Tips Menggunakan Lensa Manual di Mirrorless

Tips Menggunakan Lensa Manual
Tips Menggunakan Lensa Manual Mirrorless

Tips Menggunakan Lensa Manual di Mirrorless – Beberapa waktu lalu seorang kawan yang sudah lama tak berjumpa main ke Blitar untuk sekedar bersilaturahmi. Ngobrol ngalor-ngidul bahkan sampai berbagi tentang hal-hal teknis seputar kamera yang belum aku ketahui sebelumnya. Salah satunya adalah tentang tips menggunakan lensa manual di mirrorless yang aku miliki. Terima kasih Agha!

Saat ini aku punya kamera mirrorless sony a6000, belum lama ini juga beli lensa manual Meike 1/7 35mm untuk keperluan foto produk endorse an untuk Jelajah Blitar maupun foto produk untuk jualan cincin perak yang beberapa tahun ini aku jadikan pekerjaan sampingan.

Sony A6000 dengan lensa Manual Meike
Sony A6000 dengan lensa Manual Meike

Pada kesempatan ini aku mau berbagi sedikit tips menggunakan lensa manual di mirrorless, terutama kamera sony a6000. Aku kurang tahu apakah fitur ini juga tersedia di semua kamera sony, semoga saja ad. Terutama untuk tipe mirrrorless. Kalau yang tipe poket sepertinya belum ada.

Oh iya, semua foto dengan kamera aku ambil menggunakan kamera hp samsung galaxy A50. Kecuali foto paling akhir yang menggunakan kamera sony a6000 dengan lensa manual yang aku tulis pada tulisan ini.

Meike, Lensa Manual di Mirrorless Sony

Lensa Manual Meike Sony
Lensa Manual Meike untuk Kamera Sony

Sebelum membahas caranya, aku mau memperkenalkan dulu lensa meike yang sudah aku beli sebelumnya untuk foto produk. Lensa Meike 35mm F 1.7 akhirnya aku beli dengan harga kurang dari 900 ribu. Lensa ini aku pilih setelah membaca dan membandingkan beberapa review produk antara meike dan Artisan yang juga murah meriah.

Kenapa kok disebut lensa manual? Karena kita harus melakukan pengaturan secara manual untuk pengambilan gambar. Kamera tidak bisa secara otomatis mengatur lensa supaya bisa menyesuaikan dengan kondisi. Oleh karena itu kita harus secara manual mengatur F serta titik fokusnya.

Dalam kondisi tertentu, mencari titik fokus itu agak susah. Apalagi kalau untuk F 1.7 yang cukup tipis. Apalagi kalau lagi di jalan, bingung dan bakalan lama juga kalau harus ngecek dengan ngezoom dulu satu persatu foto yang diambil hanya untuk memastikan kalau titik fokusnya sudah benar.

Pengaturan Manual Fokus di Kamera Sony A6000

Setelah memiliki kamera sony a6000 hampir dua tahun, aku baru tahu kalau ternyata ada fitur MF Assist yang bisa membantu pengguna untuk menemukan manual fokus dengan mudah. Apalagi untuk pengguna lensa manual seperti aku.

Cara untuk menggunakan fitur MF Assist di Kamera Sony A6000 ini adalah sebagai berikut

  • Buka menu > geser ke icon gear > MF Assist > On
  • Masih di menu icon gear, peaking level > high
  • Masih di menu icon gear, peaking color > red

Jika masih bingung dengan pengaturan di atas, bisa coba lihat foto di bawah ini untuk mengetahui dimana lokasi pengaturannya.

cara menggunakan lensa manual di mirrorless
pengaturan peaking level di kamera mirrorless sony

Fungsi diatas akan menampilkan outline berwarna merah (sesuai pengaturan peaking color) pada outline obyek yang fokus. Sehingga memudahkan kita untuk menemukan titik fokus pada gambar. Gunakan peaking level high untuk kondisi gambar yang tak terlalu terang. Karena kalau pada kondisi cahaya sangat cukup menggunakan peaking level high outline high akan cukup mengganggu.

Meskipun di layar menampilkan outline berwarna, namun warna outline tersebut tidak akan muncul pada hasil jepretan. Hanya akan muncul sebagai garis bantu di kamera saja kok.

Menggunakan garis bantu untuk mencari titik fokus
Menggunakan garis bantu untuk mencari titik fokus

Mudah Fokus Menggunakan Lensa Manual di Mirrorless Sony

Aku kurang tahu apakah fitur di atas juga tersedia di berbagai merk kamera mirrorless lainnya, karena selama ini aku cuma otak-atik kamera sony saja. Sedangkan kamera lain ketika kuliah dulu, itu pun cuma buat formalitas ngumpulin tugas :D.

Lensa manual memang menjadi pilihan paling masuk akal untuk pengguna kamera dengan budgetnya pas-pas an, apalagi kalau bukan untuk kerja profesional. Karena harga lensa sony juga lumayan.

Hasil Menggunakan Lensa Manual di Mirrorless

Hasil menggunakan lensa manual di kamera mirrorless sebenernya beragam, tergantung merk dan pengaturan saat mengambil gambar. Berikut contoh satu jepretan menggunakan lensa manual meike 35mm F 1.7 di kamera sony alpha 6000

Hasil Jepretan dengan Lensa Manual
Hasil Jepretan dengan Lensa Manual

Mungkin itu sedikit tips cara menggunakan lensa manual di mirrorless, terutama kamera dengan merk sony yak. Untuk kamera tipe dan merk lain aku kurang tahu. Kalau mau menambahkan, bisa tulis di kolom komentar yak!

Bagikan tulisan ini di

Leave a Comment