Tujuan dan Alasan Kenapa Harus Ngeblog

Kenapa harus membuat blog? Merupakan sebuah pertanyaan yang sering aku peroleh dari teman-teman. Ada banyak alasan untuk ngeblog maupun untuk tidak ngeblog. Semua tergantung bagaimana teman-teman memandanganya. Jujur, 10 tahun lalu aku memulai sebuah blog karena satu alasan sederhana “Berlomba agar ketika namaku diketikkan di mesin pencarian, akan muncul lebih banyak timbang nama temanku”. Sederhana bukan untuk seorang pelajar SMK?

Seiring dengana aktifnya aku dalam menulis blog dan berujung sekarang membuat blog ini, aku masih terus mencari kenapa harus ngeblog. Sebenarnya kalau dijabarin ada banyak buanget tujuan dan alasan untuk ngeblog. Jadi, pada postingan kali ini aku cuma mau menulis yang selama ini aku yakini. Sebelum kamu belajar cara membuat blog yang bagus, ada baiknya menemukan dulu alasan membuat blog.

Berbagi Pengetahuan

Jika kamu mau membuka arsip blogku yang beralamat di panduaji.net, dulunya aku suka menulis tentang tutorial Blender 3D, tutorial blog, dan berbagai macam tutorial lainnya. Bahkan materi tentang kuliah pun aku tulis di blog tersebut dengan tujuan bisa membantu teman-teman yang sedang belajar hal yang sama.

Aku masih ingat apa kata mas Hiza beberapa tahun lalu. Kamu sudah mendownload banyak pengetahuan, makanya kamu ganti harus upload pengetahuan supaya tidak menumpuk sehingga membebani pikiranmu. Gimana cara paling mudah untuk upload pengetahuan? Dengan cara menuliskan di blog!

Nggak semua pengetahuan harus diingat terus menerus! Jadi kalau teman bertanya, aku tinggal memberikan linknya dan beres deh. Nggak perlu ngetik jawaban yang sama berulang kali. Begitu pun ketika ujian, nggak perlu bolak-balik halaman untuk mencari jawabannya tinggal buka blog terjawab deh pertanyaannya :D. Lebih efektif bukan? Haha. Makanya rajin nyatet materi kuliah di blog, selain bermanfaat untuk orang lain yang nggak ambil kuliah tersebut tapi pengen belajar juga bisa bermanfaat untuk diri sendiri.

Berbagi Opini

Beberapa kali aku menuliskan opini tentang apa yang aku pikirkan di blog. Maklum, rakyat jelata nggak punya kolom di media populer, lagipula aku juga sepertinya belom siap dihujat oleh netijen yang terkenal kejam :D, blog pribadi adalah media paling nyaman untuk berbagi. Kalau nggak ingin dikomentari orang, tinggal matikan kolom komentar.

Namun biasanya banyak teman-teman yang meninggalkan komentar untuk berpendapat meski nggak memberikan pendapatan :D. Namun setidaknya dengan terjalinnya komunikasi dua arah melalui komentar blog bisa membantu kita menjawab pertanyaan-pertanyaan atau bahkan mungkin solusi dari opini yang kita lemparkan ke publik melalui postingan blog. Percayalah, bahwa setiap blog itu punya pembaca rahasia yang senantiasa membaca setiap postingan yang ada. Hanya saja kita nggak tahu siapa dia, tetapi itu nyata adanya.

Oh iya, kalau ada komentar nyinyir, langsung delete saja biar diskusinya berjalan dengan lancar dan tidak menghancurkan mood.

Membangun Reputasi

Blog bisa digunakan untuk pencitraan dan membantung reputasi diri secara online. Kamu ingin dikenal sebagai apa di dunia maya ini? Sebagai seorang blogger? Travel blogger? atau bahkan hacker? Semua bisa kamu sesuaikan dengan keinginan.

Kamu juga bisa berbagi portofolio melalui sebuah blog. Sebagai seorang freelancer portofolio semacam ini benar-benar sangat bermanfaat untuk menunjang pekerjaan. Dengan melihat portofolio, klien bisa tahu bisa apa saja kita, dan sudah ngapain aja selama ini?

Meski di dunia nyata tetangga sampai saat ini masih banyak yang bingung aku ini sebenernya kerja apa, namun di dunia maya lumayan lah. Punya puluhan ribu follower di akun Jelajah Blitar yang juga sudah aku buatkan web tersendiri.

Meski di dunia maya kamu bisa menjadi apapun, jangan berlebihan karena lama-kelamaan, apa yang kamu citrakan di dunia maya akan mempengaruhi kehidupanmu di dunia nyata.

Membangun Jejaring

Menulis blog kemudian bertemu dengan orang-orang yang menulis blog se-niche / serupa itu benar-benar menyenangkan. Seperti yang aku alami ketika mengikuti Famtrip Jalan Jalan ke Palembang akhir tahun kemarin yang mempertemukan dengan para travel blogger dari seluruh Indonesia.

Dengan berjejaring bisa membuka wawasan lebih luas lagi dan membuat diri kita berkembang. Melihat teman-teman yang aktif nulis blog membuatku semakin ingin juga untuk sering update di blog. Sehingga mendorong produktivitas dalam menulis. Kadang produktivitas menulis itu beriringan dengan ketebalan isi rekening kok.

Mendapatkan Penghasilan

Tidak dapat dipungkiri bahwa kita bisa mendapatkan uang dari blog. Bahkan 7 tahun belakangan aku sudah mendapatkan penghasilan dari blog yang hasilnya lumayan lah. Mau cari duit di blog? Bisa pake banget. Namun sebelum memulai hal itu, ada banyak banget yang harus kamu pelajari. Makanya subscribe blog ini ya, biar bisa tahu bagaimana cara mendapatkan uang dari blog.

Saranku, jangan kebacut mengejar penghasilan dari blog. Apalagi blog pribadi. Masa iya, blog pribadi isinya iklan terus? Kan yo nggak pantes. Buat sendiri blog untuk menghasilkan uang, pisahkan dari blog pribadi. Biar bisa maksimal. Lain kali aku akan tulis tentang topik ini, stay tune aja di blog ini. Masih banyak tanggungan tulisan yang udah terlanjur aku list untuk diprioritaskan

Kesimpulan

Ada banyak banget sebenarnya alasan membuat blog atau menulis di blog, tergantung masing-masing pribadinya mau menggunakan blog sebagai apa. Kalau aku sendiri, cukup 5 point di atas.

Ada baiknya kamu memang membuat daftar alasan untuk membuat sebuah blog. Ini sangat berguna untuk menentukan tujuan blogmu itu mau dibawa kemana, tanpa tujuan yang jelas isi blog akan lontang-lantung gak jelas juga. Jadi, sekarang apa tujuanmu menulis / membuat blog? Ceritakan di kolom komentar yak!

No Responses

  1. Pingback: Antara Blogger atau Wordpress? Pilih Mana? - Panduaji.com January 21, 2019

Leave a Reply