Cara Memperbaiki Speaker Jebol di Laptop / Macbook

Cara Memperbaiki Speaker Jebol – Sedang enak bersantai sambil menikmati iringan musik dangdut koplo yang bikin geleng-geleng, tetiba terdengar suara yang bikin telinga nggak nyaman. Alunan musik dangdut koplo masih terdengar sayup-sayup meski sesekali hilang ditelan suara cempreng gak jelas dari mana asalnya. Setelah aku telusuri, jebul speaker yang ada di laptop jebol! Sehingga untuk suara kencang, nggak bisa terdengar layaknya lagi.

Hal tersebut terjadi beberapa tahun lalu, mungkin sekitar tahun 2016an. Sayangnya saat itu aku nggak ngerti kalau ternyata speaker laptop yang jebol itu bisa dengan mudah diperbaiki. Beberapa waktu lalu, Mas Betet datang ke rumah untuk pinjam obeng kecil yang rencananya digunakan untuk memperbaiki speaker laptopnya yang jebol.

Mumpung ada yang sudah pernah mencoba, nggak ada salahnya untuk bikin video tutorial cara memperbaiki speaker jebol di laptop yang kebetulan menggunakan macbook.

Penyebab Speaker Jebol dan Pecah

Ada banyak hal yang bisa mengakibatkan speaker jebol dan menghasilkan suara yang pecah. Kalau aku dulu karena memutar musik dangdut koplo terlalu kencang yang mengakibatkan membran speaker sobek dan menghasilkan suara pecah.

Baca juga : Distributor Besi SNI

Oleh karena itu ada baiknya tidak memutar musik terlalu kencang supaya bisa tetap terdengar baik. Namun apabila sudah terlanjur terjadi seperti yang aku alami nggak perlu khawatir karena ternyata cara memperbaiki speaker jebol itu mudah dan murah

Peralatan Reparasi Speaker

Sebelum memulai proses perbaikan speaker jebol, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan. Yaitu obeng yang sesuai dengan ukurang baut pada laptop yang akan kamu bongkar. Karena untuk memperbaiki speaker yang ada di laptop kamu harus mengetahui dimana lokasi speaker dan membongkar laptopnya.

Selain itu yang kamu butuhkan tidak lain adalah lem castol, banyak yang menyarankan untuk menggunakan lem silicon, namun karena kemarin hanya ada lem castol yaudah dipake aja lem yang ada saja. Bisa beli di warung terdekat dengan harga sekitar 5 ribuan.

Bongkar Laptop

Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja membongkar laptop yang rusak speakernya. Pekerjaan ini nggak harus dilakukan oleh ahlinya karena sebagian besar laptop memiliki speaker yang mudah untuk diakses. Speaker terletak di tempat yang terbuka, biasanya cukup buka casing bawah saja kita sudah bisa menemukan speakernya.

Beda jika laptop yang gunakan adalah ultrabook atau yang memiliki speaker di bagian sisi depan laptop bersebelahan dengan keyboard, sepertinya akan lebih sulit untuk mengakses lokasi speaker.

Lem Membran yang Sobek / Pecah

Setelah bisa mengakses speaker, disitu akan terlihat membran dari speaker yang sobek maupun pecah. Dalam kasusku ini, di laptop macbook Mas Betet ternyata membrannya bisa dibilang sudah ancurnya kebangeten. Tinggal bagian tengah saja yang tersisa sedangkan bagian sampingnya sudah benar-benar lepas. Coba deh cek foto di bawah ini

membran speaker pecah
lingkaran merah merupakan membran yang pecah

Untuk kasus seperti ini, kita harus memberikan lem mengelilingi membran yang pecah supaya bisa nyambung lagi dengan membran bagian tengah. Intinya lem bagian yang sobek / pecah supaya bisa nyambung dengan bagian yang terpisah. Ini mengurangi atau meminimalisir suara biar nggak pecah karena sobekan tersebut.

Kenapa menggunakan lem castol? Karena lem castol merupakan lem yang cukup murah dan bisa dengan mudah ditemukan di warung sebelah rumah. Hasilnya pun nggak mengecewakan.

Setelah selesai lem speaker yang jebol, selanjutnya biarkan saja dulu sembari ngobrol dan ngopi sampai lem yang ada di speaker kering. Setelah kering, coba nyalakan laptop dan mainkan musik yang cukup jedug-jedug untuk memastikan suara tidak pecah lagi.

Meski kualitas suaranya tidak sebagus ketika masih baru, namun setidaknya suara pecah yang mengganggu pun sudah lenyap. Kita bisa tetap mendengarkan musik maupun suara dari laptop tanpa harus melakukan reparasi ratusan ribut.

Video Tutorial Cara Memperbaiki Speaker Rusak / Jebol

Nah, jika masih kesulitan tentang gimana caranya memperbaiki speaker yang rusak dan jebol, ada baiknya menonton video pendek yang saya buat bersama Mas Betet pemilik laptop yang juga membagikan cerita tentang bagaimana cara memperbaiki speaker laptop yang jebol

Jika ada pertanyaan seputar cara memperbaiki speaker laptop yang jebol dan pecah bisa tuliskan di kolom komentar. Aku akan coba jawab sebisa mungkin.

Bagikan tulisan ini di

Leave a Comment