Dapat Peluang Berjejaring di Smartfren Community

“Rahasia kesuksesan itu ada tiga, yaitu Usaha, Doa dan Orang Dalam” merupakan kalimat penutup presentasi ketika saya menjadi narasumber FGD di jurusan Multimedia Broadcasting Politeknik Elektronika Negeri Surabaya awal Nopember lalu.

Sayangnya kalimat penutup yang saya pilih untuk membuat tertawa banyak orang gagal. Saya kok nggak kepikiran kalau FGD yang berlangsung secara daring ini mengharuskan para peserta nge-mute mic. Jadi mana saya tau apakah para peserta ada yang ketawa.

Namun setidaknya, salah satu dosen yang mengikuti FGD tersebut membuat story dan memention akun instagram saya @ndundupan yang bilang bahwa presentasi ala cak lontong. Ah, setidaknya ada satu orang yang tertawa dengan kemasan presentasi yang saya buat :))

Berjejaring Melalui Komunitas

Dua tahun lalu, Om Re kawan senior blogger menawari saya untuk bergabung dengan Smartfren Community. Sebuah komunitas pengguna smartfren yang tumbuh secara organik sejak beberapa tahun lalu. Saya punya kenangan dengan operator ini ketika memulai bisnis di Internet.

Paket internet smartfren unlimited kartu pascabayar yang cuma 90ribu per bulan dengan FUP harian 500MB dan kecepatan 768Kbps di Jaringan CDMA sudah lebih dari cukup untuk membangun banyak blog yang menghasilkan pundi-pundi dollar untuk anak kos yang gak memungkinkan untuk memasang koneksi fiber optik.

Selain ajakan untuk bergabung, saya langsung ditawari untuk melakukan perjalanan ke Jawa Barat dengan semua akomodasi ditanggung. Lah, sebagai travel blogger pemula, siapa yang bisa menolak jalan-jalan gratis dapet konten pula?

Nggak pake cing cong, langsung iyain aja deh. Katanya kesempatan gak datang dua kali.

Smartfren Community
Gathering Smartfren Community tahun 2018

Kurang dari dua minggu setelah menerima ajakan tersebut, saya naik kereta api Gajayana untuk pertamma kalinya menuju ke Jakarta untuk bertemu 30an Leader Smartfren Community se Indonesia dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Siapa sangka dengan mengikuti gathering nasional smartfren community memberikan saya banyak peluang untuk belajar sekaligus membangun jejaring yang nggak pernah saya bayangkan sebelumnya.

Smartfren KOL Incubator

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal tulisan ini, bahwa rahasia kesuksesan orang itu ada tiga. Yaitu usaha, doa dan orang dalam. Sebagai rakyat jelata yang tinggal di desa, perkara mencari orang dalam tentu bukan perkara yang mudah. Apalagi bisa nongkrong bareng duo kontroversional dari MLI yang dicap sebagai penista agama oleh sebagian orang?

Smartfren Community
Smartfren KOL Incubator 2019

Gegara Smartfren Community saya bisa mengikuti Smartfren KOL Incubator dan belajar banyak tentang membuat konten bersama duo MLI ini. Ini salah satu bukti nyatan bahwa berjejaring melalui komunitas bisa membuka peluang yang sangat luas, bahkan untuk hal-hal yang terkadang nggak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Ketika peserta lain harus mengikuti rangkaian kegiatan inkubator dan seleksi untuk bisa ikut KOL Incubator ini. Sedangkan saya? Bermodal anggota komunitas bisa datang dan mengikuti rangkaian kegiatannya dengan gratis. Termasuk biaya akomodasi selama perjalanan mengikuti kegiatan ini yang ditanggung oleh Smartfren.

Mungkin terdengar tidak adil ya? Terkadang hidup memang tidak adil, jadi biasakanlah :))

Kalau nggak karena orang dalem apa bisa kaya gini? Makanya berjejaringlah, berikan manfaat sebanyak-banyaknya pada komunitas. Percayalah suatu saat kamu akan mendapatkan manfaatnya.

Menambah Jejaring Pertemanan

Gegara pandemi, event bulanan yang biasanya diadakan oleh smartfren community di daerah-daerah berubah menjadi kelas daring yang bisa diikuti oleh siapapun melalui Facebook Smartfren Community, Instagram Smartfren Community hingga Youtube Smartfren Community

Event Online bersama Smartfren Community

Ada banyak pembicara keren yang berbagi pengetahuan dalam kelas daring. Tinggal sesuaikan saja dengan tema yang ingin diangkat. Gegara kelas online ini, saya bisa berkenalan dengan Andriawan Praktikto, salah satu youtuber kondang yang ternyata sama-sama tinggal di Blitar.

