[SOLVED] Steam Error – Could Not Connect To Steam Network

promo shopee

Sejak duduk di bangku perkuliahan, saya suka menghabiskan waktu luang dengan bermain Dota 2 di Steam. Game ini menjadi satu-satnya alasan kenapa saya install windows 10 di komputer yang saya gunakan saat ini. Windows ini memang saya gunakan untuk bermain Dota

Meksipun bisa dimainkan di perangkat linux, namun faktanya saya lebih sering mengalami kendala apabila menjalankan di perangkat linux. Terutama yang berhubungan dengan driver grafis / vga. Daripada ribet, mending install windows aja. Toh gratis, nggak perlu memasukkan lisensi juga bisa.

Steam Error

Bayangin lagi suntuk malem-malem mau main game eh lha kok muncul error di steam

Steam Error - Could Not Connect To Steam Network

Padahal browser juga dibuat browsing nggak ada masalah sama sekali. Berarti ada yang bermasalah dengan koneksi komputer kita ke Steam Server. Waktu yang harusnya bisa digunakan untuk draft hero, jadi bingung mencari gimana caranya biar bisa konek lagi dengan steam server.

Panduan Mengatasi Tidak Konek ke Steam Server

Beriku panduan untuk mengatasi bagaimana server tidak konek ke Steam Server yang sudah saya lakukan sehingga bisa digunakan untuk main dota 2 tanpa ada masalah dengan koneksinya.

Pastikan Kamu Online!

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa internetmu online tanpa kendala. Caranya gimana? Kalau saya langsung youtube dan coba play video yang ada di youtube. Kalau tidak ada kendala dalam memutar video di youtube, berarti tidak ada yang salah dengan koneksi internet.

Jalankan Steam as Administrator

Langkah kedua adalah menjalankan steam dengan administrator. Klik kanan pada shortcut Steam kemudian pilih Run as administrator. Ketika melakukan cara ini, tetiba display pada monitor ngerestart (monitornya aja) dan membuat softwar radeon saya rusak. Saya nggka tahu kenapa

Kalau kamu berhasil menggunakan cara ini ya selamat, berarti tidak ada permasalahan dengan kamu. Case tiap orang bisa beda-beda.

Restart Komputer

Karena hopeless mencoba cara pertama nggak bisa, saya juga sudah coba buka tutup aplikasi steam tetapi tetap mengalami error tidak mau konek ke server steam. Akhirnya saya coba untuk restart komputer.

Dalam beberapa kasus, cara ini berhasil. Saya pernah mencoba cara ini ketika download update steam tetapi nggak kelar-kelar loadingnya.

Cek Status Server Steam

Apabila setelah kamu restart ternyata masih error, ada baiknya kamu cek dulu status server steam. Apakah sedang mengalami gangguan. Meski kasus ini jarang terjadi, namun siapa tahu pas kamu mau main memang sedang ada gangguan di server steam.

Kamu bisa cek statusnya di halaman resmi steam server status.

Gunakan Koneksi TCP di Steam

Steam Error

Secara default, steam menggunakan UDP (Users Datagram Protocol). Caranya gimana? Buka Windows Start Menu > Cari Steam > Klik kanan > More > Open File Location > Klik Kanan pada Shortcut Steam > Properties > Tambahkan -tcp pada target fields.

Ada Pertanyaan?

Apabila ada pertanyaan seputar ini bisa coba tulis di kolom komentar. Saya akanc oba bantu sebisa mungkin. Setelah menggunakan koneksi TCP di Steam, saya sudah bisa main dota 2 lagi dengan nyaman.

Nelateni nganggur dengan menulis blog. Ikuti aku di Facebook, Instagram, Twitter maupun Linkedin

Artikel Terkait

Leave a Comment

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.