Ditulis:

Beli paket data Smartfren melalui aplikasi Mysmartfren dan bayar pakai LinkAja tetapi tidak masuk, ini pengalaman pertama saya mengalami kendala saat isi ulang pulsa. Tapi akhirnya permasalahan ini terselesaikan kurang dari 6 jam.

Saya mau cerita bagaimana kok beli pulsa smartfren nggak masuk, padahal saldo di LinkAja sudah terpotong.

Kronologi

Awalnya saya ingin membeli paket data unlimited non stop 30Gb untuk 30 hari yang dibandrol dengan harga Rp77.000. Saat pembayaran, saya menggunakan metode LinkAja.

Diminta masukin nomor handphone LinkAja dan password LinkAja. Setelah itu buka aplikasi LinkAja dan buka Inbox. Ada kode verifikasi untuk transaksi di aplikasi MySmartfren.

Kembali buka aplikasi MySmartfen, masukkan kode verifikasinya dan saya kirimkan. Saya pun menutup aplikasi dan pergi ke luar tanpa melihat status transaksinya.

Sesampainya di tempat tujuan, saya buka handphone kok dapat notif kalau transaksi saya gagal. Oh, mungkin waktu verifikasi tadi keburu keputus internetnya sehingga gagal.

Karena udah lebih dari 5 menit, otomatis pesanannya hangus dong. Pas mau bayar lagi pakai LinkAja, lho saldonya kok sudah berkurang. Saya cek ke LinkAja, ternyata benar status transaksinya berhasil, tapi modem wifi rekomendasi saya belum mendapatkan tambahan kuota sehingga nggak bisa dipakai waktu di kebon.

Ketika sampai di kantor, saya coba deh buka live chat di aplikasi MySmartfren. Waktu itu kebetulan yang handle Mbak Meli. Nggak nyangka aja live chat keluhan bisa dijawab dengan sat set.

Live Chat Smartfren

Setelah menceritakan kronologinya, Mbak Meli ini bantu buatkan pelaporan dulu. Diminta email dan nomor handphone untuk follow up pelaporannya.

Follow Up Pelaporan

Sekitar 2 jam setelah menutup sesi chat dengan Mbak Meli tepatnya pukul 3.57 PM, saya mendapatkan email tentang keluhan saya. Di email, saya diminta untuk mengirimkan screenshot bukti pembayaran LinkAja yang dilengkapi waktu transaksi dan statusnya sudah berhasil.

Saya lampirkan screenshot dari LinkAja di bawah ini untuk menunjukkan bahwa saya sudah melakukan transaksi tersebut dan statusnya berhasil. Berhasil mengurangi saldo LinkAja juga.

Pembayaran dengan LinkAja

Sekitar pukul 5.07 PM saya mendapatkan email follow up bahwa laporan saya telah diteruskan ke team terkait. Diminta menunggu paling lamabat tanggal 26-12-2023. Alamat harus beli paketan di handphone dulu. Padahal besok mau ngisi kelas.

Sekitar pukul 07.06 PM, saya mendapatkan email dari Smartfren bahwa kendala tersebut sudah teratasi dan paket data sudah masuk ke nomor modem wifi saya pada pukul 06.57 PM.

Paket Data masuk

Tips Melaporkan Permasalahan

Tips dari saya untuk teman-teman yang mau melaporkan permasalahan terkait pulsa yang nggak masuk. Ini berlaku juga untuk operator lain.

  • Tetap tenang, nggak perlu mencak-mencak apalagi misuh-misuh. Saya tahu kamu kesel, hal semacam ini kadangkala memang terjadi. Toh saya juga mengalaminya
  • Ceritakan kepada customer service dengan runtut peristiwa yang kamu alami, kalau bisa sedetail mungkin sehingga customser service bisa memberikan solusi.
  • Setelah itu sabar dulu, ikuti prosedur yang sudah diinfokan oleh cs terkait.

Selama kamu bisa memberikan informasi yang runtut dan detail, saya percaya bahwa cs bisa memberikan solusi untuk masalah-masalahmu. Tetapi kadang memang harus di viralkan untuk mendapatkan pelayanan prima. ingat ya KADANG. nggak terus terusan.

Terima kasih smartfren atas layanan customer servicenya yang sat set. Terima kasih juga Mbak Meli, sudah bantu permasalahan saya.

Nelateni nganggur dengan menulis blog. Ikuti aku di Facebook, Instagram, Twitter maupun Linkedin

Shopee Lovember

Leave a Comment