Awalnya dari kelas online dan berujung pada pertemuan-pertemuan offline. Memberikan wawasan tentang berbagai hal seputar transportasi baik yang ada di Indonesia maupun seluruh dunia.

Saya pun jadi tahu kenapa alasan bus jurusan Jakarta via jalur selatan selalu berangkat / berakhir di Blitar. Karena untuk mendapatkan rute sejauh mungkin sehingga penumpang dalam bus bisa maksimal.

Membuka Peluang Kolaborasi

Produksi video pendek bersama teman-teman
Produksi video pendek bersama teman-teman

Beberapa waktu lalu Smartfren juga membuka peluang untuk kawan-kawan di komunitas yang memiliki ketertarikan untuk membuat koten. Alhasil saya ikut dan membuat video tentang membuka peluang di kala pandemi.

Bercerita tentang seorang pedagang sayur yang memanfaatkan Mifi dan Kuota Non Stop smartfren untuk berbagi koneksi dengan para ibu-ibu komplek yang berbelanja sayur. Videonya dapat dilihat pada tautan berikut ini

Dengan tantangan tersebut saya bisa berkolaborasi bersama Mas Betet yang merupakan salah satu pemain film yang memiliki jam terbang tinggi pada film festival. Dari situ saya belajar tentang bagaimana memproduksi sebuah video menjadi lebih baik.

Selain itu, saya bersama teman-teman yang sudah membantu belajar bagaimana memproduksi sebuah video yang ideal. Bahkan salah satu pemain yang baru pertama kali ikut syuting pada video di atas akhirnya mulai menunjukkan bakatnya dengan kembali menjadi pemain di iklan layanan masyarakat oleh KPU Kabupaten Blitar.

Meningkatkan Kemampuan

Sebagai salah satu leader Smartfren Community yang memiliki hobi membuat konten, saya mendapatkan dukungan untuk membuat konten seputar internet dan gadget. Bentuknya gimana? Saya dapat kiriman voucher data, modem bahkan handphone.

Saya bisa menggunakan perangkat dari smartfren community untuk meningkatkan skill dalam membuat konten baik berupa tulisan blog maupun video di youtube. Alhasil, pengunjung blog saya juga meningkat lumayan gegara menulis konten yang berkaitan dengan produk kiriman smartfren community.

Trafik dari Hasil pencarian di Google.

Setidaknya saya tidak harus mengeluarkan uang untuk membeli produk dan menuliskannya di blog. Oh iya, screenshot di atas kebanyakan konten seputar mifi dan wifi yak!

Selain itu saya juga bisa meningkatkan skill menulis konten yang SEO Friendly. Terbukti dengan munculnya tulisan blog sekaligus video saya di halaman 1 pencarian google kalau kamu coba searching dengan kata kunci Review Mifi S1.

Jumlah pengunjung serta viewer di blog maupun youtube selain dapat meningkatkan authority, juga bisa memberikan pendapatan tambahan.

Berbagi Peluang Melalui Koneksi

Belum lagi paketan data yang setiap bulan diberi oleh Pak Kadi dari Community Development Smartfren yang bisa saya manfaatkan untuk berbagi wifi di daerah Sumberurip, Doko. Salah satu desa di lereng gunung kawi dengan akses internet yang agak sulit.

Di sana saya punya kenalan petani yang luar biasa, beliau senantiasa mau belajar untuk upgrade skill dengan segala keterbatasannya. Setiap pergi ke kota, sering mampir rumah hanya untuk internetan sekaligus belajar tentang hal-hal yang belum dipahami untuk memecahkan masalah pertanian yang dihadapinya.

Begitu pun ketika saya main ke sana, dia akan senang untuk browsing dan mendownload banyak hal dari internet. Terutama video dan dokumen seputar pertanian. Setahun belakangan, jaringan smartfren sudah cukup baik di daerah Sumberurip Doko, Kabupaten Blitar.

Dapat Peluang Berjejaring di Smartfren Community 1

Setelah mendapatkan konten yang dibutuhkan, biasanya akan segera di download dan menunggunya sambil ngobrol ngalor ngidul. Maklum, koneksi di pegunungan nggak sebaik di kota. Butuh perjalanan kurang lebih satu jam dari Kota Blitar menuju desanya.

Minggu lalu ketika main ke sana, beliau cerita riset yang sedang ia lakukan untuk meningkatkan produksi biji timun yang sedang ditanamnya. Hal tersebut ia peroleh dari internet. Pantas saja, beberapa waktu lalu beliau nitip dibelikan salah satu produk untuk menunjang risetnya.

Sempat saya minta untuk ganti nomor smartfren biar lancar internetannya, namun apa daya handphone yang dimiliki masih Samsung Galaxy J1 mini prime yang hanya mendukugn jaringan 3G. Sehingga belum bisa menggunakan nomor smartfren. Oleh karena itu, setiap saya datang ke sana, beliau selalu memanfaatkan koneksi yang saya bawa untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkannya.

Berikut video tentang usaha pertanian timun kecil di depan rumahnya yang masih berjalan hingga saat ini.

Berjejaring di Smartfren Community

Gathering Smartfren Community 2020 di Yogyakarta
Gathering Smartfren Community 2020 di Yogyakarta

Memiliki privileges memang menyenangkan, ada banyak masalah yang lebih mudah dihadapi dengan adanya akses istimewa tersebut. Namun tidak semua orang beruntung bisa mendapatkannya secara cuma-cuma.

Membangun jejaring dari komunitas merupakan salah satu cara paling untuk mendapatkan privilege. Gunakan kemampuan yang kamu miliki untuk berkontribusi pada komunitas. Dengan begitu teman-teman di komunitas menjadi tahu tentang kemampuan yang kamu miliki. Ketika suatu saat mereka membutuhkan sesuatu yang membutuhkan kemampuanmu, mereka akan mencarimu dan memberikan peluang tersebut padamu. Penak to?

Seperti halnya saya yang mulai berkontribusi dengan kemampuan mendesain dan menulis di Smartfrenn Community. Dari kontribusi tersebut, saya memperoleh banyak peluang untuk hal-hal yang belum pernah saya bayangkan sebelumnya. Termasuk tergabung dalam squad content creator smartfren community yang dipercaya untuk membuat konten media sosial Smartfren Community bersama beberapa teman yang lain

Secara tidak langsung ini merupakan peluang untuk mengasah kemampuan diri dalam membuat konten yang menarik di era digital seperti saat ini. Tentunya juga membuka peluang-peluang baru lain yang nggak pernah kebayang sebelumnya.

Kalau kamu gimana?

Nelateni nganggur dengan menulis blog. Ikuti aku di Facebook, Instagram, Twitter maupun Linkedin

Artikel Terkait

24 thoughts on “Dapat Peluang Berjejaring di Smartfren Community”

  1. Wah, baru tahu kalau sinyal Smartfren di daerah Doko baguss 😀

    Sepakat sekali dengan kunci kesuksesan yang Mas sebutkan, apalagi poin ketiga. Wah, itu jangan ditanya lagi tingkat kesuksesannya. Hampir mencapat 100%! ~XD

    Btw aku juga banyak mendapatkan manfaat dari berjejaring ini, Mas. Beberapa pekerjaan yang saya handle sekarang saya dapat dari berjejaring. Selain itu juga menambah banyak teman untuk sekadar nongkrong cantik bahkan tak jarang juga bisa berkolaborasi. Heheheh 😀

    Reply
    • Awale byar pet, sekarang udah bisa buat sekadar chat bales email bahkan instagraman. Meski nggak selancar ketika lagi ada di kota sih. Tapi cukup untuk temporary kalau pas lagi main ke sana sambil belajar ke petani lokal.

      Dengan jejaring bisa meningkatkan kepercayaan terhadap diri sehingga bisa dapat banyak kerjaan. Kekuatan rekomendasi :))

      Reply
  2. Orang dalam at its finest. Jadi inget temen ada yang bisa pinjem salah satu venue gratis buat screening film karena kenal sama yang punya. Padahal biasane bayar sampe dua digit dan booking minimal h-2bulan :)))))

    Reply
  3. Selain Usaha, Doa, dan Orang dalam, ada satu lagi yaitu niat. Nek ra nduwe niat, mung niate tura turu, mangan, turu maneh yo ra bakal dadi. bener ora?

    bener gak bener, sing penting bener.

    Reply
  4. Aku selalu suka gaya berjejaringnya pandu ini, karena dia bisa masuk ke segala lapisan circle dan tidak sulit baginya untuk beradaptasi di lingkungan baru. Tulisannya selalu inspiratif!! ini lagi, baru tau kalo pandu ikut Smartfren community

    Reply
    • Mungkin karena sering pindah-pindah tempat tinggal waktu kecil, jadi mudah beradaptasi di tempat baru. Kecuali kalau emang enggak mau. Padahal kemarin main ke rumah, banyak pernak-pernik smartfren. Nang ndi aee ndin wkkwkwkwkwk

      Reply
  5. Wakakakak the power of orang dalam ini memang nggak main-main ya. Btw, asik banget deh dari Smartfren Community bisa kemana-mana dan kenal banyak orang!

    Reply
  6. Tapi emang betul sih, kadang the power orang dalam itu juga sangat mempengaruhi. Tapi usaha, doa, niat dan keyakinan tetap diutamakan. Salam berjejaring, sinergi dan kolaborasi.

    Reply

Leave a Comment